Thursday, June 5, 2014

Day 5 #Palembang-Jakarta-Jogya-Lombok-Bali-Jogya-Jakarta 2 minggu aja

Lanjutan dari SINI


Pantai Pink - Desa Sukarara #love #love,  Rabu 21 Mei 2014 #Day 5


Oke.. ini yang paling lucu selucu-lucunya. Hahaha..
Berawal dari dapet no telepon sewa mobil dari temennya Mas Amrul. Kita nego sewa mobil Rp. 400.000 udah all in (*mobil, bensin, makan sopir
Tapi, karena Si Pak Othong ga bisa, jadilah kita di oper ke Kak F. Ni orang kacau deh.. Lucu tapi yaa.. gimana ya ? Hahaha..

Karena ibu-ibu rempong dandannya lama, akhirnya yang janji awalnya mau jalan jam 09.00 WITA jadilah jalan jam 09.30 WITA. Masih jet lag. Okelah..

Kak F : "Mau pada kemana ?"
Aku : "Pantai Pink, Tanjung Ringgit, Desa Jerowaru, Tanjung Luar. Hm.. kalo bisa mau ke Desa adat Sade, sama Tanjung Aan. Yang lain liat waktu aja, Mas." (*optimis
Kak F : "Tanjung Aan sama Desa Sade itu ke Selatan. Kayanya ga bisa, dek."
Aku : "Ok, kak. Gapapa. Yang penting Pantai Pink ya."

~Nyengir. Becanda dan sebagainya.

Dari obrolan sama Kak F, kita tau kalo ternyata Lombok itu dikenal sebagai kota seribu masjid, seribu maling.

Awalnya ngehnya beneran maling. Ternyata sodara-sodara.. Kalo mau nikah, si cowok musti nyulik cewenya dulu. Kalo ga di culik, orang tua cewe ngerasa ga dihargai. Udah tu ya, aku udah mikir kalo cewenya beneran diculik, tapi ternyata cewe ama cowo nya janjian dulu mau ketemu dimana. Nanti yang cewe musti kabur dari rumah lewat jendela atau gimanalah. Udah kerja sama ama sepupu atau orang deketnya tapi orang tua ga boleh tau.

Nah, ketika ketauan.. orang tua cewe ngaduin ke aparat setempat. Nanti, ada negoisasi mau mas kawin berapa. Aparatnya sebagai juru bicara ke pihak cowok lah. Kalo udah setuju baru lah mereka nikah.

Hahaha lucu.. aku mikirnya di culik kayak di tipi-tipi gitu. Kenyataannya ? Si cewek di titipin ke keluarga cowok. Ga boleh tinggal bareng ama cowonya. Proses di culik sampe bener-bener nikah itu bisa sampe 1 bulan.

Terus aku nanya, 
Aku : "Ada yang batal nikah ga, Kak ?"
Kak F : "Yaa, orang tua cewe malu lah kalo anaknya di culik tapi ga nikah."


Dan.. mulailah aku ngayal di culik ama pangeran aku yang itu (*sebut ga ya ? Hahaha..

Hm.. Ketemu mas Dhan.. aku konfirmasi donk.. 


emang bener tu mas, orang lombok kl mau nkah musti di culik ya

Secara adat budaya benar adanya

budaya ini sudah ada sejak dulu, sudah siap diculik?

Tapi seperti budaya2 lainnya yang sudah memudar, tidak semua keluarga setuju dengan budaya tersebut

namun di beberapa daerah di Lombok, budaya ini masih berlaku, dan sebuah kebanggaan tersendiri bagi pemuda Lombok bila mampu melakukannya...

Tentu saja prosesinya tidak semudah atau seperti menculik orang pada umumnya. ada aturan2 dan tata cara yang harus dipatuh

Hehe.. chatting ama Mas Dhan nya belum kelar si. Tapi yaa ternyata budaya nya sudah memudar.


~NEXT ~Pantai Pink

Ni Kak F kaya ga tau jalan gitu deh. Estimasi dari aku 3-4 jam lah lewat darat. Kalo dari jalur laut si harusnya lebih cepet. Tadinya mikir ga nyasar. Eh setelah liat dia telpon temennya mulu, baru dah kita ngeh kalo kita sama-sama ga tau jalan. Duuuuh.. Kakak.. Ada kali ampe sejaman kita cuma muter disitu-situ doank.

Oke, ada masalah lagi..
Kita ga sependapat ama kak F disini. Malah dibawah lewat Tanjung Luar. Deg.. Mau ngehemat duit biar lewat jalan darat eh malah di bawah lewat jalan laut.

