Wednesday, April 20, 2016

Yes !!! Kaki gue sampe ke Tebing tertinggi kedua di Asia #Via Ferrata Gunung Parang

Seahli-ahlinya kita mengerjakan sesuatu jika sempat berhenti maka akan susah untuk memulai kembali. Jadi berlatihlah terus tentang apa yang kita kuasai karena berhenti artinya menghilangkan "kuasa" kita akan sesuatu. 
~Anonymous
Gue in action
Taaaadaaaa..
Akhirnya gue nulis lagi. Tau ya kenapa kalo lagi pusing bawaannya pengen nulis aja. Udah beberapa cerita gue skip karena akhir-akhir ini gue terlalu sibuk ama dunia gue. Rasanya gue butuh sesuatu yang beda. Hm.. Ga tau kenapa jadi pengen manjat-manjat lagi. Udah lupa rasanya manjat-manjatin pagar sekolah. Hahaha..

Lalu apa hubungannya dengan quote yang gue tulis? Gue juga bingung. Haha..

di belakang gue waduk jatiluhur

Jadi, gini.. Rasanya akan ada satu titik dimana lo butuh sesuatu yang beda, yang ga pernah lo lakuin sebelumnya, dan sesuatu itu bisa jadi harus lo lakuin demi merasakan suatu 'perasaan' yang akan menghidupkan jiwa lo lagi. Aduuh.. kesannya kok kayak lagi frustasi ya gue? Hahaha.. Yaaa, maksudnya biar gue-nya bisa fresh lagi plus buat balikin mood nulis gue setelah sebulan ini dikalahkan oleh yang namanya cinta eh lelah. Hahaha..


Yeeay.. Ready!!!

Tapi.. Tapi.. nyari temen buat maen tu susah yaa.. Udah sebar racun sana sini tapi ga ada yang mau nemenin gue manjat. Yasudahlah, akhirnya gue berdua aja ama temen. Apapun yang gue rencanain, yang gue mau, harus dilaksanakan pokoknya. Gue benci kalo harus gagal atau batal. Hahaha. Dan Sabtu 16 April 2016 kita kemon yuks ke Gunung Parang #tapi via ferata :D


~Demikian basa-basi gue.


Ohyaa.. Via Ferrata tu apa si?


Galih in action
Via Ferrata diambil dari bahasa Italy, (English; Irron Ladder - Sunda; Taraje Besi - Indonesia; Tangga Besi) merupakan sistem pemanjatan tebing dengan menggunakan lintasan besi yang telah dipasang dan pengaman kabel baja sepanjang lintasan tebing. 






Idenya sendiri berasal dari jalur-jalur pendakian di dinding gunung yang ada di Italy, yang dikenal dengan istilah "Via Ferrata" atau tangga besi, karena dibuat untuk jalur transportasi antar desa dan logistik saat perang dunia pertama.


manjat lagi :D
Via Ferrata ini dikelola oleh 2 pihak (atau mungkin lebih); Badega Gunung Parang (penduduk setempat) dan Skywalker. Awalnya pas browsing gue juga bingung, kenapa ada 2 ya? Dua-duanya jasa tapi kok harganya jauh ya? Ternyata setelah cerita-cerita dengan aa'nya, mereka beda pengelola atau lebih kerennya bisa kita sebut dengan investor. #Yaa.. tapi akhirnya gue make Badega Gunung Parang yang infonya gue dapet dari temen gue #Thanks, Kak Peggy yang ngasih info lengkap #Thanks, Kak Retno BPJ.

Badega Gunung Parang sebenarnya lebih dulu dikembangkan dari pada Skywalker tetapi sempat terkendala oleh dana. Ide Badega Gunung Parang diluncurkan pertama kali pada tahun 2012 dan dipublikasikan di website di tahun 2014. Tetapi, baru dibangun pada pertengahan tahun 2015 dan pada akhirnya dapat dioperasikan di akhir tahun 2015. Total waktu yang dibutuhkan oleh Badega Gunung Parang untuk merealisasikan proyek "Via Ferrata" adalah 3 tahun.


