Monday, May 23, 2016

Pacitan Yeay | My first solo trip

Pacitan yeay..!!!

Gue bingung ini masuk kategori solo trip ga si? Gue jalan sendirian tapi monggo dibaca dulu ampe abis ya, kawan. Hehehe.

Awalnya gini, gue punya temen yang nantangin gue buat solo trip dari taon 2015 kemarin (*Thanks Nain :D. Hmm.. kepikiran si kepikiran tapi gue kayak ga ada niatan buat nentuin tujuan. Well, tiba-tiba awal taon 2016 ini hidup gue berasa berantakan, banyak masalah, dan entahlah.. gue harus bisa survive sendiri. Intinya semua-semuanya masalah yang bikin gue ngerasa ga ada matahari dalam hidup gue lah *yaelah lebay. Hahaha..

Gue udah ambil cuti dari tanggal 30 April - 10 Mei 2016. Hmm.. ada jadwal ke Rinjani di tanggal 5, 6, 7, 8 Mei dan gue udah beli tiket pulang tanggal 10 Mei. Terus gue kemana ya 30 April nya? Bingung? Hahaha.. Yoaaah.. Gue nanya ama temen mau kemana dan ngapain kok kaya ga ada kejelasan. Wess.. gue males banget nungguin kepastian orang. Yasudah, gue inget wallpaper hape temen gue "Pacitan" dan gue cari info kesana baiknya lewat mana.

Jeng.. jeng.. jeng.. Gue ga ngerti ada apa dengan diri gue waktu itu. Sekilas gue cuma baca rute ke Pacitan enaknya lewat mana; Solo, Madiun, atau Yogya. Dengan pertimbangan jarak, kondisi jalanan, dan yang lebih penting.. lokasi terminal yang deket dengan stasiun akhirnya gue memutuskan lewat Solo. Yaaa.. my solo trip is Solo. Hahaha.. Maksudnya lewat Solo :D

Gue di Pantai Teleng Ria

Tapi.. masalahnya adalah.. tiket ekonominya udah pada abis. Mau Solo, Madiun, atau Yogya. Hiks.. Gue beli aja lah tiket eksekutif ke Solo Rp. 380.000. Wahahaha.. Padahal tiket pesawat cuma Rp.300.00-an. Kok gue ga beli tiket pesawat aja? Pertimbangan waktu, kawan. Kalo gue naek kereta, jam 5 subuh udah di Solo. Kalo naek pesawat jam 6 baru jalan, belom lagi ongkos taxi ke Bandara yang Rp. 200.00-an dari kosan gue. Itung-itung kemungkinan jam 10 pagi gue baru nyampe terminal Solo dan kalo estimasi gue ke Pacitan sekitar 5 jam, artinya gue nyampe Pacitan udah sore donk? Masa gue cuma numpang tidur sehari di Pacitan?

Yes.. Gue udah beli tiket kereta dari Gambir. Tapi.. Hehehe.. Seriusan ni gue jalan sendirian? Hehehe. Gue cuma bisa nyengir-nyengir aja. Terus keinget sama Mba Yul si pecinta ojeg sejati. Doi suka banget solo trip make ojeg. Nah, ini maksud gue.. apa gue beneran solo trip kalo ditemenin abang ojeg? Hahaha.. Yess.. Ini solo trip, gue ngurusin semuanya sendirian. Hahaha. Gue coba cari tau ada ojeg atau apalah disitu dan ternyata ada saudara-saudara. Mungkin karena disana transportasi umumnya susah banget dan kebanyakan udah punya kendaraan sendiri jadinya ojeg-ojeg ini paling banyak dicari. Mereka juga menawarkan jasa buat nganterin ke tempat wisata yang kita mau. Brilliant, I love this. Hahaha.

Terus nginep gimana? Hm.. jujur aja ya, gue itu emang orang yang ga suka ribet, selalu spontan, blak-blakan dan suka yang surprise-surprise gitu. Hehehe. Awalnya gue mau booking penginapan online dan juga mesen ojeg dari jauh-jauh hari, nentuin destinasi mana aja yang bisa gue capai dalam satu hari. Tapi.. pas gue cek penginapan kok harganya mahal ya? Hahaha.. Dan.. Hm.. gue males banget nyari-nyari. Ribet banget ga si gue kalo dari terminal harus minta anterin ke home stay, terus nungguin ojeg-nya segala. Belom lagi kemungkinan bakal ada beberapa surprise di perjalanan gue.

Hufff.. gue pengen semua yang terjadi ya terjadi aja. Pengen ngerasain panik sendirian disana, surprise-surprise yang mungkin bisa jadi sentilan buat gue, pokoknya gue mau apapun itu gue pusingin disana aja. Kerjaan gue aja udah pusing, masa mau gue bikin makin pusing lagi karena hal ini. Hahaha.. Dan yes, I got this feeling. Gue cuma nyari tau spot mana aja yang bagus dan harus gue kunjungin. Sisanya? I'm ready for the surprise (*gue makin yakin gue bakalan dapet surprise setelah gue baca ini. Hehehe.. Can't wait for my first solo trip.