Hey.. Kak.. Aku punya info, punya kenalan disini. Namanya Mas Andre (087863403107), kenalnya si dari Mas Wahyu

Aku dapet harga boat Rp. 350.000 dan alat snorkling Rp. 25.000. Total bertiga jadi Rp. 425.000 loh. Masa diminta Rp. 400.00 buat boat doank ? Yaa.. harga temen ama umum beda si, Ka.. Hehe..

Hm.. dipikir-pikir si emang cuma beda Rp. 50.000 doank si tapi ga tau kenapa aku kok ngotot aja ngajakin Kak F nya lewat jalan darat aja. Hahaha.. Dia ga mau loh terus mau nambahin Rp. 50.000. Ngerasa males karena ga tau jalan kali ya atau takut nyasar lagi ? Hahaha.. Kalo inget ini pengen ngakak aja deh..

Yaudah, Mas Andre nya lagi ga bisa dihubungi. Jadi oke deh oke.. nanti Rp. 50.000 nya dipotong buat sewa mobil aja ya, Kak F :P


Di boat menuju pulau-pulau, diantaranya pantai pink

Di Pantai Pink. Ini kita naik ke atas, kalo mau maen langsung di pantai nya juga seru banget.
Pasirnya lembut banget. Turun boat kaki langsung nyeblos dalem.
Liat pasirnya ? Pink kan ?
Kalo dari deket si ga pink banget, tapi kalo dari jauh begini baru keliatan pink.
Pasir ini berubah pink kalo kena air pantai.
Kita bawa pulang donk 2 botol pasir pink.
Satu di botol aqua. Satu di pocari sweat.
Lucunya mungkin karena kena sisa-sisa pocari sweat,
pasir pink nya berubah jadi item.
Nyampe kosan nyoba di siram air dikit, balik pink lagi loh :P

Dihibur apa bapak baik yang bawa boat. Doski nyelem buat ambilin kita 6 bintang laut.. HUwwaaa amis..
Tapi nempel kulit, geli-geli dikit gitu deh. Hehehe..

Pantai Pasir. Kalo lagi pasang, pulau nya ga nampak sama sekali.
Pulaunya kecil banget. Ini poto dari ujung perahu ke ujung kita berdiri.
Paling asyik disini tapi ya karena kecil banget jadinya ga bisa ngapa-ngapain deh. Hehehe

~Desa Sukarara, Desa Tenun 

Sorean kita sekitar jam 4-5 kita jalan pulang tapi mampir dulu ke Desa Sukarara, Desa tenun. Disini masuk nya ga bayar, tapi ngasih aja sukarela berapa untuk donasi. Mereka berbasiskan koperasi gitu. Jadi, pemasukan bener-bener cuma dari hasil tenun dan donasi dari orang-orang yang datang kesana. Seru juga si disini, bisa belajar menenun, poto pake baju adat, atau belanja ? Waaah.. paling murah aja Rp. 600.000. Ga jadi belanja donk. Huhuhu..

Ohyaa.. bagi mereka, cewe wajib banget bisa menenun. Cewe baru boleh nikah kalo udah bisa menenun. Dulu, seorang putri dari Desa mereka baru di akui sebagai putri kalo bisa menenun, Berapa lama belajarnya ? Dari kecil. Mba yang dibawah ini baru SMA loh. Dia udah belajar 3 taon tapi ngerasa belom jago juga.

Bahannya lembut banget si. Berhubung aku orang Palembang dan punya sodara yang usaha menenun juga, aku bisa compare hasil. Hahaha..

Nah, kalo di Palembang di sebut dengan songket, disini disebut kain tenun. Ada tenun sambungan yang harganya masih ratusan, ataupun tenun yang langsung jadi yang udah 1 koma. Duhh pengen punya satu tapi yaa dompet menangis. Hikss..

Proses menenun di Desa Sukarara lebih lama dari pada proses menenun songket Palembang. Kalo di Palembang seminggu - 10 hari udah bisa jadi satu kain, 5- 7 hari udah bisa jadi selendang. Kalo di Desa Sukarara.. Hm.. sekitar 3-4 minggu baru kelar selendang aja.

Kalo dari segi bahan si, empukkan bahan tenunan Desa Sukarara ini. Kalo songket palembang kan keras. Makin keras, makin mahal. Makenya juga ga senyaman tenunan Desa Sukarara.


Aku lagi di ajari menenun :P

Poto pake baju daerah Desa Sukarara
Bajunya pendek banget loh.. Belakang nya juga kebuka.
Cuma nutup dada doank,
tapi karena aku ga sekseh jadinya ga keliatan perutnya donk. Hehehe


~Nasi Balap Puyung 

Jeng.. Jeng.. Laper juga euy.. Akhirnya kita makan makanan khas suku Sasak. Yaa.. penduduk asli Lombok adalah suku Sasak.