Terus kenapa harga Skywalker jauh lebih mahal ya? Lo bisa cek sendiri di website masing-masing; fasilitas apa yang mereka berikan. Sesuai harga kan? #Gue ga maksud compare atau mempromosikan salah satunya. Jika kesannya begitu, tolong di maafkan :D

Untuk via Ferrata di Badega Gunung Parang, kita hanya mengeluarkan Rp. 100.000, tanpa ada batasan jumlah minimal peserta. tapi maksimal 50-100 orang perhari. Nah, kalo pake SkyWalker, biayanya diatas Rp. 300.000 dan ada jumlah minimal peserta, tergantung paket apa yang lo ambil. Gue ga ada duit pake yang mahal-mahal. Hahaha.

Makaaan Rp. 25.000 Hahaha

Untuk soal makanan, menurut gue enak-enak aja. Nasi, sayur asem ayam, tahu, tempe, lalap, plus sambel tomat seharga Rp. 25.000. Hmm.. Ga bisa dibilang murah tapi lumayan si :D

Gue, Eby, Adin

Nah, kalo lo make jasa Badega Gunung Parang, waktu manjatnya ada 2; Jam 08.00 dan 14.00. Gue dan temen gue milih jam 14.00 karena ga ada rencana nginep. Hahaha..

a' Eby yang make baju dan helm kuning ini guide kita. Jadi, total kita tadinya ada 7 orang termasuk guide. Tapi, 2 orangnya telat dateng. Jadilah, kita manjat berlima.

Galih, Danny, Adin, Gue, Eby

Ohyaaa.. Adin itu temen gue. Danny dan Galih kenal disana karena kebetulan barengan ama kita jadwalnya. Seru yaaa jalan ama orang yang ga dikenal. Hehe. #Gue juga baru kenal ama temen gue :D

Adin, Gue, Dany, Galih

Tapi ya, temans.. Kalo lo pake Skywalker, mereka udah include asuransi jiwa. Kalo Badega Gunung Parang? Mereka ga include asuransi jiwa. Tapi tenang, kedepannya bakalan include asuransi. Sekarang masih di proses #kata aa'nya.

Bedanya lagi apa? Dari yang gue baca, di website Badega Gunung Parang, tingginya tebing yang kita panjat sekitar 300 meter. Nah, tapi dari beberapa blog orang yang gue baca, mereka nyebutin kalo tingginya 150 meter. Okay, gue ngerti. Emang pas gue liat si mereka beda jalur. Lebih tinggian Badega Gunung Parang ketimbang jalur Skywalker.

Di ketinggian 150 meter

Nah, kalo gue ga salah inget juga. Untuk track lebih sulit Badega Gunung Parang. Hm.. Sebenernya ga sulit-sulit amat si. Mungkin karena ada 2 jalur vertikal dan lebih tinggi makanya dibilang lebih sulit. Di ketinggian 150 meter kita bisa duduk santai kok di lekukan kecil yang kita sebut goa buat sekedar menikmati angin atau poto-poto. Hihihi.

Tapi.. tapi.. kayanya kalo pake Skywalker, turunnya ga via Ferrata lagi tapi pake webbing (tali). Lebih seru ya kayanya? Hihihi.. Kepengen nyoba juga. Dan sekali lagi tenang, temans.. Badega Gunung Parang pun nantinya bakal dibikin 2 jalur, jadi jalur naik ama turun di bedain. Doain aja semoga semuanya lancar biar pas gue maen kesana lagi gue udah bisa ngerasain itu. Aaaaamiin..