Day 1 (Sabtu, 30 April 2016)

Jumat, 29 April 2016 gue naek kereta Argo Lawu dari stasiun Gambir jam 20.15 dan nyampe di stasiun Solo Balapan jam 04.45 pagi. Hmm.. Katanya si ga nyampe 10 menit jalan kaki ke Terminal Tirtonadi. Perjalanan di kereta gue habiskan dengan ngobrol bentar dengan bapak yang duduk disebelah gue, ngemil, tidur, whatsapp-an dan tidur lagi. Hahaha. Nyampe Solo Balapan gue mulai dengan aaaah.. nitipin keril gue :(

Jarak musholah dengan toilet lumayan juga. Hm.. isi keril gue emang ga berharga si, tapi harga kerilnya yaa lumayan dan kalo misal ilang? Perjalanan gue masih panjang, gue make apa ke Rinjaninya? Sepatu, jaket dan kawan-kawannya kan disitu. Okelah gue titipin aja ama mba-mba yang lagi di musholah (*mba Jumiati, dan yeay.. akhirnya kita kenalan, jadi temen sampe sekarang, dan lucunya malah ada sesi poto bareng segala. Hehehe.

Stasiun Solo Balapan

Oke. Setelah bersih-bersih dan subuhan, sekitar jam 6 gue jalan ke Terminal Tirtonadi. Hmm.. sempet nanya ke orang stasiun dan mungkin gue nya yang ga mudeng karena campur bahasa Jawa, jadinya gue jalan, jalan, dan jalan aja. Padahal ah sudahlah.. mungkin gue berhalusinasi kalo bis nya lewat stasiun, melintasi jalur rel kereta api (*tapi serius deh, pas gue di bis rasanya gue ngelewatin pos yang sama dan bapak yang sama dengan bapak yang gue tanyain tadi :p

Gue jalan dan nemu warung, nanya ama bapak pemilik warung dan bapak yang lagi ngopi disana. Hahahaha gue kelewatan ternyata tapi malah disuruh nunggu di warung aja, nanti bisnya lewat sini juga dan mau ditraktir ngeteh ama bapaknya. Waduh.. tapi gue nya takutnya nanti bisnya keburu lewat. Hahaha. Hmm.. Dari yang gue baca si banyakan orang naeknya bis Aneka Jaya, tapi karena gue males nunggu yaudah bis mana aja deh yang bisa nganterin gue ke Pacitan. Hehehe.

Nunggu di warung deket terminal

Jam 6.10-an atau 6.20 pagi gitu gue naek bus "Muncul". Gilaa... prediksi gue jam 11.00 itu udah nyampe Pacitan eeeh nyatanya bus yang emang lebih besar dari pada bus Aneka Jaya malah sibuk ngetem ampe 5 kali. Duh.. Duh.. gue ngantuk ni kalo diem di bus sendirian. Mulai deh emosi gue dateng dan pergi. Hahaha. Yasudahlah, gue nanya aja lah sama kenek bus nya dan katanya kemungkinan nyampe jam 12 atau jam 1 siang. Horeee.. gue tidur aja lah kalo gitu. Zzzzzz..

Jeng.. Jeng.. baru aja gue mau hilang kesadaran alias tidur (*tadinya ngeri-ngeri sedap mau tidur, gue ga tau area sini orang-orangnya gimana. Eh akhirnya mata udah ga nahan buat merem dan gue malah dibangunin, disuruh turun di Batu. Duit gue dibalikin setengahnya, disuruh naik bus lain karena penumpang yang mau ke Pacitan cuma gue doank. Huahaha. Great job. Dan gue baru tau kalo selaen bus Aneka Jaya, bus-bus laen ga setiap hari ke Pacitan. Cuma hari tertentu dan kalo bukan jadwal harinya, yaa tergantung jumlah penumpang. Kalo banyakan, biasanya masih mau nganterin. Ouwwh.. Dan gue sendirian hari ini. Hahaha.

Gue turun donk terus nunggu lagi sekitar 20 menitan. Yups.. gue nyampe Batu sekitar jam 10 pagi. Bis Aneka Jaya nya baru ada sekitar jam 10.20. Sebenernya gue ga nunggu lama tapi karena gue benci nunggu dan suasananya panas banget ditambah tadi udah ngetem-ngetem ga jelas, guenya jadi rasa nano-nano. Kayak jatuh cinta, ada kesel, sedih, menanti, di kuat-kuatin, seneng, dan berbagai macam letupan rasa yang memenuhi hati. Hahaha.. Yasudahlah :p

Di sapa dan menyapa di terminal selagi menunggu. Mencoba jadi orang ramah, pura-pura seakan-akan jadi penduduk asal, bengong setiap kali di ajak ngomong Jawa karena disangka orang asli Solo. Hahaha.. pusing gue, mereka ngomong apa si?

Hm.. Hm.. Gue pikir di dalem bis gue bisa duduk. Masih 2 jam perjalanan kira-kira. Gue bawa keril ama ransel di depan. Hahaha.. Keril gue gede ya? Ganggu orang jadinya disuruh taroh di belakang aja. Okee.. Tiba-tiba ada yang megangin keril gue, terus bantuin gue naroh keril di kursi belakang. Eeeeh.. mas-mas nya cakep yee, baik lagi tapi kok ga ngasih gue duduk? Hahaha.. Ngarep banget si gue!!! Udah untung di tolongin. Hahaha..