Plang nasi balap puyung

Nasi Balap Puyung Pedes banget.

Sebenernya ga pake telor, tapi karena aku penasaran dengan telur yang kulitnya cokelat-cokelat jadi beli deh. Kata yang jual si telornya di rendem sama air asem biar rasanya jadi asem. Kalo aku cobain si rasanya ga ada asem-asemnya. Sama aja kaya telor rebus biasa tapi ada kelat-kelat dikit doank.

Ohyaa.. nasi balap puyung itu adalah nasi di kasih sambel lombok yang puedes, di kasih suwiran ayam yang keras (*kurang suka aku, sama kacang goreng. Kalo ditanya mau pedes banget atau sedeng.. Bukan rasa pedesnya yang makin pedes, tapi porsi sambel nya aja yang dibanyakin.


~Wetu Telu, Kepercayaan Islam - Hindu Suku Sasak


Hm.. ngomong-ngomong soal suku.. Ada beberapa masyarakat Lombok yang masih menganut agama Wetu Telu. Apa si Wetu Telu itu ? Nanti aku bahas di topik yang beda deh. Tapi, umumnya Wetu Telu itu adalah kepercayaan suku Sasak yang menggabungkan antara Hindu dengan Islam. Kalo yang aku baca di google si, ada campuran animisme nya juga. Jadi, para penganut Wetu Telu di KTP beragama Islam namun juga merayakan hari besar umat Hindu. Mereka sholat, puasa, tapi masih ngasih sesajen ke patung-patung juga. Agak aneh si..

Nah, kata si bapak baek yang nyopirin kami besoknya.. Kepercayaan ini hadir karena awalnya kan Lombok itu di kuasai oleh pemimpin Bali, maka dari itu juga masih banyak nama jalan yang mirip-mirip nama Bali. Bali kan Hindu ya. Terus Islam masuk.. tapi penyebarannya itu ga tuntas, masih membiarkan adat Lombok ada dan ga menyinggung perubahan kebiasaan masyarakat setempat. Jadilah.. kepercayaannya nyampur gitu. Biasanya yang menganut ini adalah masyakarat Suku Sasak asli yang masih memegang teguh adatnya.

Ohyaa.. aku sempet nanya juga, kenapa orang Hindu di Lombok di panggil Bli juga ? Jawabannya adalah karena Hindu di Lombok itu bawaan dari Bali jadi yaa ngikut Bali.

Satu lagi, walaupun ada kepercayaan Wetu Telu, tapi hampir 100% masyarakat Lombok beragama Islam. Ada juga si Islam yang aliran-aliran gitu, tapi tetep di lindungi pemerintah. Tenggang rasanya kuat banget. Daerah pesantren di sekitar Gunung Sari juga terasa banget Islamnya. Kalo ga salah si, masih ada sangkut pautnya dengan Sunan-sunan walisongo deh (*correct me if Im wrong. Selain itu, walaupun yang investasi banyakan orang asing, pemerintahnya masih ngejaga kelestarian alamnya. Contoh : Mereka memancing dengan masuk hampir ke tengah pantai dan menunggu ikan memakan umpan. Logikanya, kenapa ga pake ember atau baskom aja si tinggal di ceduk ? Katanya si dulu pada pake bom gitu, terus anak-anak ikannya ikutan mati. Kalopun pake ember, nanti anak ikannya ikutan ke ambil juga donk ?

Contoh lain; waktu jalan ke Rinjani. Aku ngeliat banyak orang bawa kayu bakar dari hutan. Aku nanya, 
Aku : "Asri banget ya, pak.. Ga kayak di Sumatera yang dibakarin terus di jadiin kebun sawit."
Bapak Baek : "Iya. Disini hutan di lindungi. Para pencari kayu bakar cuma boleh ambil pohon mati atau ranting yang jatuh. Ga boleh nebang apapun atau ngambil apapun dari pohon yang masih hidup."
Aku : speechles.

Yook ah.. istirahat dulu dari mengagumi Lomboknya.. Jadi biaya hari ke 5 adalah :
Sewa Mobil Rp 350.000
Pink Boat Rp. 400.000
Total Rp. 750.000/3
Rp.    250.000
Makan Nasi Balap Puyung dkk
Rp. 70.000/3
Rp.     23.500
Poto pake baju adat Desa Sukarara
Rp.     15.000
Sukarela Desa Sukarara
Rp.       5.000
Total D5
Rp.    293.500

No comments:

Post a Comment