Gimana soal view? Hm.. Mau Badega Gunung Parang atau Skywalker, menurut gue sama aja. Track-nya sebelahan, keliatan. Tapi yaa posisinya ga deket-deket banget. Di samping Gunung Parang ada Gunung Lembu dan Waduk Jati Luhur yang indah. Aaaah.. Gue jadi lupa kalo gue phobia ketinggian. Ga mau pulang. Hahaha..


Dimana kita bisa manjat Via Ferrata?


Gunung Parang
Jadi, Gunung Parang dengan tinggi 900an meter ini terletak di Purwakarta, Jawa Barat. Gunung yang kata temen gue track-nya paling parah di banding 2 gunung tetangganya (Gunung Bongkok dan Gunung Lembu) adalah jalur pemanjatan tebing tertinggi kedua di Asia setelah Kinabalu, Malaysia dan merupakan yang pertama di Indonesia. Bangga ga lo? Gue si bangga, walaupun pengembangannya lebih lambat dari pada Kinabalu. Hehe.

Nah, kalo yang dari gue baca; kita bisa ngabisin waktu 4-6 jam untuk summit ke atas Kinabalu, tapi di Gunung Parang, maksimal 4 jam #Kita kemarin sekitar 2 jam lebih naik turun. Naik jam 14.30. Ada track dikit jalan kaki sekitar 10-20 menit (pake berhenti buat make alat), tapi jalanannya udah dibikin kaya tangga. Di lanjut manjat dikit pake webbing, baru deh Via Ferata. Pokoknya sekitaran jam 17.00 kita udah dibawah dan jam 17.30 tu udah di pos 1 buat bersih-bersih dan sholat Ashar. Hehehe. Telat banget ya sholatnya #itu pun turun karena udah mulai gerimis dan puncak gunungnya udah keliatan gelap :D

Ohyaa.. Sebenarnya ketika kita naik via Ferata ini, kita sudah naik kira-kira sepertiganya Gunung Parang. Horeee !!!

Webbing dikit

Webbing dikit tapi lumayan

Webbing dikit yuuuhu

Abis webbing, siap-siap manjat via ferata

Akses menuju Purwakarta bisa dengan kereta api, bis, kendaraan pribadi atau travel (naik dari pancoran). Karena kemarin gue kesananya naik motor ama temen gue, yang fyuuuh 5 jam one way plus pulangnya nyasar alias ga tau kenapa kalo orang jalan sama gue pasti ujung-ujungnya nyasar dan karena gue make Badega Gunung Parang, jadi map yang gue share yang ini aja ya. Hehehe..

Hm.. Posisi Gunung Parang searah dengan Gunung Bongkok. Lucunya, pas perjalanan kesana kita lewat Pasar Anyar dan lancar-lancar aja. GPS gue berjalan normal. Dari Purwakarta kesana kira-kira 45 menit. Tapi, pas pulangnya kayanya salah belok deh, jadi lewat Plered. Kita ngelilingi gunung dan GPS gue ngacoh kali yaa, masa estimasi perjalanannya jadi 3 jam? Mana jalanannya agak rusak. Hahaha.. Coba kalo siang hari, bagus tu view-nya :D

Peralatan yang harus dibawa

  • Sepatu Kets, biar enak aja menginjakkan kaki dan kalo misalnya kena batu yaa ga luka :D
  • Baju ganti, keringetan mpok abis naik ke atas. Disini bisa mandi kok. Jadi mending bawa baju ganti :D
  • Air minum; haus loh. Hahaha. Bawa yang 600 ml juga cukup buat diri sendiri
  • Tas kecil; buat bawa minuman atau handuk kecil
  • Sarung tangan; Ga bawa juga gapapa si, tapi biar aman aja soalnya kawat buat ngaitin karabinernya (cincin kait baja) rada tajam
  • Kacamata Hitam; biar ga silau sekalian gaya. Hahaha
  • Topi; biar ga kepanasan
  • Kamera; wajib. Hahaha. Bisa di titipin ke guide-nya buat motoin kita #kaya gue gitu :P
  • Sunblock; biar kulit ga kebakar dan perih

Persiapan Diri

  • Jangan kurang tidur
  • Fisik dan mental yang sehat
  • Tidak ada penyakit jantung
  • Memahami instruksi dari guide
  • Percaya diri. Yeeay Hahaha..