Yups, gue berdiri dengan ransel biru dongker gue. Hahaha. Abis bayar ongkos Rp. 15.000 (*Batu-Pacitan Rp.15.000. Solo-Pacitan Rp.30.000, ehhh.. keril gue jatuh mulu. Mau gue ambil dan taroh di deket kaki gue aja eh mas-masnya malah mangkuin keril gue. Katanya gapapa dipangku ama dia aja. Huahaha.. kenapa gue jadi senyum-senyum sendiri ya? Dibantuin ama cowo cakep si. Ada hikmahnya gue nahan kesel karena bus-nya ngetem dan gue di operin ke bus laen ya? Hahaha. Sayangnya gue dapet duduk 2 bangku di depan doi, jadilah ga bisa kenalan atau basa basi deh. Hahaha. Mau lu apa si, Kaa? Kayanya doi juga masih kuliah. Hahaha. Random feeling :p

Sekitar jam 12.15an siang gue nyampe terminal Pacitan. Hmm.. pemandangan di jalan lumayan oke lah. Desa dan sawah gitu. Pas turun dari bis, langsung ada tukang ojeg yang nawarin jasa. Gue? Karena mau pura-pura jadi orang asli Pacitan (*biar gue ga deg-degan, gue dengan santai bilang aja kalo gue mau makan dulu. Sok-sok asyik aja gue ama mereka. Gue makan Soto. Kebiasaan gue, karena emang cuma Soto yang biasanya masuk ke lidah gue. Hmm.. Harganya Rp. 14.000. Termasuk murah kalo dibandingin dengan harga Jakarta.

Selama gue makan, gue ngobrol dengan ibu-ibu pemilik tempat makan. Gue si di tawarin jasa ama bapak ojeg yang namanya Pak Toha ini Rp. 200.000 seharian. Tadinya gue agak keberatan karena gue pernah baca harga standar itu sekitar Rp. 150.000 tapi di taon 2014-2015 gitu deh. Hehehe. Gue yang terlalu ngarep dapet harga yang sama kali ya?

Hmm.. pas gue ngobrol sama si Ibu, Hmm.. Ibunya malah kaya ragu gitu kalo gue dapet harga segitu. Katanya, "Yang bener, Mba? Bapaknya mau segitu? Jauh-jauh loh tempat yang Mba pengen datengin". Dan gue cuma nyengir-nyengir aja. Gue ga tau lah mau komen apa. Bisa jadi emang gue dapet harga standar atau mahal. Who knows? Gue ga tau permainan orang terminal. Hehehe.. Kenapa gue jadi mikir jahat si?

Ibunya bilang di Pacitan sering hujan kalo udah diatas jam 3 sore. Oke, gue ga tau harus gimana kalo udah soal cuaca. Gue cuma berdoa semoga gue dilancarkan dalam perjalanan gue kali ini. Aaaamiiin. Gue ditawarin sewa mobil aja, katanya sekitar Rp.400.000 - Rp.500.000an gitu. Hmm.. Tapi gue lebih suka apa-apa naek motor. Gue mau motor aja, Bu. Hehehe.

Karena gue males ribet, akhirnya gue ngobrol-ngobrol lagi ama Bapak ojegnya. Gue juga ditungguin ampe kelar makan si. Hehehe. Hmm.. Bapaknya sholat zuhur dan gue mulai nyoba ilangin prasangka negatif gue. Aaaaah.. Kenapa si gue ada perasaan was-was ama orang? Biasanya gue fine-fine aja. Hahaha. Gue coba nawar lagi tapi akhirnya dia cuma bilang "Mba liat sendiri aja ya nanti jalannya gimana". Okee.. Gue ngerti.. Jauh parah emang. Hahaha.

Dan tujuan pertama kita adalah penginapan. Penginapan yang dipilihin sama Pak Toha adalah home stay Dewi Sri yang terletak di sekitar Pantai Teleng Ria, yang juga deket dengan rumahnya. Hm.. Tadinya gue pengen nginep di area Pantai Klayar tapi jauh euy, yaudahlah biar deket ama bapaknya aja lah jadi besok-besok ga nunggu pake lama. Hehe. Penginapan ini lumayan si, di depannya ada warung, kamar terletak di atas. Ada 3 kamar dengan kipas angin dan kamar mandi dalam. Kata yang punya si, mereka lebih menawarkan rumah dari pada kamar makanya cuma nyediain 3 kamar. Harga kamarnya Rp.100.000/malem, tergantung weekend atau weekday. Lumayan kalo menurut gue mah. Disini juga bisa pesen makan atau laundry. Gue jajan tahu tuna khas Pacitan disini Rp.8.000/10 buah. Hm.. Rasanya biasa aja menurut gue, mungkin karena gue orang Palembang kali ya.. Jadi untuk urusan makanan yang pake Ikan, selalu Palembang yang menang. Hahaha.



Pantai Teleng Ria


Yuks.. Mulai jalan kita.. Ke Pantai Teleng Ria aja dulu. Hehe. Tapi, pertama nyampe gue agak kecewa. Biasa aja menurut gue. Tapi setelah diputerin dan gue naik sampe ke bukit, lumayan juga si. Hehe. Oh yaa.. Disini kita bisa jajan seafood goreng pake bumbu rujak gitu. 1 ons nya rata-rata Rp.20.000. Harga ga bisa di nego, cuma isinya bisa minta dibanyakin.

Pantai Teleng Ria

Disini juga bisa belajar surfing. Dari info yang gue dapet si Rp.20.000 per jam. Tapi.. Tapi.. Gue ga bisa berenang euy. Ga berani. Ombak disini kenceng banget. Kalo udah sore, banyak bule yang surfing. Sayangnya gue disini siang jadi gue sibuk selfie aja. Hahaha. Not bad view. Jujur, gue seneng. Ga nyangka gue bisa jalan sendirian gini. Karena gue ngejer waktu, gue ga bisa lama-lama disini padahal gue suka banget dengerin deburan ombak sambil menanti senja. Hehehe.


