Thursday, June 5, 2014

Day 7 #Palembang-Jakarta-Jogya-Lombok-Bali-Jogya-Jakarta 2 minggu aja

 Lanjutan dari SINI

~ Bukan ke Lombok namanya kalo ga ke Gili Trawangan - Jumat 23 Mei 2014

Dan disinilah sebuah cerita terukir kembali..
Banyak yang bilang bukan ke Lombok namanya kalo ga ke Gili Trawangan. Awalnya si pas nyampe Lombok mau nginep disini langsung. Rute benernya kan Lembar - Bangsal -  Gili Trawangan. Tapi jadinya ke Senggigi dulu dan mutusin Gili Trawangan ini jadi our last destination karena pengen melahap sunset di Sengigigi, pengen puas-puasin di Lombok dulu, dan pengen nyoba fast boat langsung ke Kuta Bali juga (*ada aja alesannya ya, padahal hampir aja di ganti jadi ke Gili Sundak, Tangkong, Nanggu yang jauhnya bener-bener deh :P

Nah, Di Hotel Ellen kita nanya-nanya ama Mas Anto soal Gili Trawangan. Kita dapet Rp. 50.000/orang udah include boat yang bawa kita ke Gili Trawangan. Menurut aku murah si, soalnya kalo naek taxi bisa dapet Rp. 120.000 - Rp. 150.000. Itu belum termasuk tiket boat. 

Perlu temen-temen tau, di Lombok itu orang-orangnya fair. Jadi, misalkan udah masuk daerah wisata.. Sopir ga boleh ikut masuk ke dalem tempat wisata karena udah areanya guide. Gitu juga pas masuk bangsal.. Kira-kira 1 kilo sebelum masuk ke pelabuhan, kita ditanyain Mas Anto mau di anter sampe loket atau disini aja ? Kalo mau sampe dalem kita harus bayar Rp. 15.000 buat bayar abang-abang Andong karena ini udah area Andong. Bayar Andong ini ga masuk Rp. 50.000 yang kita bayar ke Hotel Ellen loh. Yasudah bayar Rp. 15.000 aja deh. Terus kita beli sendiri tiket boat ke Gili Trawangan Rp. 13.000.  Nah, nanti Rp. 50.000 tinggal di kurangi Rp. 13.000. Sisa itulah yang kita bayar ke Hotel Ellen.

Ohyaa.. Di Hotel Ellen kita dikenalin sama Mas Anto dengan HelenKebetulan dia lagi nginep di Hotel Ellen juga. Hahaha.. tadinya aku pikir Hotel Ellen ini punya Helen. Ternyata salah. Hotel Ellen ini punya orang Cina sedangkan doski ini investor asing asal Polandia yang punya bungalow di Gili Trawangan, seniman, pelukis, sekaligus pengusaha juga. Kita memanggilnya Mom. Mom ini baek banget. Kita ditawarin nginep di bongalow milik dia "Soundwaves". Tempatnya pas banget di depan penangkaran penyu. Kalo dari pelabuhan, jalan kaki sekitar 5-10 menit ke kanan. 

Dari soundwaves kita bisa ngeliat sunriseKita dapet harga Rp. 200.000 bertiga tapi ya bukan air tawar. Mandinya make air laut. Jadi yaa, licin-licin gitu deh :P

Karena doski seniman, art dikamarnya berasa juga. Dia suka melukis. Yang bikin aku jatuh cinta adalah.. dia melukis di kaos. Waktu aku ngobrol di tempat dia melukis aku langsung ber-Wow ria.. Hahaha.. Sayang aku cuma bawa duit pas-pasan jadi cuma bisa beli 1 kaos. Lumayan aku dapet potongan 50%. Seandainya aku bawa duit lebih aku pengen ikut kursus semaleman ampe pagi. Lumayan diajarin sampe kita puas. Emang si, palingan sempetnya cuma sampe mewarnai lukisan dan ga sampe perendaman kaos dan macem-macem. Soalnya untuk proses borongan sampe jadi dibutuhin waktu 3 hari. Ga mungkin banget mau ngurusin 1 kaos lukisan aku doank donk. Lebih rempong. Tapi berharga banget loh kalo punya pengalaman itu. Apalagi buat aku yang ga bisa melukis ini. Hahaha.. 

Nah, Yang nanti ngajarin Mas Topo. Mas Topo ini asli Jogya. Dulunya dia usaha di Jogya tapi sekarang udah diambil alih sama temennya yang biasa jualan di Bringharjo. Mas Topo si sekarang bareng ama Mom di Lombok. Aku salut deh ama ni orang. Dia suka jalan-jalan ke luar sambil mengenalkan budaya Indonesia. Dia si bilang pengen ke Thailand sambil bawa batik Indonesia yang dilukis sama dia, sambil jualan juga. Dia juga pernah ikut pameran lukisan. Duuuh.. bisa kenal sama dua orang ini bikin semangat menggebu-gebu biar bisa lebih dari mereka juga.

Yuni exist di Soundwaves

Kamar di soundwaves

Di soundwaves kita bisa nyewa sepeda. Katanya si harga normal Rp. 50.000. Lupa deh per jam atau seharian. Yang jelas, kalo dari Soundwaves kita di kasih diskon Rp. 30.000 seharian. Huuh.. tapi karena di Soundwaves kehabisan jadilah nyewa di depannya Soundwaves dapet Rp. 35.000 seharian (*disewain ama orang soundwaves nya.