Peralatan yang disediain

  • Helm
Karabinner (sumber: google)
  • Karabinner (cincin kait baja)
Harness (sumber: google)
  • Harness (alat pelindung yang mengaitkan tubuh kita ke tali dan karabinner)
  • Tali pengaman
Nah, gue agak lupa. Rasanya harness bisa menahan beban hingga 200 kg dan karabinner sekitar 50 kg. Total peralatannya rasanya mampu menahan 250 kg. Gue ga inget karena badan gue ga seberat itu. Udah bisa menahan beban diatas 50 kg aja gue udah lega. Hahaha..

Let's Go Ferrata!!!

Yes!!! Saatnya naik. Hahaha..
Tapi tunggu dulu, ternyata anak-anak usia 2 tahun udah diijinin buat naik Ferrata. Seriously? Hahaha. Bener!!! Jadi, nanti anak kecilnya di gendong sama guide-nya di depan, kayak pake gendongan bayi tapi bukan. Terus nanti anak kecilnya tetep melangkah sendiri biar seru. Aaaah.. aku mau donk a' di gendong. Hihihi..

Caranya naiknya gimana?

Jadi kan, di tebing Gunung Parang tertancap anak tangga besi. Disampingnya, ada lintasan kawat besi atau baja ya? Tajem aja pokoknya. Hahaha.

vertical area
Kita punya 2 karabiner yang terikat di harness. Nah, ketika lo bergerak naik.. lo harus kaitin karabinernya di anak tangga atau lintasan kawat besi. Senyaman lo aja. Kalo di anak tangga, artinya tiap lo naik, lo harus lepas pasang lagi karabinnernya. Jangan sampe lupa!!! Itu lah modal keselamtan kita, Bro!!! Kalo misalnya lo kaitin di lintasan kawat besinya (tali besi yang terulur disamping anak tangga), artinya lo bisa ngelepas-terus pasang karabinernya ketika batas kawat baru ada. Atau, lo juga bisa mix mau lepas-pasang dimana. Hehehe..

Tapi.. inget.. karabinner itu ada di tali kanan-kiri kita. Karabinner ga boleh dilepas dua-duanya sekaligus, musti gantian. Harus ada satu karabinner yang terkait di anak tangga atau kawat besi. Sebagai pengaman. Tinggi, Bro!!! Misalkan ada angin atau gimana nasib lah.. Lo bisa jatuh. Walaupun herness dan karabinner bisa menahan beban sekitar 250 kg, tapi ending-nya kan bisa lo tebak sendiri :(

vertical area
Ohyaa.. temans..
Sebenarnya ada banyak paket di Badega Gunung Parang, ada wisata desa, camping, climbing, dan macem-macem lainnya. Tapi.. gue bukan promosi disini, gue cuma cerita pengalaman gue Via Ferata. Jadi kalo pengen tau lebih jauh, silakan KESINI yaa atau :

Office & Location Address:
KAMPUNG CIHUNI
DESA SUKAMULYA, KECAMATAN TEGALWARU
PURWAKARTA, 41165
JAWA BARAT
INDONESIA

HOTLINE : +62 8787 470 8230 (Pak Dhanni)

Hm.. menurut gue pribadi, orang-orang pengelolah Badega Gunung Parang asyik-asyik kok. Apalagi a' Eby dan Pak Dhanni :D. Jadi pengen nyobain fun climbing-nya. Hahaha.

P.S: Kayanya poto ama alur kejadian agak kebolak-balik. Sengaja poto disesuaiin dengan cerita biar bacanya enak. Hehehe.

1 comment: