Thursday, June 5, 2014

Day 4 #Palembang-Jakarta-Jogya-Lombok-Bali-Jogya-Jakarta 2 minggu aja

Lanjutan dari SINI


~Gilimanuk - Padang Bai (Bus, 5 jam),  Selasa 20 Mei 2014 #Day 4


Agak gimana gitu kalo inget gimana perasaan aku ketika udah nyampe di Bali. Penyebrangan sejam dari Ketapang ke Gilimanuk ga ngilangin deg-degan malah bikin makin mual karena ombak yang gede bikin kapal makin terombang-ambing. Seperti hatiku.. yang tau kalo si tante rempong malah ngerempongin.. malah bikin aku makin deg-degan. Banyak info yang aku baca kalau di Bali itu banyak scam dan orang-orangnya suka maksa. Lagi-lagi bermodal quote  "Ke Bangkok aja gue berani, masa di negeri sendiri ngeri", aku sok-sokan aja turun kapal. Melenggang pergi mencari dimana bis ke Padang Bai berada.

Yaap.. aku bertiga. Cuma rasanya bener-bener solo trip. Jadi pemandu sekaligus penjaga 2 cewek itu rempina ya.. Menanti-nanti kalo-kalo aja di kereta ama kapal ada yang bisa di ajak bareng cuma wacana. Hahaha.. yasudahlah namanya juga belajar, mengenal, dan melukiskan cerita baru lagi dalam perjalanan hidup ini. (*Weks.. sok berani.

Nyampe Gilimanuk sekitar jam 11 malem. Ngikutin tante rempong dan orang-orang dan ketemulah kita dibagian pemeriksaan KTP. Perlu di inget tiap masuk Bali bakalan ada pemeriksaan KTP. Kalo kamu ga bawa ??? Ya disuruh nyebrang pulang ke Ketapang lagi. Sedih kan ? Hiks.. Ohyaa.. dari Gilimanuk, perbedaan jam dimulai. Majuin 1 jam dari jam Jakarta ya.. WIB goes to WITA..

Nah, disinilah yang namanya pertualangan di mulai..

LET's create your own Story.. Your Adventure.. Your Experience.. 
Deg-Degan ??? I'm READY.. (*sok berani lagi..

Dari yang aku baca di blog tetangga, ongkos bis dari Gilimanuk ke Padai Bang itu sekitar Rp. 40.000-50.000. Berpegang pada info, aku ngasih Rp. 40.000 Eh di minta jadi Rp. 50.000. Yasudah yuk ah berangkat..

Kita naik bis bahagia. Namanya si ga menggambarkan keadaan bus nya. Gelep, kecil, agak pengap. Kita nunggu setengah jam - 1 jam sampe bus nya penuh. Ah padahal udah penuh tapi ga jalan juga. Dari info si bus nya baru ada jam 2.30 pagi gitu. Tapi jam 23.30 itu udah ada dan kita baru jalan jam 1 pagi sodara-sodara.

Oke. Disini masih aman. Awalnya aku duduk depan misah dari 2 temenku. Kemudian, karena ga enak jauh-jauhan dan takut mereka gimana-gimana, ada yang pindah duduk dan aku duduk di samping bangku Indah ama Yuni. Mereka si duduk berdua dan bisa tidur cantik di sepanjang jalan. Gue ??? Hahaha.. mana di belakang itu cowo semua, udah gitu ga ada tampang baik-baiknya.. Aku jadi nyoba ramah. F*** ternyata keramahanku membawa bencana. Hiks.. Sebenernya aku suka si ngajakin ngobrol orang baru tapi ga gini caranya, cuy..

Huff.. si tante rempong sempet rebutan bangku ama Indah dengan Yuni. Si tante rempong ternyata keukeuh mau duduk ama Mas-mas asli Lombok. Yaa, tampangnya lumayan baik lah. But, please dude.. I know where My destiny. Please, shut up.. Why did you told everybody on bus that we want go to Lombok.. F*** mom..

Pake bilang.. "Jagain ya, Mas.. Titip ya, Mas.. " (*kecentilan loh.. belom pernah di sodok pake sepatu apa ?
Pake bilang.. "Gagapa, ga usah takut.. yang penting niat kita baek.. bla.. bla.. (*bacot lu dipanjangin, gue sempelin ke bawa bangku juga lu !!!

Seisi bus tau, sodara-sodara.. Aku duduk disebelah mas-mas bertampang ancur deh. Kalo di gambarin ni orang udah dari chasing aja keliatan cocok di penjara ga keluar-keluar. Aku jujur aja bilang punya temen di Bali (*Oh.. Denny.. aku jadinya jalan sendiri juga di Bali.

Maksud aku ramah sama si penjahat sebenernya si biar dia tau aku ga buta-buta amat yaa. Biar dia tau si tante rempong cuma pengen mulutnya di sumpel pake kaos kaki. Biar dia tau aku ini bukan cewe bermental tempe yang ga tau apa-apa. Kalopun ga tau, aku masih bisa minta bantu Denny. Dan lagi.. 2 temen ku malah bener-bener masang tampang ga tau. Hello.. I told u before.. Just act like we always goes to Bali, Lombok. Ini penting buat bikin orang segan ngerjain kita. F***. Mataku ngantuk juga lama-lama. Mau merem tapi ni orang kok duduknya malah mepet mulu si. Udah gitu kepalanya mau deket-deket ke gue lagi. Ah.. di lorong bangku malah ada bapak-bapak yang duduk pake bangku tempel. Huuuf.. posisi yang sangat ga enak, mau geser ke kanan ada si bapak tidur. Mau diem disitu.. sempit gilaa.. 

Perlahan aku ngelirik ke dua cewe yang sedang tidur cantik di seberang bangku dibalik punggung si bapak bangku tempel. It's Okay.. Kalo mereka yang di posisi aku, pasti mereka minta pulang sekarang juga. It's Okay, Kaa.. Pagi hampir tiba.. Aku pun main dorong aja kepala tu orang tiap mau deket-deket. F*** F*** udah berapa makian yang aku ucapin dalem hati. Diem-diem sembari menahan mata, aku inget belum doa. Yaa Tuhaan.. kenapa aku bisa sampe lupa doa ?

Karena risih di tempel mulu, aku ngomong donk ke penjahat itu.
"Mas, bisa geser ga ?"
Dia pun ngegeser.

Haah.. mataku lelah juga. Tertidur bentar. F*** apa-apain ini aku ngerasa tangannya nempel di pahaku. Minta di ulek kali ya ni orang. Aku tarik donk tangannya. Aiih.. ngajak berantem tapi dia ramean ama temennya di belakang bangku aku duduk. F*** Musti cari cara aman. Masa iya besok aku masuk koran sebagai head news "Seorang cewek manis dikeroyok sama gerombolan si Brutal dari Donald Bebek" F*** Cari cara aman, Kaa.. Ga selamanya perjalanan itu mulus kan ? yang penting temenku ga kena deh.

Hiks. Cara satus-satunya ya tukeran duduk ama bapak-bapak bangku tempel. Tapi dia tidur, tapi kalo duduk situ kebayang pegel ya. 5 jam perjalanan loh. Ni bus baru jalan ngelewati jalan-jalan hutan yang gelep. Kalo aku cari masalah, bisa-bisa aku menghuni hutan itu. HUwwwaaa.. udah pengen ngambil boneka voodo aja ni buat ngerjain tu penjahat.. Mulut udah komat-kamit.. Huhuhu.. aku orang baik kok.. aku komat-kamit doa "Ya Allah.. jagalah diri kami ketika kami ga bisa jaga diri kami sendiri. " Di ikuti dengan bacaan-bacaan lain. Subhanallah.. disini aku baru ngerti arti cowok buat cewek itu apa. Selama ini pengen disamain dengan cowok, tapi kalo keadaannya gini mah mana bisa di samain. Huuff.. muncul lagi pikiran, kenapa aku ga lahir sebagai cowok aja si ? Biar aku aja yang lindungi cewek. Tapi.. yaa.. dari sini aku jadi ngerti juga.. betapa istimewanya menjadi seorang cewek. Oke.. pengalaman buruk ga selamanya jadi hal buruk kan ? Positifnya, sekarang aku bisa mensyukuri udah lahir sebagai cewek :D

~Padang Bai - Lembar (Nyebrang, 4 jam)

Yeaaay.. nyampe Padang Bai. Hati-hati deh disini juga. dari turun bus sampe ke pelabuhan Padang Bai agak rada-rada gitu. Ada calo keukeuh juga..

