Thursday, June 5, 2014

Sinusitis itu.. Part I

Udah sejak di Bandung semester akhir aku ngerasain kayaknya kena sinusitis deh. Udah jadi kebiasaan aku kalo ngerasa ada yang ga beres ama badan langsung googling biar tau "Aku ni kenapa si ?"

Well, aku ga pernah ke rumah sakit. Ga pernah berobat ke dokter. Dan udah kebiasaan di rumah kalo bener-bener ga bisa berdiri alias tepar baru minum obat seadanya, entah itu wedang atau obat warung. 

Ketika gejala awal pusing-pusing dan ngerasa kaya ada yang ngalir dari hidung, aku abaikan aja. Tiap sujud, pasti kepala ama hidung berasa ga enak banget. Ni hidung berasa pengen banget di copot. Susah konsentrasi, apa-apa ga enak tapi lagi-lagi aku abaikan lagi. Intinya si karena aku anti ama obat dan dokter.

Beberapa bulan kemudian (6 bulanan kalo ga salah), aku pindah ke Jakarta. Sebenernya ga suka-suka amat ama Jakarta. tapi berhubung ngerasa lebih deket dari Palembang akhirnya milih Jakarta buat tempat mencari rezeki. Hehe.. Awalnya gejala-gejala itu muncul lagi dan ga aku abaikan tapi lama-lama aku bener-bener tepar. 

Dimulai dari demam yang ga sembuh-sembuh, muncul sakit kepala yang nusuk, badan terasa melayang-layang ga stabil, batuk berdahak, ingus yang kentel banget ampe susah nafas, duduk aja pusing apalagi diajak buat jalan ke kantor, mau kerja ga konsen, mau baca ga konsen, kecapean dikit langsung tepar bahkan untuk tidurpun rasanya ga nyaman banget. Dikit-dikit kebangun. :( Ada kali sekitar 2-4 minggu ngerasa gini terus. Kerja kadang cuma masuk 2 hari seminggu. Ooohh my God, ga kece banget ni badan. Hiks.. Kayanya karena polusi Jakarta juga bikin udara ga sehat buat hidung aku.

Setelah googling dan dinasehati temen-temen yang pernah sinusitis, aku jadi positif ngerasa 'Im sinusitis'. Jadi deh aku beraniin diri ke Dokter. Waktu itu aku milih Rumah Sakit JMC yang di buncit karena deket ama kantor. Nama dokternya Mitha. Dokternya nanya, "pusing berputar atau melayang ?"

Kalau pusing berputar, setiap yang kita liat seolah-olah  berputar. Mau dinding, mau lantai semuanya kayak muter-muter padahal ga.
Kalau pusing melayang, baru berdiri aja serasa mau jatuh, posisi badan terasa ga stabil seolah-olah ga nginjak lantai.

Setelah ditanyain macem-macem ama dokternya, ternyata bener.. Im sinusitis maksilaris (di pipi). Yaa.. emang si waktu di teken-teken tulang pipi aku agak sakit.

Sinusitis adalah peradangan sinus paranasal disebut juga peradangan yang terjadi pada selaput lendir sinus nosalis yang berpengaruh pada tengkorak dan berhubungan dengan hidung dan rongga mata, sinusitis menyebabkan banyak gejala dan iritasi yang mengakibatkan jaringan sinus membengkak. Penyakit Sinusitis adalah penyakit yang umum di temukan di THT, dapat dibagi menjadi sinusitis akut dan kronis, pasien yang menderita sinusitis sangat menyakitkan, hidung sering mengeluarkan cairan air dan berwarna kuning, juga ingus yang bau amis, sering sakit kepala, tidak bisa berkonsentrasi dan tidak bersemangat. Sinusitis menyerang tubuh pasien dan membuat pasien tidak bersemangat dan membawa rasa sakit yang berlipat ganda.

Awalnya si masih di senter-senterin tenggorokan, telinga, ama hidungnya.  Tiba saatnya diperiksa pake alat yang kaya senter. Istilah kerennya endoskopi. Serem.. Alatnya di sambungin ama alat lain kayak TV terus di masukkin ke hidung jadi nafasnya lewat mulut. Nah, dari monitornya kita bisa liat keadaan dalam hidung kita tu gimana. Di hidung kiri si ga sakit eh pas masuk ke hidung kanan rasanya sakit banget ampe mengap-mengap buat nafas. Huhuhu.

