Sunday, June 8, 2014

Day 9 #Palembang-Jakarta-Jogya-Lombok-Bali-Jogya-Jakarta 2 minggu aja

Lanjutan dari SINI

~ Hasil nyasar di Bali - Minggu 25 Mei 2014


Jadi ceritanya kita lagi kebelet banget pengen nyobain transportasi umum yang murah, yang bisa ngasih petualangan (*bales dendem karena naek fast boat malah ga dapet sensasi deg-degannya.

Karena mau naek kura-kura bus kayanya kurang greget, mau sewa motor ? Huahaha.. cuma Yuni yang bisa (*malu padahal harga sewa motor Rp. 50.000 - Rp. 60.000. Mau sewa mobil ? Berat di ongkos (*di jalan dapet Rp. 350.000, di hotel Rp. 500.000. Jadilah kita milih naek transbagita. Nanya-nanya ama orang Kuta katanya ga ada transportasi ke halte transbagita. Lirik-lirik google map dan bermodal "Dimana by pass ngurah rai berada, disitu ada transbagita", kita pun jalan kaki ke halte transbagita. Fyuuh.. ada kali 5 kiloan jalan kaki dari Poppies Lane.

Dari Poppies Lane kita jalan ke kanan, tar ada perempatan nyebrang  ke kiri. Pas perempatan pom bensin nyebrang lagi ke kanan. Dari sini tinggal lurus aja. Jalan ini namanya Jalan Kendedes. Nah, jalan dikit nanti nemu kos-kosan. Kayaknya si lebih murah daripada nginep di poppie lane.


Kosan yang kayanya murah dari pada penginapan di Poppies Lane

Atmosfer di Jalan Kendedes ini beda banget dengan daerah Kuta padahal jalannya ga terlalu jauh banget. Di Kendedes ini sepertinya mayoritas muslim, soalnya banyak warung makan muslim yang menunya banyakan ikan sama seafood. Yang jual ga selalu pake kerudung juga, tapi nama warungnya di labeli "Warung makan muslim".

Jalan lagi, kita nemu pasar. Yang di jual di pasar ini juga beda dengan Kuta. Di pasar Kendedes ini baju-baju yang dijual banyakan gamis ama baju-baju panjang. Makanan yang di jual juga banyakan makanan biasa kayak nasi goreng dan soto. Harganya pun termasuk normal lah. Air mineral 600 ml masih dihargai Rp. 3.000.

Ohyaa.. katanya kalo buat ke Kendedes dari Kuta bisa naek bemo. Bemo ini bentuknya kayak angkot. Tapi Kuta macet parah deh. Kita bingung mau naiknya dari mana. Kayaknya penuh banget juga. Nanya ama orang hotel ato orang di jalan, jawabannya kayak ditutup-tutupin gitu malah nawarin sewa mobil aja. Duh.. makasih yaa..

Karena laper kita makan siang dulu di Warung muslim. Termasuk murah lah makan pake cumi, minum es jeruk, ama sayur-sayuran dihargai Rp. 17.000. Nah, orang-orang di warung ini baru baek.. mereka ngasih tau rute ke halte transbagita. Beda banget ama orang-orang di Kuta. Makasi ya, Bu.. :D

Bemo Bali


Abis makan kita lanjut jalan kaki lagi. Tinggal lurus aja nanti pas ketemu jalan gede, itu namanya jalan by pass ngurah rai (*tapi jalannya lumayan jauh juga. Dari sini nyebrang jalan (*agak ngeri karena orang Bali bawa kendaraannya ngebut-ngebut bener. Jalan dikit, kita nemu warung. Yang jaga mba-mba pake kerudung. Disini kita nanya dimana letak halte transbagita. Ternyata tinggal ambil jalan ke kanan ke arah kuburan Cina. Kalo ga salah nama haltenya Pesanggaran.


