Monday, June 23, 2014

Mkeeey.. Byee.. It can be a small something, but do something that will brighten today and light the way for your tomorrows.

Judul postingan kali ini diambil dari jeng.. jeng.. kalimat penutup dari hoiitsroi.. Mkeey.. Bye.. Hehe..
Terus kenapa Ka, musti pake "Mkey.. Bye.." ?

It can be a small something, but do something that will brighten today and light the way for your tomorrows.

Carol CC Miller

Dalam kehidupan ada banyak hal yang ga pasti, yang membuat kita menerka-nerka, menciptakan sebuah harapan, obsesi, atau bahkan ujung-ujungnya malah jadi sakit hati. Pernahkah sebentar saja sebelum mengistirahatkan diri, kita mengingat apa yang telah kita lalui hari ini dan membuat harapan baru untuk esok hari ? Atau sekedar membiarkan hari berlalu dengan mematikan lampu kamar dan memejamkan mata hingga terlelap ?

Sejak aku mampu menyisihkan uang buat beli buku sendiri. Aku mulai melirik buku-buku yang bikin aku ngerasa lebih hidup. Aku sempet bikin list apa yang ga aku suka dari diriku, apa yang harus aku ubah dari diriku, apa yang harus aku pertahanin, gimana hidup yang sebenernya aku impiin, harus kayak apa aku memandang jalan yang aku pilih, resiko apa yang bakal aku hadapi, mengapa aku harus begini, sosok macam apa yang harusnya ada pada diriku, dan masih banyak lagi hal lain yang aku kritisi buat diri sendiri.

Beberapa bulan kemaren aku pulang ke rumah dan nemuin Diaryku jaman dulu. Ku baca halaman demi halaman dengan harapan ga ada orang rumah yang nemuin Diary ini. Yup.. aku suka nulis udah dari jaman SMP. Entah puisi picisan, entah curhatan ga jelas, entah cerita hidupku, pokoknya semua itu yang membuat warna dalam hidupku, yang setiap aku baca ulang selalu mengingatkanku bahwa sesepi-sepinya hidupku, aku masih punya segudang cerita yang bisa bikin ketawa ketika lagi sedih, aku masih punya sejuta pengingat ketika aku lupa diri, dan aku selalu punya tempat berbagi ketika ga ada tempat untuk mencurahkan isi hati.



Dan.. Blaaank..
Di Diary itu aku nemuin list apa aja yang aku ga suka dari diriku, apa aja yang musti aku ubah dari diriku. Dari 100 baris yang ku tulis.. Hampir semuanya masih ada. Hiks.. Tulisan itu udah ada dari jaman SMA kelas 2. Setiap malam ulang tahun, aku selalu berusaha menguatkan niat biar itu semua hilang dari kepribadianku. Pelan-pelan.. sejak mulai kuliah, aku jadi terlalu nyaman dengan dunia yang baru, pribadi yang baru, namun masih menyimpan keburukan yang dulu. Pelan-pelan aku lupa janji pada diriku sendiri. Pelan-pelan ketidaknyamanan pada diriku sendiri terlupakan karena rutinitas hidup. Pelan-pelan hingga 10 tahun ini akhirnya aku kembali mengenali diriku lagi dan ternyata keburukan di list itu masih ada di diriku. Raaaaaarrr...

Kenapa "Mkey Bye", Ka ???
Karena aku pengen ngucapin pada diriku sendiri untuk kembali ke diriku sendiri. Mempunyai rutinitas bukan berarti hidup dalam rutinitas aja. Tapi mulai memperbaiki diri lagi. Kenalin diri lagi. Karena semakin bertambahnya usia seseorang, semakin sibuk seseorang, semakin sukses hidup seseorang, semakin jauh jugalah dia dengan diri dia sendiri, dengan teman-teman baiknya sendiri, dengan keluarganya sendiri.