Jadi ya, si Mas yang namanya Mas Amrul (*akhirnya kenalan karena aku pengen banyak tanya tentang Lombok, sengaja bilang ke calo nya lagi nunggu temen biar si calo pergi. Tapi eh. si calo ngikuti sampe loket jadinya kita nunggu agak lamaan baru beli tiket ke loket. Harga kapal nya Rp 40.000.

Nyampe kapal kira-kira jam 5 subuh gitu. Abis sholat udah tepar aja. Cape banget ditambah mual dan kitapun tidur.

Sekitar jam 9, doski bangun. Aku ga nyia-nyiain kesempatan donk buat nanya-nanya.
Asyiknya backpackeran gini yaa kita bisa bersosialisasi dan mengenal penduduk asal, deg-degan si pasti lebih banyak, tapi justru pengetahuan dari penduduk asli bikin mata lebih melek dan dapet harga lebih murah tentunya. Belum lagi, siapa tau bisa ditemeni atau ditawarin jalan-jalan bareng. Bisa juga ni, ada yang nawarin nginep dirumahnya aja atau ngasih referensi dan bantu cari transportasi. Pokoknya nano-nanonya kerasa banget deh. Hehehe.

Aku di Lombooookkkkk #love #love

Ni mas-mas baik banget sumpaah !!! Berasa bener ada yang jagain kita di Lombok walopun doski ga bareng ama kita. Aku udah punya channel si nanti harus kemana-mana buat jalan di Lombok tapi dapet bantuan mah lebih bagus lagi.

Rencananya kita mau nginep di Senggigi yang sunset nya terkenal banget itu loh. Udah deg-degan ngebayangin sebagus apa si ? Gimana kalo di compare ama Sawarna ?

Si mas bantu kita nyari angkot ke Senggigi. Tadinya pengen ke Rumah Singgah  Lombok Backpacker yang di Jl. Bangil V No.6 BTN Taman Mataram. (Mas Dhan (Mataram - Lombok) XL: 081803647767). Itu free loh. Asyiknya malah bisa diajak jalan-jalan ala penduduk asal. Tapi sayang, kontaknya ga bisa di hubungi. Baru dapet kontak baru pas udah mau pulang dari Lombok. Yasudah.. lagian pengen ngincer sunset ini. Hihihi..

Dari blog sebelah dibilang kalo di Lombok itu lebih murah kalo ngaku-ngaku orang asli atau jalan sama orang asli Lombok. Bersyukur banget di bantuin ama Mas Amrul jadi tukeran no hape deh. Hehehe.

Yang nganter kita mobil carry gitu. Ongkosnya Rp. 30.000 sampe terminal Mandalika. Tadinya mau lanjut naik Damri ke Sengigi. Eh ama sopir nya malah ditawarin langsung ke Senggigi. Eh buset.. belum juga di iyain ama nego harga, doski langsung jalan aja. Mana terminal udah lewat lagi. Sengaja banget deh.. Tapi gapapa juga, dari harga Rp. 60.000 kita nego dikasih Rp. 55.000. Gapapa lah, kalo naik Damri juga Rp. 25.000. Selisih Rp. 5.000 doank.

Awalnya pengen cari hotel sendiri, tapi yasudah.. si bapaknya mau bantu cariin hotel. Dapet Hotel Ellen. Berhubung harga Rp. 150.000 permalam buat 3 orang plus berakfast sesuai ama kantong kita dan tempatnya lumayan nyaman, kita okein aja deh. Dapet free extra bed juga loh. Hihihi.. Si bapak sopirnya malah nawarin buat nganter kita besok, tapi yaa.. aku masih nyium mental calonya jadinya kita iya-iyain aja sambil basa-basi minta nomor hape.