Transbagita
Nunggu transbagita ini lumayan lama juga. Dan hup.. akhirnya transbagitanya dateng juga. Ongkos buat pelajar Rp. 2.500 dan buat umum Rp. 3.500. Nah, ada kejadian lucu disini.. Kita ditanya "pelajar ya ?" terus Indah bilang "Tapi ga bawa kartu pelajarnya". Huahaha.. kita disangka anak SMP yang misah dari rombongan jadi bayar Rp. 2.500. Untung aja mas-masnya ga curiga. Pulangnya ketemu mas yang sama, jadilah bayar Rp. 2.500 lagi :p


~ Garuda Wisnu Kencana


Duduk manis aja, kira-kira setengah jam kita nyampe GWK. Agak aneh deh orang sini, masa ya ada bapak-bapak kira-kira umur 40 taonan ngaku-ngaku pelajar. Ohya, harga tiket masuk GWK Rp. 40.000 untuk pelajar dan Rp. 50.000 untuk umum. Eits.. kita udah siap-siap ngaku pelajar lagi loh..
Mba Loket : "Kelas berapa ?"
Indah : "Kuliah, mba."
Mba Loke : "kalo kuliah udah masuk umum, ya."
Kita : #mesem-mesem aja. Hahaha..

GWK
Setelah kita gagal masuk dengan tiket pelajar, perjalananpun di mulai.. Yippie..

Sesuai dengan nama, GWK Garuda Wisnu Kencana adalah tempat yang banyak batu-batu ama patungnya. Ada patung garuda yang ga kelar-kelar di bangun dari dulu. Kata petugasnya, investornya udah ganti 7 kali dari taon 2000an. Dari yang aku baca-baca taon 2007 aja sayapnya ga jadi-jadi dan baru siap kemarin pas aku kesana (*itupun belom dipasang. Yaelaah.. Ini ni susahnya kalo yang megang investor lokal.

Di GWK ini, ada plaza kura-kura yang ada tamannya.

Note Plaza kura-kura

Kura-kuranya ga keliatan ya!?

Taman Plaza Kura-Kura
Abis taman kura-kura kita naek ke Plaza Wisnu. Dari samping Plaza Wisnu kita bisa ngeliat Garuda Wisnu Kencana.


Plaza Wisnu

Note Plaza Wisnu

Dari Plaza Wisnu kita ngeliat tarian dan barong's show. Ada free tari kecak juga si tapi sayangnya baru mulai jam 18.00 WITA. Berhubung mau ke Uluwatu (*di Uluwatu ada tari kecak juga tapi bayar Rp. 100.000, kata petugas GWK bayar karena view di Uluwatu ada dilatari sunset di pantai.


Barong's Show

Road
Garuda Wisnu Kencana

Jalan naik ke Garuda
Ohyaa.. di pintu keluar GWK nanti ada tempat belanja juga. Harganya lebih murah dari pada Kuta loh. Soal kualitas ? Kalo untuk kain balinya lebih bagusan dikit si.



~ Uluwatu


Nah, ini dia yang bikin sakit hati (*miris. Kita jalan sekitar jam 16.00 WITA dari GWK ke Uluwatu. Naek elf seharga Rp. 3.000. Kalo nanya sama petugas transbagitanya ini elf jalan sampe jam 20.00 WITA dan transbagita jalan sampe jam 21.00 WITA. Perjalanannya sekitar setengah jam dengan area kiri kanan pohon-pohon besar. Oh.. My God.. Can u imagine if u to be me ? Hampir sampe Uluwatu, si sopir dengan santai bilang ini transport terakhir. Nyampe Uluwatu sekitar jam 17.00 WITA terus mau ga mau dipaksa ikut si sopir dengan dikasih waktu cuma 15 menit maen di Uluwatu. Tega. Kenapa ga bilang dari awal kita naek si ?

Baru nyampe depan loket langsung di tawarin kacang kulit. Mahal lagi. Dari Rp. 20.000 akhirnya kita dapet Rp. 10.000 untuk 3 kacang. Waduuh.. kita keliatan kebingungan kok malah dimanfaatin gini si ?

Nanya ama orang sekitar sana, katanya sewa mobil aja Rp. 100.000 sampe Uluwatu. Duh.. ga bisa mikir gue. Masalahnya duit yang nyisa udah pas-pasan banget (*gara-gara belanja di GWK dan perhitungan ongkos ga akan nyampe Rp. 100.000 juga.

Kita ragu-ragu mau beli tiket masuk Uluwatu sebesar Rp. 15.000. Kata si ibu-ibu yang jual kacang, mending ikut rombongan orang aja biar gratis. Duuh.. serem amat dah.. Bukan apa-apa, ini yang dipikirin udah gimana pulangnya. Udah gitu banyak monyet lagi di gapuranya. Ah.. aku nyerah duluan deh kalo udah soal monyet. Dan.. jeng.. jeng.. daripada ga bisa pulang, akhirnya kita poto-poto di depan gapura terus pulang deh.