Nemu tulisan Alit

Paling sebal di saat kita janjian untuk ketemuan dengan harapan di sana gue bisa dengerin ketawa yang ada suaranya, bukan cuma emoticon semata. Tapi pada prakteknya, teman-teman gue malah pada nunduk, megangin gadget, senyum-senyum, dan meja kami hening. Misalpun gue nanyain tentang sesuatu buat buka topik obrolan, pertanyaan gue bakal dijawab satu menit atau dua menit kemudian setelah mereka kelar menjawab chat atau komen orang di social medianya. Don't you know it sucks when you realize no one cares when you're really there, and they get busy with someones who are not there?~Alitt


Yaa ini juga terjadi pada diriku. Teknologi mendekatkan yang jauh namun menjauhkan yang deket. Ketika aku kumpul dengan teman-teman aku ngerasa aku masih bisa menjaga kontak dengan jauh-jauhin hape dari tangan. Tapi.. hehehe.. kan ceritanya sekarang temen baikku, si Nenek Sihir kerja di Bekasi, aku di Jakarta.. Nah hampir tiap weekend ni orang maen ngobrak-ngabrik kosan aku. Huhuhu.. Karena aku biasa di kosan sendiri, kalo ada tamu yaa kadang di biarin aja terserah dia mau ngapain. Hahaha. Paling-paling biasanya nonton bareng sambil cerita ampe pagi terus nyuekin laptop dan astaga ternyata laptopnya udah muterin film yang sama ampe 3 kali. Hahaha.. (*jadi inget Oma. Nah, karena udah kebiasaan megang hape pas jam-jam temen-temen jauh belum pada tidur. Jadilah.. kayanya pas ada si nenek sihir ini aku megang hape terus. Uuuuh.. karena dasar udah nenek-nenek, jadi tidurnya cepet. Jadilah malem yang harusnya dipake buat cekakak cekikik.. malah jadi malam masing-masing. Maaapin yaa, temen.. Hehehe.. :D

Oke, kembali ke soal MKey Byee..
Menurut aku pribadi, ga ada hubungannya ya ? Hahaha..
Maksud aku si, yaa okeee.. bye buat semua list lama, saatnya bikin list baru. Jadi diri yang emang aku pengenin, bukan diri yang terbentuk dari rutinitas ataupun kebiasaan ga penting kaya terlalu sering pegang hape kaya aku tadi. Hikss..



Membuat list disini, ga hanya soal keburukan diri loh. Kamu bisa nulis cita-cita jangka pendek dan jangka panjangmu. Kalopun yang jangka pendek ternyata belum kecapai, artinya yaa ayoo ubah strateginya biar segera tercapai. Huuuuwwaa jadi inget Agus deh, dulu suka banget curhat ama dia soal impian jangka panjang atau pendek. Agus ini temen kuliah aku yang udah kayak abang sendiri kalo nasehatin aku. Ampe-ampe aku hafal kata-kata dia "Kamu tu ya kalo dibilangin kok selalu ngeyel". Hahaha..

Yaa intinya, aku pengennya bukan cuma soal kerjaan yang punya deadline. Tapi rancangan hidupmu juga donk. Hidup itu kan ga hanya lahir-belajar berdiri-belajar ngomong-sekolah-tamat-kuliah-kerja-nikah-punya anak-pensiun-punya cucu-mati.

Kalo endingnya mati, kenapa ga mati aja sekarang ? (*Sereeem..

Kalo bisa, apa yang kita lalui dalam hidup bisa jadi dongeng buat anak cucu kita nanti, bisa jadi bahan pembelajaran agar bisa jadi bahan pertimbangan untuk anak cucu kita nanti.
Kalo bisa, jangan hanya mengejar dunia. Kejarlah akhiratmu juga. Karena ketika kesepian mulai merajalela di hatimu.. Ketika kau punya beban yang ingin kau ceritakan.. Ketika kau punya impian yang tak terkatakan.. Ketika itulah harusnya kau mengadu pada Tuhanmu,, Trust me.. It works. Ketika kesepian datang dan tak ada temen yang bisa kau ajak bareng, kau masih punya sejadah yang selalu siap menemanimu untuk mengadahkan tangan.

Ketika kau merasa hidup tak adil dan beban yang kau pegang berat untuk kau tuntaskan.. Selalu ingat, Tuhan ga akan ngasih hambah-Nya cobaan yang ga bisa hambah-Nya selesaikan. Ngerti ga, itu artinya kita bakal lebih kuat dari pada kita yang sekarang. Jadi, tiap ngerasa kaya gini yaa tanamkan aja pikiran kalo kita ini kuat kok. Kita kuat dan pasti bisa.



Ketika kita punya harapan yang rasanya meluap-luap agar segera jadi kenyataan dan ga hanya jadi impian.. Ingatlah.. Dalam suratnya Tuhan pernah bilang.. "Jadikanlah Sholat dan sabar sebagai penolongmu". Jadi teruslah berusaha, teruslah berdoa, terus ikhtiar, namun ingat.. Tuhan juga pernah bilang "Boleh jadi apa yang kau anggap baik, tak baik untukmu Dan apa yang kau anggap buruk adalah yang terbaik untukmu. Tuhan Maha Tau apa yang terbaik untukmu". Ikhlas.. Belajar ikhlas untuk menerima kenyataan yang menyakitkan di awal. Karena di balik semua itu, ada hadiah besar dari Tuhan atas kesabaranmu dalam berusaha dan berdoa, serta keikhlasanmu untuk menerima. (*lirik diri sendiri, kapan aku bisa sabar ya ? kapan aku bisa serius berusaha ya ? kapan aku bisa ikhlas ? kapan aku ngerasa ga bingung untuk masa depanku ?

Ketika kita punya seseorang yang deket dan baik sama kita lalu dia hilang menjauh, pasti ada sedikit rasa sakit yang tertinggal di hati kita. Oke, aku jujur aja ya. Aku punya 7 temen yang udah kayak sodara sendiri. Kita bersahabat udah 7 taon. Diantara kita, ceweknya cuma ada 3 dan kita bertiga belum ada yang lulus sebagai cewek di mata 5 temen cowok kita. Akhirnya, 2 dari mereka jadian-nikah. Barulah 1 cewek lulus. Yeeeaaay.. Seneng banget, tapi ada sedih juga. Karena yang paling bisa aku temuin tu hanya temen-temen cowok (*yang cewek di Bandung, jarang ke Jakarta juga. Terus, sisa 4 cowo ini udah punya calon istri dan udah nentuin tanggal buat nikah.. Jadilah aku nelangsa.. antara senang dan sedih karena kalo jalan pasti pake label 'jalan ama laki orang' (*mana kalo jalan dulu suka berdua juga. Yaaa.. ga tau dari mana pas acara nikahan kemarin juga kerasa banget canggungnya, gimana kalo jalan bedua aja ? Terus ditambah kalo si temen ditanyain istri-istrinya, mereka pada ga mau ngaku kalo jalan bedua aja ama aku ? Hikss.. udah kayak selingkuhan ya aku ? Udah kayak pengganggu rumah tangga orang aja si ? Apa kalo aku kenal ama mereka setelah mereka nikah, kejadiannya bakal kayak gini juga ? Entahlah.. Kecanggungan ini, sepinya celotehan mereka di grup, jarangnya telponan, bikin aku ngerasa lebih-lebih dari kehilangan pacar. (*Hyaaa.. kaya punya pacar aja. Hahaha..



Well, Semua ada porsinya. Semua ada masanya. Semua punya perasaan. Hargai jugalah perasaan istri-istri mereka. Memang, aku yang duluan kenal, yang duluan deket, yang ngerasa "Loh kenapa ? Kita tu udah kayak sodara ?"

Mungkin kitanya aja yang belom nemu orang yang bisa menempati posisi kayak si istri-istri ini di hati kita. Mungkin juga cuma perasaan sementara karena kita ga ngerti harusnya di masa ini kitanya juga begitu. Hahaha.. Omongan macam apa ini ?

Ehem.. satu hal, temenan ama cewe kurang greget kayak ama cowok. Kebanyakan temen cewek asyik di awal, ngomongnya manis tapi di hati laen, dan melupakan di akhir. Nah, kalo ama cowok, mau ampe kapanpun, walopun omongannya bangke minta ampun, tetep aja jadi sahabat di akhir. Makanya kadang karena ada perbedaan diatas ama perbedaan yang saling melengkapi, jadilah cewek ama cowok itu bisa banget bersahabat baik. Hahaha.. tapi ini tergantung individu ya, ga semua cewek atau cowok kaya gitu. Malah ada cewek ama cowo yang temenan baik tapi malah si cowok di jadiin cadangan biar ada yang anter jemput si cewek saat cowoknya ga bisa. Paraaah.. Hahaha..

Mkeeey.. Byee..

No comments:

Post a Comment