Sunday, December 25, 2011

Sunset Bersama Rosie

Buku yang sebelumnya terbit dengan judul senja bersama Rosie ini benar-benar menguras air mataku :((.
Layak dibaca. Memang semua tulisan Tere Liye selalu menggugah hati.

Cinta, persahabatan, dan kesempatan.
"Menurut om, apa cinta itu ?"
"Cinta adalah persahabatan."



"Kalian tau penyu adalah binatang paling setia di dunia."
"Kalian bayangkan, di suatu malam yang lengang dan spesial, malam yang gelap gulita, seekor induk betina penyu datang bertelur di pantai ini, menimbun telurnya dengan pasir, lantas setelah semuanya selesai, induk penyu pergi. Telur-telur ditinggalkan begitu saja, dibiarkan berjuang sendirian. Hari demi hari berlalu, minggu demi minggu melampaui, hingga di suatu pagi yang juga lengang dan spesial, telur-telur itu akhirnya menetas. Kalian mau tau kejadian berikutnya ?"
"Nah, tukik atau anak penyu yang baru menatap dunia itu kemudian merangkak pelan diatas hamparan pasir. Tahukahh kalian, mereka sejak kecil sudah ditanamkan perasaan setia itu. Mengenali aroma lingkungan tempatnya dilahirkan. Mengenali udara, suhu, matahari, angin yang berhembus, setiap jengkal muasal mereka."

"Dengan kaki yang masih lemah, anak-anak penyu itu merangkak perlahan ke tepi pantai. Menjemput janji kehidupan seiring cahaya matahari pagi terbit. Bagai barisan pesawat mereka bergerak menjamah debur ombak pertama. Saat itulah mereka mengikrarkan janji setia. Mereka akan pergi bertualang menjelajahi samudera lusa. Beranjak besar. Menjadi penyu remaja. Mengenal setiap sudut kehidupan lautan. Tapi mereka akan pulangg suatu hari nanti. Kalian tahu, penyu bisa mengarungi beribu-ribu mil sepanjang tahun. Hingga menjejak belahan benua lainnya. Dan ketika mereka siap untuk mencari pasangan. Penyu-penyu itu akan kembali kesini. Menunaikan janji setis yang pernah mereka ikrarkan."

"Dan ajaib, inilah yang jarang diketahui banyak orang. Penyu hanya memiliki satu pasangan selama hidupnya. Saat mereka kembali untuk pertama kalinya, mereka secara naruliah, akan jatuh cinta dengan penyu betina yang dulu pertama kali ditemuinya. Saat membentuk barisan di pantai dulu, saat kanak-kanak. Itulah yang akan menjadi pasangan sehidup semati. Saat mereka bertemu kembali, mereka akan melakukan tarian penyu. Setelah induk betina bertelur, pasangan itu berpisah lagi. Menjelajahi samudera luas."

"Musim berlalu, ketika musim kawin tiba, mereka akan kembali. Kembali meski terluka, tidak peduli batok keras mereka retak, tangan-tangan lumpuh. Kembali menemukan pasangannya dulu. Tidak tertukar. Tidak berganti. Sejauh apapun mereka menjelajahi lautan. Sejauh apapun mereka melihat sudut dunia. Secantik apapun penyu betina lain yang ditemukannya."

"Mereka akan kembali. Kembali ke takdir pasangannya. Karena itylah janjii setia penyu. Terucapkan saat kaki-kaki kecil mereka, kaki-kaki kanak-kanak mereka menuju lautan luas. Janji setia pada takdir pasangannya."

No comments:

Post a Comment