Thursday, June 5, 2014

Day 6 #Palembang-Jakarta-Jogya-Lombok-Bali-Jogya-Jakarta 2 minggu aja


Lanjutan dari SINI

~Batu Bolong, Monkey Forest, Sindang Gile, Desa Senaru - Kamis 22 Mei 2014

Yeaay.. ganti sopir donk.. Yang ajaib disimpen dulu. Hahaha..
Abis nanya-nanya ama Mas Anto' yang jaga Hotel Ellen, akhirnya kita nanya sewa mobil. Huahaha gaya banget, udah tau harganya Rp. 500.000 tapi sok-sokan banyak duit. It's okay.. Gue musti bayar hari kemarin dengan hari ini. Udah di Lombok jangan nanggung lah.. Mahal ya mahal asal gue puas. Hahahaha..


Pak Mahsun yang kita panggil Bapak Baek, referensi dari Hotel Ellen


~Batu Bolong pagi-pagi

Nyari yang deket dulu. Batu Bolong yang paling deket dengan Senggigi. Duh.. ini lupa nanya ya kenapa disebut batu bolong. Tapi kalo ga salah si karena di bawah tempat umat Hindu sembayang yang terbuat dari batu, ada batu yang bolong. Katanya si disini bagus banget buat sunset. Tapi yasudahlah..jangan ingetin kelewatan sunset di Senggigi donk ah. Hiks.. Hiks..

Masuk sini cuma ngasih donasi seikhlasnya. Disini kita masih boleh bawa bapak baek buat nemenin dan motoin kita. Di Sindang Gile + Tiu Kelep Waterfall ? Waah.. ga boleh lagi.

Kebetulan kemarin ada acara Galungan. Kemarin tempat ini di tutup untuk umum dan di adain perayaan umat Hindu. Jadi, hari ini masih terasa nuansa sembayangnya. Hm.. masuk sini musti pake selendang yang di iket di pinggang dan yang lagi 'berhalangan' ga boleh masuk. Kenapa ? Ibarat kata sama kayak masjidnya orang Islam lah. Tempat suci umat Hindu.

Oke.. mulai ada yang aneh kenapa banyak yang tiduran di sekitaran batu bolong. Yaay.. kata bapak baek, disini tu orang-orang Hindu boleh nginep, boleh tiduran disini. Gratis. Kalo orang Islam, pak ? Yaa.. ga boleh. Hahaha..

Batu Bolong
Poto di deket gapura

Bolong ini ni yang bikin namanya jadi batu bolong

Di pantai setelah ngelewati bolongnya batu

~Monkey Forest

Waaaah.. Waaah.. sejujurnya aku takut ama monyet karena waktu masih kecil pernah dikejer dan digigit monyet peliharaan kakek. Hiks.. Masih berasa banget yaa ada trauma disini (*nunjuk hati lagi

Di perjalanan ke Rinjani, kita beli Tuak dulu. Tadinya mikir kalo minuman ini memabukkan. Ternyata ga, kok. Yang memabukkan itu kalo udah di fermentasi. Yang ini air dari pohon Aren untuk buat Gula Aren. Enak loooh.. Harganya juga cuma Rp. 6.000

Air Tuak
Narmada itu merk air mineral asli Lombok dari gunung Rinjani
Keren yaa, mereka pake produk mereka sendiri
Kalo kaya aqua gitu mahal banget dah Rp. 5.000 di Alfamart, Indomaret Senggigi

Nah, karena ga abis.. airnya kita bawa pulang. Hm.. Si bapak baek si bilangnya kalo lewat sehari udah ga bisa diminum. Yaaa.. karena lupa, yaudah dibiarin aja nangkring di atas lemari. Dan treng.. treng.. malem-malem denger ada suara jatuh. Kirain orang sebelah kamar.. Ternyata pas pagi-paginya liat botol ini udah di bawah. Pas dibuka tutup botolnya.. langsung meledak sodara-sodara.. Kaya Sprite yang di kocok-kocok terus di buka tutupnya. Haduuh.. Kaget tapi lucu deh :P

Nah, balik lagi ke Monkey Forest. Tadinya aku pikir bakal masuk hutan beneran loh. Ditawarin bapak baek buat beli kacang tapi aku ogah. Huhuhu..

Ternyata.. ini dia Monkey Forest..

Yang paling depan ini raja monyet

Monyet nya pinter. Bisa nguliti kacangnya sendiri.
Pokokny kalo mau ngasih kacang jangan ama bungkus nya ya.. nanti di rampas..
Jangan pegang kepalanya juga, dia bisa nyerang..
Kaya foto ini lah..
Kita kabur gara-gara monyetnya mau nyerang pas Indah megang kepalanya

Monkey Forest itu jalanan yang kita lewati menuju Rinjani. Monkey Forest itu setelah Pelabuhan Bangsal yang mau nyebrang ke Gili Trawangan. Monkey Forest itu sepanjang jalan banyak monyetnya. Yang bisa dikasih langsung cuma raja monyetnya aja. Yang lain ? Lempar-lempar aja kacangnya di jalan nanti dia dateng sendiri. Hehehe..