Oh.. My God.. again.. orang-orang Bali kok ga ada yang baik si ? Kita cari-cari mobil si bapak tadi tapi ga nemu juga. Nanya ama tukang parkir malah di iya-iyain aja. Buset dah.. Untung masih terang. Jadilah kita mutusin buat jalan kaki aja. Wuahaha.. ngegembel di kota orang juga kan jadinya ? (*dalem hati langsung niat harus bisa motor.

Ga nyampe sekilo jalan kaki. Eh ada mobil elf tapi dengan sopir yang beda. Yaudah kita tungguin karena dia masuk Uluwatu dulu baru muter ke arah GWK. Hati udah panas aja dikerjain ama sopir pertama eh ni bapak juga bilang kalo mobilnya dia mobil terakhir. Aku si iya-iya aja terus lagi-lagi bilang ke Indah "Yaudahlah, jangan percaya ama orang sini". Eh kayanya kedengeran atau gimana, si bapaknya bilang "Beneran kok, neng.. ini mobil terakhir (*dalem hati, terserah deh Pak.. Nanti aku mau bales dendem pokoknya. Ga lagi-lagi sore maen ke Uluwatu pake transport umum.

Hm.. sebenernya jalan ke Bali ini banyak kacaunya. Pertama, karena temen aku yang asli Bali ga bisa nenemin jalan-jalan. Kedua, karena emang ga di-prepare. Ketiga, karena aku udah punya kesan ga baik pas di jalan jadinya untuk nge-prepare itu bawaannya agak males aja. Yaa.. gapapalah.. positifnya kan jadi tau gimana Bali, jadi punya cerita lucu yang bisa dijadiin nasehat buat anak cucu kelak. Hahaha..

Uluwatu

Terus.. kita pulang.. naek transbagita dan dapet tiket pelajar lagi. Hahaha.. ini ni yang namanya kualat. Gara-gara ngaku-ngaku ke petugas transbagita sebagai pelajar, jadinya dikerjain sopir elf ke Uluwatu. Jadi kesimpulannya apa, Kaa ??? Jangan nipu biar ga ditipu. Hahaha.. mau kesel tetep aja jadi ketawa gara-gara kepolosan petugas transbagita :P

Yayaya.. ga selamanya rasa ga enak itu jadi ga enak. Kita nemu kampung muslim di Jalan Kendedes. Beli makan nasi goreng disitu dan baru tau kalo disitu banyak orang Jawanya. Bayaran untuk sebuah pengalaman itu lumayan juga ya :D


Boleh ga si aku bilang ga suka Bali ?


Dulu waktu SMA kelas 3 aku pernah ke Bali. Seru ? Hm.. ga terlalu juga si. Nah, awalnya kan abis dari Jogya tujuan pertama kita ke Bali tapi karena beberapa pertimbangan jadilah ke Lombok dulu (*pilihan yang tepat tapi bikin kesan Bali jadi biasa-biasa aja.

Oke.. kenapa aku ga suka Bali ? Pertama, karena pengalaman ga mengenakkan ketika naek bus dari Gilimanuk ke Padang Bai. Kedua, orang-orangnya banyak yang nutupin transportasi umum, lebih ramah ama bule karena bule bisa diperas dengan harga yang mahal. Ketiga, atmosfer nya terlalu rame. Nah, masih pengen ke Bali lagi ga, Kaa ? Iya donk. Aku masih punya misi bales dendam :P

Nah, jumlah pengeluaran kita di hari ke 9 adalah :
Transbagita (By Pass Ngurah Rai, kuburan Cina - GWK)
Rp.      2.500
Angkot GWK - Uluwatu
Rp.      3.000
Kacang Rp 10.000/3
Rp.      3.500
Angkot Uluwatu - GWK
Rp.      3.000
Transbagita (GWK - By Pass Ngurah Rai)
Rp.      2.500
Dinner Nasi Goreng + 3 Kerupuk
(Rp. 30.000 + Rp. 3.000)/3
Rp.    11.000
Lunch
Rp.    17.000
HTM GWK
Rp.    50.000
Total D9
Rp.    92.500


No comments:

Post a Comment