Pantai Teleng Ria dari sudut lain
Kesan pertama? Kalo jalan sendiri gini ga ada yang motoin tapi kita bisa bebas berekspresi. Cuma bisa bercengkrama dengan angin lalu menatap birunya langit dengan perasaan luar biasa. Hahaha.. Besok-besoknya bapak ojeg nya yang motoin gue. Hahaha..


Deket parkiran motor

Adem

Ada delman

Deket parkiran adem :D


Pantai Teleng Ria ini letaknya ga jauh dari terminal. Kurang lebih 5-10 menitan kalo pake motor. Lokasinya sebelum terminal. Jadi sebenernya kita bisa turun disini dan langsung cari penginapan. Terus kenapa gue malah turun di terminal? Karena gue mau nyari ojeg di terminal aja. Hahaha. Padahal gue juga awalnya ga tau si, maklumlah cuma nyari tau nama tempat aja tanpa tau posisi lokasi dimana. Hehehe.


Kesanaan lagi dari pantai


Di bukit Teleng Ria

View dari bukit
Moto dari jembatan

Dari jembatan


Harga tiket masuk Rp.15.000 + Rp.2.000/motor. Hm.. Paling mahal kalo dibandingin dengan tempat wisata lain. Katanya si karena pengelolahnya bukan orang lokal tapi orang Jakarta, makanya jadi lebih mahal. Tapi dari sudut pandang gue si.. Ga ada bedanya sama pantai lain :D


Pantai Watu Karung


Nah, Pantai Watu Karung ini ombaknya gede banget. Dilarang banget maen air disini. Biasanya para surfer yang pengen suasana lebih menantang maennya di Pantai ini. Harga tiket masuknya Rp.5.000. Hm.. Serunya disini si bisa nontonin bule surfing, apalagi kalo makin sore. Ombaknya makin oke. Hahaha.

Pantai Watu Karung

Kalo sore rame yang surfing disini

Ada yang surfing


View pantai


Tapi.. Tapi.. Gue kesel deh, lensa gue jangkauannya pendek jadi gue ga bisa zoom orang yang lagi surfing. Huwaaah.. Gue kok jadi pengen surfing si. Kata Ali, air laut sama di kolam renang itu beda. Jadi gue jangan aneh-aneh deh. Hahaha. Gue jadi nonton sambil gigit jari aja deh ni :p

Pantai Srau


Pantai Srau ini ga searah banget sama Pantai Watu Karung, lumayan jauh juga. Letaknya di Desa Candi, 25 km dari kota Pacitan. Kalo Pantai Watu Karung ke kanan, dia ke kiri. Kira-kira begitulah. Hehe. Katanya si disini bisa liat 3 view. Ada yang pantai biasa, bukit, sama yang ada bolongannya.

Pantai Srau

Harga tiket masuknya Rp.5.000. Dari yang gue baca, katanya si sunset disini bagus. Tapi, entah kenapa beberapa hari ini langit berawan terus. Gue sempet nangkep langit ke orange-orangean dan pas sunset total, awan nutupin langitnya. Hahaha. Gapapalah, ga ujan aja gue udah bersyukur banget.


Batu Bolong Srau

Pasir putih

Bukit Srau

Srau yang katanya Raja Ampatnya Pacitan


Yes, today gue ke tiga pantai. Start kira-kira dari jam 12.30 atau 13.00 gitu deh. Ke penginapan bentar taroh barang terus langsung cus jalan. Perjalanan pulang memakan waktu kira-kira 2 jaman. Jauh? Iyaa.. Dan harga ojegnya Rp.150.000. Mahal? Kalo menurut gue, karena jauh yaa lumayan lah dapet harga segitu mah. Hehehe. Gue sampe homestay jam 19.30 deh rasanya. Hm.. Biasanya kalo gue ngetrip hape gue matiin, tapi.. Kali ini gue mendadak bingung mau ngapain sendirian. Hehehe.



Day 2 (Minggu, 1 Mei 2016)


Tadaaa.. Hari ini gue janjian ama Pak Toha dari jam 7 pagi karena hari ini banyak banget yang pengen gue datengin. Hm.. Bapaknya agak ngaret si. Pas gue sms baru deh dia datang. Yuks.. Gue udah mulai akrab ni ama Pak Toha. Lama-lama berasa jadi Bapak sendiri. Keluarga baru di Pacitan. Hehehe.

Ohyaa.. Hari ini area wisata yang gue datengin adalah area yang arahnya menuju Jogya. Hmm.. Kalo dari sisi view gue lebih suka hari ini. View sepanjang jalan seger euy. Sawah-sawah :p

Goa Luweng Ombo


Awalnya gue bingung ya pas ditanya Gua Luweng mana yang mau gue datengin. Karena gue ga banyak nyari tau jadi gue iya-iyain aja. Ga gue sangka, jarak yang jauh ini membawa gue ke Goa Luweng yang berbeda. Hahaha. Ternyata ada 2 Gua Luweng di Pacitan; Luweng Ombo dan Luweng Jaran. Huahaha. Harusnya gue ke Luweng Jaran, petualangan 48 km ke dalam perut bumi. Bisa liat ornamen unik yang terbentuk secara alami. Hiks, malah kesini. Hahaha.

Goa Luweng Ombo

Gua Luweng Ombo ini free tiket masuk. Kira-kira sampe sana jam 8an pagi dan gue sempet ngerasa "Hey, beneran ini tempatnya?" Mistis. Itu hal pertama yang gue rasain. Waduh.. Gue suka ngerasa goosebump kalo di tempat-tempat creepy kaya gini.