Hotel Ellen Senggigi

Huff.. karena kecapean jadinya sunset senggigi ketinggalan. Duuuh... malah pada bangun jam 06.00 si. Masih jet lag. Walaupun cuma maju sejam, tapi efekny kena euy. Namanya pada males sesuain jam dengan jam lokal, alhasil rasanya terburu-buru selalu. Mau jalan jam 9 eh liat jam masih jam 8 jadinya santai. Duuuh... Duh....

Ohyaaa.. kalo mau cari oleh-oleh, lumayan lah beli mutiara imitasi Rp. 20.000. Kalo sama kotak plus Rp. 5.000

Mutiara Imitasi

Banyak kok, di Pantai Senggigi atau di sekitaran jalan juga banyak. Aku juga jadinya beli deh. Huhuhu.
Kalo mau kaos Lombok, Indah dapet 3 Rp. 50.000. Lumayan buat oleh-oleh. Kalo mau beli yang asli mah paling murah satu setengah jutaan. Duit dari mana eke ? Hiks.. Hiks..


Senggigi di pagi hari


Untuk pengeluaran kita di hari ke empat D4 adalah : #tanpa itung oleh-oleh
Bis Gilimanuk - Padang Bai
Rp.  50.000
Ferry Padang Bai - Lembar
Rp.  40.000
Mobil Carry Lembar - Senggigi
Rp.  60.000
Ellen Hotel Rp. 150.000/3
Rp.  50.000
Makan malem (*Nasi Goreng Seafood
Rp.  16.000
Lemon Tea 
Rp.    7.000
Total D4
Rp.  223.000

Nah, 2 hari setelah belanja barang imitasi yang awalnya dibilang yakin asli ama penjualnya (*penjualnya bilang kalo yang asli itu kalo digores terus dilap jadi mentereng lagi. #Ketipu tapi ga sakit-sakit amat lah. Hahaha..

Ternyataa..
Mutiara asli itu di bibit dulu.. di rawat sampe sekitar 6 bulanan baru nanti bisa di olah jadi perhiasan.
Mutiara yang asli itu banyakan warna putih
Mutiara asli itu jarang banget ada yang warna item
Mutiara asli itu ga ada yang warna pink (*Jleb.. mana beli yang warna pink banyak. Huhuhu..

Eits.. ada yang lucu disini.. Sore di Senggigi tiba-tiba ada yang nelepon.
Mas Taufik : "Hallo, dengan mba Tika ya ?"
Aku : "Ya, ini siapa ya ?" (*mulai jutek kalo ditelpon sama orang ga dikenal
Mas Taufik : "Ini Taufik temennya Mas Amrul. Butuh travel ga ?"
Aku : !@#$$%^^&**( masih bingung dengan kenyataan
Aku : "Oh.. ga, Mas.. kita butuh sewa mobil aja (*padahal sebenernya udah ada si
Mas Taufik : "Aku matiin dulu aja ya telponnya, nnati aku cariin dulu. Klik."
Aku : Bengong sampe akhirnya di sadari oleh Indah.

Mas TaufikX : "Mba, hubungi aja no ini. Tadi udah aku kasih tau. Dia bisa ngasih harga murah kok. Udah keluar dari travel. Jadi itungannya sewa mobil ama bensin aja."
Aku : masih speechless. "Ohh.. oke.."

Jeng.. jeng.. maunya si di cuekin aja. Tapi ada pikiran apa salahnya di coba. Gileee.. Mas Amrul yang kenal di bis bahagia kini bener-bener ngasih kebahagiaan. Haalllah.. Hahaha..
Belum juga sempet ngubungi no yang di kasih. Si Mas Taufik neleponin mulu. Karena ga enak udah dibantuin sampe segitunya. Akhirnya deal.. kita nyewa mobil dengan sopir ajaib untuk besok.

P.S : Orang Lombok baik-baik tapi kadang aneh-aneh juga. Si Mas Taufik ini lucu si. Ternyata Mas Taufik ini temen baiknya Mas Amrul yang telah mematahkan hati Indah dengan kenyataan kalo dia udah nikah. Hahaha..


1 comment:

  1. heii siapa yg PDKT coba,,,, yg ngobrol2 di kapalkan kw bik,,,hohoohho,, bilang aja yg patahati itu bibik Tika,,,,

    pake acara ngeles ak,..ahahhaah

    ReplyDelete