~Sindang Gile, Rinjani Mendamaikan Hati, Kamis 22 Mei 2014

Oke.. aku inget-inget lagi kapan aku pertama kali pengen banget ke Rinjani. Kapan aku pengen banget Hiking ke Rinjani. Huuuwwwaa.. dari jaman kuliah pas aku gabung ke Pecinta Alam kayanya. Ga nyangka.. walopun aku ga naik, tapi tetep bisa menikmati keindahan Rinjani dari sisi yang berbeda. Alam.. Gunung.. Sawah.. Huwwaa..



Di jalan

Lucu deh.. emang si aku kurang info soal air terjun ini karena internet bermasalah. Hufff... Aku pikir Sindang Gile ama Tiu Kelep itu beda tempat. Jadilah cuma bisa ke Sindang Gile doank. Gapapalah, kan katanya sindang gile better daripada Tiu Kelep.

Ada yang bilang mandi di Sindang Gile bikin awet muda lah. Ini lah.. Itu lah..
Walaupun Sindang Gile ini dibilangnya air terjun tertinggi di Lombok (*Correct Me If Im Wrong, tapi sensasi tiap aku ngeliat air terjun ga berubah. Tetap cuma bisa bilang "OOOoooh.."

Pelangi di Sindang Gile

Nah.. Nah.. Ternyata kalau mau ke Sindang Gile ini bisa lewat 2 jalur. Bisa lewat Desa Senaru, kalo mau guide bayarnya Rp. 150.000. Atau dari desa Sembalun, kalo mau guide bayar sekitar Rp. 350.000. Si bapak baek si nyaranin kita lewat Senaru aja.

Yaa.. pas kita bilang ga usah make pemandu.. Orang-orang sana jadi ga ramah. Hahaha.. Biarinlah.. Nyasar juga gapapa. Pasti ada orang lain juga disana. Hehehe..


Bukan ga meratiin apa kata bapak baek
Kita khilaf ga liat tiket lagi langsung masuk juga
Abisnya pas mau masuk banyak guide maksa
Jadinya pas udah keluar baru nyadar tiketnya buat 2 air terjun. Huhuhu
#Gapapa
#Nemu bule mirip Nick Carter ini
#Aku nyapa di bales pula Hahaha..

Ini kan baru kaki gunung Rinjaninya doank yaa.. Huwwaa jadi pengen ke Danau Sagaranak.. Taon depan aja lah yaa.. Aaaaamiin..


~ Desa Senaru, Desa Adat Suku Sasak

Desa Senaru merupakan desa adat yang masih asli ketimbang Desa Sade (*Desa Sade lebih modern. Jadi, kalo mau naik ke Rinjani bisa melewati 2 jalur yaitu Desa Senaru atau Desa Sembalun. Untuk berkunjung ke Desa ini, kita cuma musti ngasih donasi sukarela aja.


Tempat mandi
Air di alirin dari Gunung Rinjani
Ini namanya lumbung padi

Kita poto sama-sama dengan penduduk Desa Senaru

Rumahnya lucu. Terbuat dari anyamanan daun kelapa. Di semen buat lantai luar aja. Di dalemnya si masih tanah liat. Ck.. ck.. budayanya menarik banget deh..


~ Sate Ikan.. Huwwaaa... Ngagenin.. Bikin laper melulu..

Jeng.. Jeng.. makan.. makan.. Huwwaa di perjalanan balik dari Senaru, kita diajak makan sate ikan sama bapak baek di pinggir pantai.. Nagih loh enaknya.. Jadi kangen kan. Hiks.. Hiks..


I want more.. I want more..

Makan bareng ooh nikmatnya..

~ Malimbu, The Best Sunset Ever

Malimbu itu ada I, II, III
Dari Malimbu kita bisa ngeliat Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno.
Malimbu I cuma bisa ngeliat 1 Gili (Pulau)
Malimbu II cuma bisa ngeliat 2 Gili (Pulau)
Malimbu III cuma bisa ngeliat 3 Gili (Pulau)
Tapi aku ga tau deh urutan pulaunya gimana, yang penting memanjakan mata dan hati aja deh. Hehehe..


Aku dan cincin matahariku..
Sudut pengambilannya ga bagus, tapi cuma ini poto sepi yang ku punya. Hiks
Sunset.. Sunset.. Malimbu..

Petang di jalan. Selesai sholat magrib.

~ Oleh-oleh

Beli ini di sini..
Pusat Oleh-oleh yang bisa di icip-icip sebelum beli
Dodol rumput laut dan kacang mete
Sayang buat dimakan. Huhu..
Harganya lebih murah beli di Senggigi.
Beda Rp. 50.000an deh tapi ya ga bisa icip-icip

Total pengeluaran di Hari ke enam D6 adalah : #oleh-oleh ga di itung
Donasi Batu Bolong
Rp.   10.000
Sindang Gile + Tiu Kelep Waterfall
Rp.     5.000
Makan Sate Ikan + Ikan Bakar Rp. 69.000/3
Rp.   23.000
Tuak Aren
Rp.     6.000
Sewa mobil Rp. 500.000/3
Rp. 167.000
Desa Senaru
Rp.   10.000
Hotel Ellen
Rp.   50.000
Total D6
Rp.  271.000

No comments:

Post a Comment