Hm. Hm..
Ga ada loket, ga ada yang jaga. Cuma ada plang nama terus yaudah goa yang mulutnya menghadap ke atas. Kesan lembab dan ga terkena sinar matahari berasa banget. Gue mikir, emang ada yang dateng kesini? Katanya si banyak mahasiswa jurusan geografi dan sejenisnya dateng kesini. Mereka kebanyakan dari Jogya, Solo, Madiun. Camp di dalem goa. Turun ke goa pake webbing dan tali. Huahaha. Ga kebayang gue. Itu mulut gua kayanya curam dan licin banget. Banyak lumutnya. Bener-bener kayanga kesentuh tangan manusia.

Kesannya ga terawat dan tertinggal

Hm.. Pas gue lagi sibuk poto, eh ada penduduk sekitar yang lewat. Ngobrollah sama Pak Toha. Terus.. Katanya, ni goa mistis. Ada penghuninya. Ular besar dengan cengger. Tau dari mana? Katanya dari mahasiswa yang pernah camp dan emang mitosnya gitu. Creepy.. Creepy. Huhuhu.

Sekitar jalan di depan Goa Luweng
Pacitan dikenal sebagai kota seribu goa. Awal mula ceritanya karena dulu penduduk kesulitan air dan mencari air di goa-goa. Yang namanya goa tau sendiri kan gimana? Karena ada yang masih kuat mistisnya dan ada beberapa kejadian, beberapa goa di Pacitan akhirnya ditutup buat umum. Ada yang masih dipake buat minta ilmu dan sebagainya. Gue ga terlalu tau goa mana aja. Gue sebenernya juga ga terlalu suka gua. Cuma pas denger cerita ini yaaa gue mulai goosebump lagi deh :D


Pantai Banyu Tibo


Next.. Kita ke Pantai Banyu Tibo. Lokasinya di Desa Widoro. Katanya si view terbaiknya di pagi hari atau sore hari. Yuhuu gue mulai seneng disini. Jalan menuju kesana bener-bener pedesaan. Homestay baru mulai dibangun. Kayanya setaon lagu udah mulai bisa disewakan.

Banyu Tibo

Gue dan ombak

Banyu Tibo dari sudut lain


Kenapa disebut Pantai Banyu Tibo? Karena artinya air jatuh. Kenapa air jatuh? Jadi disini ada air tawar yang jatuh alias kaya air terjun kecil gitu, lalu ada pasir pantai kemudian langsung laut lepas. Jadi kaya percampuran air tawar dan air laut gitu walaupun ga secara langsung.


Air tawar dari atas


Air terjun kecil di Bnayu Tibo


Harga tiket masuk Rp.5.000 + parkir Rp.2.000. Tapi, tempat parkirnya sempit banget. Hm.. Ada dua area untuk menikmati pantai disini. Di sebelah kanan, kita bisa menikmati deburan ombak dan maen di batu-batu. Kata Pak Toha, kalo orang nyebrang kesana bisa langsung ke Australia tapi keadaan ombaknya yaa ampun kenceng banget dan ga boleh surfing disini.

Ada yang mandi

Mandi lagi

Nah, di sebelah kiri kita bisa maen air terjun kecil dan makan di warung. Mandi-mandi dikit bisalah. Hehehe. Turun dikit, langsung pantai. Berani maen di Pantai? Kalo mau maen di Pantai berarti harus siap di iket dan pake pelampung. Takut kebawa arus kayanya. Tenang, banyak rangers yang ngawasin kok :D


Pantai Buyutan


Sunset di Pantai ini katanya kece. Waaah.. Gue terlalu cinta dengan sunset tapi kalo nungguin sunset disini, gue bisa kehilangan spot laen. Hiks. Hiks..


Pantai Buyutan

Jalan menuju Pantai Buyutan 1

Harga tiket masuk Rp.5.000 + parkir Rp.2.000. Uniknya pantai ini di sebelah kanan pantai ada batu berbentuk candi. Lucu deh. Hehehe.

Jalan menuju Pantai Buyutan 2
Kita bisa camp disini. Ada warung dan kamar mandi juga. View perjalanan kesini juga bagus. Banyak sawah-sawah dan pondok yang di mata gue seger banget buat di liat. Hehehe. Tapi kayanya kalo mau bawa motor ke bawah mikir dulu deh. Jalannya miring banget. Curam. Mending jalan kaki atau naek ojeg. Jalan kaki juga cape si. Hahaha. Kalo ga salah, Rp. 10.000 ojeg buat ke bawah atau kembali ke atas.

Jalan curam dari parkiran ke bawah

View pantai dari kanan atas


Disini memory kamera gue abis. Padahal pemandangannya kece kalo dari atas. Hiks. Gue suka ni pantai-pantai unik kaya gini. Tapi sekali lagi, pantai di Pacitan ini langsung menuju samudera dan ombaknya gila banget, jadi emang rata-rata pantai disini ga boleh buat mandi. Untuk surfing pun hanya diperbolehkan di pantai-pantai tertentu aja.


View pantai dari kiri atas


Pantai Klayar


Nah, ini dia pantai favorit gue. Letaknya di Kecamatan Donorojo, 40 km dari kota Pacitan dengan jarak tempuh sekitar 1 jam. Awalnya gue pikir ni pantai biasa banget. Hahaha. Cuma menang karena ada serulingnya. Tapi.. Emang pantai ini yang paling bagus dan luas. Udah gitu ada homestay juga. Harga tiket masuk Rp.5.000 + parkir Rp.2.000.


Sphinx

Ada Sphinx nya


Nah, nah.. Kenapa jadi pantai favorit gue? Karena dengan Rp.25.000 kita bisa naek ATV sampai di Bukit Seruling. Hihihi. Udah dari kapan ya gue pengen banget naek ATV eh baru sekarang kesampean. Hihihi.

Norak ya gue? Hahaha

Jujur, gue ga bisa bawanya jadi ditemenin abangnya buat navigasi. Susah ya bawanya? Apalagi di jalan berpasir yang miring-miring. Gue sempet ngeri gue malah menuju pantai terus diem disitu. Hahaha. Thanks, mas.. Ketakutan gue jadi ilang. Hahaha.

Ohyaa.. ATV nya ga boleh naek ke Bukit Seruling. Di parkir aja di bawah. Di deket sphinx. Hihihi. Gue ga tau namanya apaan tapi mirip sphinx. Unik kan? Bagus loh tapi ombaknya lumayan juga :D


Bukit Seruling


Kalo mau liat pancuran air yang melantunkan nada kaya seruling di bukit ini, kita perlu bayar lagi Rp.2000. Hehehe. Tapi bagus kok, beneran. Sayangnya, pas gue kesana airnya ga pasang jadi pancurannya kecil dan gue ga bisa ngedengerin suara serulingnya. Kalo lagi pasang, air mancurnya bisa sampai 10 meter. Alhamdulillah masih bisa liat pancuran airnya walaupun ga tinggi. Hehehe.


Sphinx dari atas

Nah, disini gue nemu keuarga baru lagi. Namanya Pak Marno. Orangnya baek banget mau motoin gue dengan segala gaya. Hahaha. Dia penjaga disini. Pas tau gue dateng sendirian, dia malah nemenin gue terus cerita-cerita soal pantai ini. Hmm.. Karena kelamaan ngobrol, gue malah dijemput mas yang bawa ATV. Hahaha. Maafin ya, mas. Terlalu betah memandang langit sambil dengerin deburan ombak :p

Selesai maen ATV, gue ga nemu Pak Toha ada dimana. Yaa guenya ga niat nyariin juga kali yaa. Hahaha. Terus gue maen lagi di pantai. Ketawa-ketawa pas kaki gue kena air pantai. Selfie-selfie ga jelas terus maen lagi ke sphinx. Hahaha. Please, mimpi gue bisa sepedaan di pantai terus lari-larian sambil kejer-kejeran di pantai kemudian maen kembang api di pantai kapan terkabulnya si? Tiba-tiba jadi merindukan seseorang yang wajahnya pun gue ga tau. Hahaha. Halloooo.. Stop berimajinasi lagi, Ka. Hahaha.

Next. Ada yang ngajakin gue ngobrol. Mungkin dia mau mastiin gue gila apa ga karena tadi ketawa-tawa sendiri. Hm.. Males si sebenernya tapi kan ceritanya gue lagi pura-pura jadi penduduk sini atau yaaa.. Jadi orang yang welcome, ramah gitu. Jadi yaa.. gue tanggepin aja. Hahaha.

Pas gue udah nyampe.. Betapa bingungnya gue karena Pak Toha ternyata khawatirin gue. Hadeh, Pak.. ATV nya udahan kok. Balik sininya ga jalan kaki tadi. Cuma pengen jalan kesana aja. Hehehe. Makasih ya, Pak. Berasa punya bapak sendiri :p

Laper. Gue makan Soto + Es Jeruk Rp.12.000 again. Hahaha. Entahlah kenapa gue makannya ini mulu. Abis makan kita ke bukit bentar terus hujan. Alhamdulillah-nya hujan pas udah lewat Pantai Klayar. Jadi teuteup maen ke Sungai Maron walopun airnya keruh karena hujan.



Sungai Maron


Yihaaa.. Kesini juga gue padahal tadinya mikir ini bonus aja karena jauh dan perjalanannya yaa ampun.. Tanjakan dan turunan banget tapi dengan kondisi jalan yang wow.. Rusak parah. Gladak-gluduk kalo di motor. Hahaha. Lokasinya di Desa Dersono. Searah dengan Goa Gong, tapi terletak di paling ujung.


Sungai Maron


Yes.. Kesampean juga dan ini jadi tempat favorit pertama gue setelah pantai Klayar. Harga sewa perahu Rp.75.000 untuk maksimal 2 orang. Kalo lebih dari 2 orang, jadi Rp.150.000. Katanya si view-nya kayak Sungai Amazone. Panjangnya 4,5 km. Kedalaman mencapai 20 meter. Hihihi. Di sungai ini diadakan lomba dayung berjarak 300 meter setiap tahunnya sejak tahun 2012.

Sungai Maron dan gue :p


Dan gue ngerasa ni sungai kayak milik gue seorang karena cuma perahu gue yang berlayar disini. Hm.. Ga juga si, ada 1 perahu juga yang papasan ama perahu gue. Tapi, so far.. Gue suka banget maen disini walaupun kata bapaknya disini ada buayanya. Hahaha. Lama mengarungi sungai kira-kira 45 menitan.


Pantai Ngiroboyo


Dari Sungai Maron kita bisa berhenti di Pantai Ngiroboyo. Bayar lagi Rp.5.000. Kalo ga mau turun yaa udah lewat aja. Hehehe. Gue turun donk. Pasirnya hitam. Enak di kaki. View-nya yaa gitu-gitu aja si tapi berasa private beach banget karena disana cuma ada gue dan petugas yang jaga tentunya. Hehehe.

Pantai Ngiroboyo

Sungai Maron dari Pantai Ngiroboyo

Bonus <3 td="">

Goa Gong


Gue kelar dari Sungai Maron jam 15.30. Goa Gong tutup jam 17.00. Tadinya pengen ke Goa Tabuhan tapi ga sempet. Besoknya juga ga sempet. Hiks. Gapapa. Cuma goa gelap yang ada gamelannya kok. Yaa malah menghibur diri. Hahaha.

Goa Gong

Goa Gong ini terletak di Desa Bomo, kira-kira 37 km dari kota Pacitan. Harga tiket masuk Rp.5.0000 + parkir Rp.2.000. Kalo mau sewa senter Rp.5.000 tapi gue bawa sendiri. Jalan untuk ke pintu masuk dan keluar beda. Ada jembatan yang katanya ga mampu menahan banyak orang jadi musti gantian lewat.

Gue nyampe sana sekitar jam 16.00 dan karena abis hujan, airnya jadi menetes dari rembesan atas goa. Sepi loh pas gue disana. Mungkin karena udah sore juga. Di dalam goa cuma ada gue sama beberapa orang aja.

Di dalam Goa Gong

Goa nya bagus tapi kecil. Di pasang lampu warna-warni dan ada pendinginnya biar ga kepanasan. Hahaha. Goa apa ini? Goa terindah se-Asia Tenggara katanya. Goa Gong memiliki kedalaman sepanjang 256 meter dan memiliki stalakmit berumur ratusan tahun. Dinamakan Goa Gong karena masyarakat sering mendengar suara gong dari dalam goa (*suara tetesan air alam goa yang menimpa batuan stalaktit atau stalagmit goa.


Di dalam Goa Gong

Teruss.. Karena goa nya begini, gue mulai sok-sokan donk mikir kalo goa nya ga serem. Eeeh.. Pas gue berada di sudut goa sendian.. Mulai deh gue ngerasa ada yang ga beres. Serem juga. Hahaha. Goa yaa teteplah goa yaa. Ada sesuatu didalamnya.

Di dalam Goa Gong

Di jalan pulang ni. Pak Toha malah cerita sisi horor Pacitan. Waduh.. Hahaha.. Terus kita ngelewatin rumah horor itu juga. Oke. Gue skip cerita ini. Gue nulis ini malem-malem. Udah goosebump aja gue :D


Day 3 (Senin, 2 Mei 2016)



Yaks.. Hari kedua di Pacitan adalah hari terseruuu dan tercapek. Hahaha. Pak Toha aja sampe ketiduran pas nyampe rumah. Gue? Mulai berasa agak-agak lelah juga tapi semangat.. Hari ketiga ini masih seru :p

Sebenernya hari ini tujuan utamanya cuma dua; Pantai Taman dan Pemandian Air Anget, tapi.. Gue dapet bonus. Hahaha. Dan.. Alhamdulillah sepanjang perjalanan mata ini jadi seger banget, ilang capek. View-nya bikin relax banget :p

Pantai Taman


Kenapa gue pengen banget ke Pantai Taman? Karena disini ada flying fox. Kapan lagi coba gue yang takut ketinggian ini maen flying fox di pantai? Ohyaa.. Disini juga ada penangkaran penyu. Tapi inceran gue tetep flying fox. Pantainya mah biasa. Hehehe.


Pantai Taman


Harga tiket masuk Rp.3.000 + motor Rp.2.000. Di hari ketiga ini Pak Toha kayanya udah cape. Dia udah mulai ga banyak omong sampe gue bilang pengen maen flying fox. Hahaha. Tapi, sedih.. Ternyata flying fox-nya cuma dibuka pas hari libur, Sabtu, dan Minggu. Hiks.


Baca. Baca. Haha



Pas Pak Toha ngobrol ama yang jagain tambak udang disana. Mungkin kasian karena gue udah dateng jauh-jauh kali yaa.. Eeeh.. Dia malah mau bantuin biar gue bisa main. Hehe.


Flying fox
Nah, jadi flying fox nya ada dua, ketinggian 150 meter dan 300 meter. Karena guide yang 150 meter masih saudaranya, alhamdulillah gue dibantuin. Yeess.. Gue dibolehin maen flying fox dengan syarat harus 2x maen. Padahal realisasinya sekali juga gapapa si. Gue dapet harga normal 2 x Rp.20.000. Jadi, Rp.40.000 Hehehe. Nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan? Alhamdulillah.


Flying fox dan gue


Awalnya kan sebelum tau kalo mau dibantuin, gue udah naek ke atas dulu. Ternyata kalo diterusin, bisa nyampe ke jalan raya. Hmm.. Pas tau bisa dibantuin, seneng deh gue.. Naik-naik bukit lagi deh. Hahaha.

Bukit menuju Flying fox


Untuk yang 300 meter, orangnya susah diajak kerja sama. Jadi gue cuma maen yang diketinggian 150 meter. Padahal kayanya lebih seru yang 300 meter deh. Hehe.


Flying fox dan gue

Nah, nah, abis gue lari ke bukit lagi. Kok yaa, gue ngerasa kurang seru ya maen flying fox sendirian. Ga ada yang ngecengin gue turun pas tau gue phobia ketinggian. Hahaha. Seru kok seru.. Tetep aja gue di dorong dan ga berani lompat sendiri. Hahaha. Daaaan.. Untuk peralatannya gue ngerasa kurang safety si. Cuma webbing yang di iket-iket ke gue. Beda dengan flying fox yang pernah gue cobain ataupun feratta. Tapi, so far.. Gue happy banget bisa nyobain flying fox disini. Hihihi.

Pantai Pidakan


Pantai dengan tiket masuk Rp.5.000 ini unik juga. Ga ada pasirnya. Cuma batu-batuan. Katanya si kalo jalan kesanaan lagi pantainya mirip pantai di Belitung. Ada mercusuarnya lagi. Tapi gue ga jalan-jalan banget. Ngejer waktu si. Hihihi. Ohyaa.. Lokasinya di Desa Godeg Kulon arah ke Tenggaleng. Jauh dari kota Pacitan.

Pantai Pidakan

Mercusuar

Pantai Soge


Pantai Soge ini bonus. Bisa diliat dari pinggir jalan. Hm.. View-nya biasa aja menurut gue :D

Pantai Soge

Pemandian Air Anget Tirto Husodo


Kalo mau ke Pemandian Air Anget ini, ambil arah yang menuju Ponorogo. Nah, masuk ke pemandian air anget ini Rp.10.000. Gue makan Soto + Es Jeruk Rp.11.000. Lagi. Hahaha.



view di jalan


view di jalan

Wah.. Relax banget disini. Lelah hilang tapi jadi pengen bobo. Salah deh gue kayanya, masa di motor mata gue malah ajeb-ajeb pengen bobo? Mana pas pulang ujan lagi. Disini Pak Toha nyadar mantel ujannya ilang. Duuuh :(


Pemandian Air Anget Tirto Husodo

Ada 4 kolam disini. 2 kolam dewasa, kolam anak-anak, dan kolam sumber air panas. Setiap Senin air di kolam akan diganti. Bukanya 24 jam. Kata yang punya homestay, lebih enak malem berendem disini. Aaah.. Gue ga tahan lama-lama berendem. 5 menit naik, tidur - 5 menit naik, tidur aja. Hahaha.

Yups.. Ini tujuan terakhir gue. Sore ini gue musti balik Solo karena besok pagi jam 08.00 gue udah harus ke Banyuwangi. Why gue ga naek bis aja ke Bali gitu? Biar gue bisa ketemu temen-temen gue di stasiun Banyuwangi Baru untuk lanjut ke Rinjani. Hihihi. Ternyata satu kereta tapi beda gerbong :p

Masih banyak yang pengen gue datengin sebenernya; kayak Monumen Sudirman, Goa Tabuhan. Tapi.. Cukup puas lah gue walaupun masih ingin kembali. Hehehe.




Kesimpulan:

  • Perhitungan biaya yang menurut gue harusnya bisa gue minimalisir: Hitung sendiri aja aaah. Hahaha..
  • Kalo yang ga bisa naek motor kayak gue dan jalannya sendirian yaaa mahal di sewa ojeg, Rp. 200.000/hari. Tapi, biasanya harga ojeg tergantung berapa banyak destinasi yang pengen kita datengin. Kalo mau sewa mobil Rp. 500.000/hari. Kalo mau sewa motor Rp. 70.000/hari. Misalkan mau sewa langsung beberapa hari biasanya bisa lebih murah.
  • Harga makanan termasuk murah kalo dibandingin dengan Jakarta. Homestay juga Rp. 100.000 - Rp. 200.000/malam.
  • Tiket masuk tempat wisata rata-rata Rp. 5.000. Kalo sewa ojeg, biasanya ojeg-nya diitung juga. Jadi, kita bayar 2 orang + motor. Tapi ada juga ojeg yang free masukLumayan si kalo bawa ojeg, ada yang motoin dan ga perlu jalan jauh kalo mau muter-muter pantai yang ada bukitnya. Plus, dapet cerita dikit lah tentang masyarakat sekitar. Hehehe.
  • Untuk penginapan menurut gue mendingan di kota atau di area Pantai Teleng Ria. Kalo posisinya ditengah-tengah kan gampang kemana-mana. Gampang pulang juga karena deket dengan terminal.
  • Kalo mau naek bis langsung kePacitan dari Jakarta, rata-rata baru nyampe Pacitan jam 2-3 pagi. Berangkatnya kayanya pada siang. Hm.. pertimbangan gue, lebih baik naek kereta malam ke Solo atau Jogya. Nyampenya pagi kan? Katanya si lebih deket dari Jogya, kurang lebih beda 2 jam kalo dibandingin dengan Solo. Kalo dari Madiun kurang disarankan karena kondisi jalan yang kurang bagus. Kalo keretanya dari Solo, turun di Stasiun Solo Balapan aja, jalan dikit udah terminal, Karena deket terminal, makanya gue lebih prefer dari Solo.
  • Makanan di pantai-pantainya rata-rata sea food, tapi untuk rasa so so lah.
  • Ada batik pacitan juga tapi gue ga sempet liat :D
  • Ada banyak wisata goa di Pacitan, tapi yaa hati-hati kalo jalan sendiri tanpa ngobrol dengan penduduk sekitar karena goa nya masih banyak yang mistis.
  • Lingkungan di sekitar Pacitan aman. Kalopun ada yang jahat biasanya orang dari luar Pacitan, tapi biasanya tetep aman kok :D
  • Kalo mau naek bus ke Pacitan, naek bus Aneka Jaya aja yaa. Ngetemnya ga pake lama kayak bis laen :D
  • Banyak turisAustralia yang bisa Bahasa Indonesia disini.
  • Homestay biasanya beda dengan orang lokal

~Berpetualanglah sendirian walaupun cuma sekali seumur hidupmu dan kau akan menemukan keluarga baru, rumah baru, perasaan baru, dan diri yang baru disini. Hehehe.

No comments:

Post a Comment