Well, ternyata di hidung kanan ada tulang yang patah. Huwwwaaa.. apalagi ini. Emang si aku ini pendek nafas. Baru lari atau olahraga dikit aja udah ngos-ngosan, jadilah waktu sekolah ga pernah suka olahraga. Dari kecil emang sering banget pilek. Dokternya bilang ini bisa jadi efek sinusitis yang bikin struktur hidung aku salah. #mungkin karena itu juga aku ga mancung ya, dok. Hihihi..

Aku dimarahin ama dokternya. Dibilangnya udah parah, ga boleh capek, ga boleh stress, jangan pulang malem dan aku di kasih 4 macam obat (lupa apa aja, yang jelas ada antibiotik), avamys (obat semprotan yang harus di semprot pas mau tidur ama pas bangun tidur, tapi kalo lagi sesak nafas boleh dipake juga.. Waww.. ngefek banget ni obat kalo aku lagi sesak nafas. Langsung cair ingus nya, nafas enak.. namun banyak banget dahak yang keluar. Jadi muntah dahak.. Huhuhu), fisioterapi 2 kali seminggu, harus di rontgen bagian kepala dan tengkorak (buat mastiin ada struktur tengkorak dan hidung yang berubah ga).

Nah, apa itu fisioterapi ? Hm.. waktu itu si aku disuruh tiduran terus muka aku di panasin pake alat yang ngeluarin uap panas gitu. Enak banget. Adem. Jadi bikin enak nafas lagi. Seminggu kemudian disuruh kontrol lagi, disuruh istirahat yang bener, jangan pulang malem-malem sampe di wanti-wanti kalo ga ada perubahan mau ga mau aku harus operasi. Grrr.. #Gimana atuh dok, namanya kerja di konsultan IT yaa mau ga mau aku harus capek.


Seminggu berlalu.. konsultasi berlanjut. Masih sama. Obatnya di tambahin terus aku disuruh 8 kali fisioterapi. Tapi ya karena keasyikan kerja, jadinya aku cuma 3x fisioterapi. Dan lagi-lagi dimarahin dokternya. Huhuhu. Tetep disuruh 8x fisioterapi, ditambah obat, dan disuruh cek ke lab karena kayanya virusnya bandel banget.

Minggu ke 3 ini hidung aku di colok lagi. Huhuhu. Terus sample ingusnya disuruh bawa ke lab, diambil minggu depan dan dokternya udah ga mau kompromi, pokoknya hasil itu lah yang nentuin apa aku positif harus di operasi atau ga. Kalo diatas 70% (kalo ga salah), aku harus di sedot ingusnya, operasi dan istirahat seminggu.

Nah, di hari dag dig dug jadi operasi atau ga. Aku udah telepon buat janji ketemu dokter Mitha lagi. Sebelum konsultasi, aku ambil hasil lab dulu. Tebaaak.. 80% obatnya udah rentan ama virusnya. Aku ??? Kaburrr.. aku ga mau di operasi. Kata temen yang udah di operasi si, bekasnya cuma kayak kerak doank tapi kan pasti bisa terapi atau gurah. Si temen yang baru setaon operasi malah mau operasi lagi taon ini. Percuma donk kalo tiap taon aku harus operasi juga. Berobat sebulan ini aja aku udah ngabisin gaji banget.

Akhirnya, aku mutusin buat istirahat yang bener aja tiap ada tanda-tanda mau kambuh. Ngabisin obatnya dan sedia semprotan untuk hidungku tersayang. Hahaha.. Tapi berhasil kok. Selama setaonan aku bisa menjalani hari-hari tanpa ada bayang-bayang operasi. Hehehe.. Terus apa kabar dokternya ? Aku ga tau ah.. di teleponin rumah sakit aku malah pura-pura ga tau aja. Ga ngangkat teleponnya. Yang penting kan sebulan berobat ada hasilnya. Hahaha..

Bersambung..

2 comments:

  1. Terimakasih sudah berbagi informasi seputar sinusitis, artikel yang disampaikan sangat bermanfaat dan menambah wawasan bagi saya.

    obat sinusitis

    ReplyDelete
  2. sama-sama :D
    Terima kasih udah berkunjung :D

    ReplyDelete