Kita juga bisa booking snorkling dari soundwaves juga. Dapet Rp. 100.000. Di anterin ama orang soundwaves nya ke tempat snorkling. Untungnya yaa glass boat yang kita pake ada talinya. Jadi bagi yang ga bisa berenang kayak kita bisa ngegantung di tali dan ngelilingi boat-nya. Huwwaaa.. gapapa lah.. masih indah juga kok (*nguatin hati, masih Alhamdulillah karena boat lain ga ada talinya. Bersyukur banget masih bisa nyemplung daripada cuma ngeliat dari kaca di boat doank. Hehehe..

Kita jalan dari jam 10.30-15.30 WITA. Disini Yuni ga berani ikut jadi cuma aku sama Indah yang ikut. Ga ada yang bisa berenang si.. Tapi.. Seruuuu..
Maya bay di Phuket mah jaaaauuuuh.. Lombok the best lah :D

Akuu loh ini. Hihihi..
Glass boat
Glass Boat

Jadi ada 4 kali snorkling. Yang pertama, kedua, dan ketiga dilakuin sebelum jam makan siang. Disitu kita masih bisa main-main deket boat. Sedih juga si ngeliat bule-bulenya udah berenang jauuuu. Terus aku kenalan ama cewe Italy. Huwwaa.. jadi makin pengen ke Italy. Hahahaha.. Harapan tinggi yey..

Karena aku ga yakin kalo ilang disana bakal ada yang nyariin, jadilah aku cuma ngegantung di deket boat. Berenang juga si diajakan guide nya. Ditanya..
Guide : "Kamu udah pernah snorkling kan ?"
Aku : "Iya, Mas.."
Guide : "Kok masih takut-takut ?"
Aku : "Karena aku ga bisa berenang." (*dalem hati, kalo gue ilang disini apa kabar ? Kan mas-mas nya juga sibuk ama bule-bule. Kalo ada yang gue kenal si.. Okaaay.. Huhuhu..

FYI : Waktu di Phuket, aku si bareng ama temen yang bisa berenang jadi ikutan berenang. Hehehe.

Nah, abis makan siang kita ke the best point. Cakeeeup sumpah..!!! Pengen lama-lama. Pengen ga pulang-pulang. Disinilah kita ketemu kura-kura raksasa.. Sayang ga bisa moto.

Sebenernya ada cerita yang bikin aku pengen nangis terus lompat dan mengucapkan betapa tak adilnya hidup ini (*lebay

Jadi, waktu di tempat ke empat ini. Kita dikasih tau kalo ini best place. Para bulenya di ajakin benerang dari jauh, terus baru sama-sama ke point tempat kura-kura raksasanya berada. Kebayang donk betapa kecewanya aku. Ditanyain ama mas guide nya mau gimana. Aku ??? Aku ga berani karena bulenya berenangnya cepet. Sedang aku, buat maju aja ga gerak-gerak. Ditawarin bareng ama mas guide nya. Tapi ngelirik Indah, kita sama-sama hopeless. Yaudah kita menghibur diri ngeliat glass, pura-pura happy. Yaiyalah happy. Udah ngeliat bawah laut yang indah banget walaupun cuma ngegantung di boat. Hahaha..

Dan jeng..jeng.. mungkin karena terlalu sibuk dengan rasa kecewa. Kita ga ngeh kalo di bawa boat ke point place juga. Yeay yeaay.. Gapapa deh.. Gapapa..

Kita nyemplung.. Ngeliat penyu atau ga.. yang penting nyemplung..

Eh mas guide nya ngebawa aku ke tengah.. Senangnyaaa.. Senangnyaaa.. ditunjukkin penyunya sama mas guide.. Subhanallah cantik banget disini..

Kura-kura raksasa. Nemu di google
Terus akhirnya aku sama Indah pegangan. Nyoba inget-inget kata Faris ama Putra gimana caranya berenang. Yook ah.. gerakkin kaki kayak nendang air dan kibasin tangan kaya ikan Pari. Yeeeaaaay... gerak loh.. tapi malah banyak nabrakin bule aja. Hahaha..

Ohyaa.. cuma aku ama Indah yang pake life jacket. Ada si 1 cewe Asia. Kayanya orang Vietnam atau Cina gitu. Cewe itu juga baik. Pas kita nabrakin bule dia ngebantuin kita. Bule yang laen ? Sibuk sendiri deh.. Beda ama bule-bule di Maya Bay yang baik-baik mau pada bantuin. Hehehe.. 

Hm.. ga ada pelampung loh.. perlengkapan snorkling itu terdiri dari life jacket, kacamata snorkling, air mineral 600 ml, ama fin (*kaki katak. Nah, kalo ga bisa berenang jangan pake kaki katak yaa nanti malah ribet. Dulu si katanya banyakan yang pake makan siang. Harganya Rp. 125.000 tapi karena para bule ga mau makan, entah ga sesuai lidah atau gimana.. jadinya sekarang banyak yang ga pake makan siang lagi. Kalo mau beli makan siang si beli aja di depan penyewaan alat snorkling. Nasi bungkus gitu. Kalo ga salah namanya nasi payung. Rp. 10.000. Udah kenyang kok. Kalo mau beli minum yg 1 Lt Rp. 7.000. Yang 600 ml Rp. 5.000. Disana air mineralnya rata-rata merk Narmada ya.

~ Sunset Gili Trawangan


Sunsetnya masih bagus Malimbu loh. Dari Soundwaves tinggal ambil kanan ikutin jalan aja. Nanti ada hotel Sunset gitu kalo ga salah. Sewa sepeda aja kalo mau kesana, kalo jalan kaki jauh.

Sunset Gili Trawangan

Sunset Gili Trawangan, di potoin mas bule

Lucu nya ya.. pas kita lagi poto-poto kita ngelirik bule gitu. Eh langsung disamperin terus ditanya mau dipotoin ga ? Sure.. Sir.. Sure.. Hahaha.. jadi deh dipotoin bulenya.. Big Thanks, Sir :P

Udah deh pulang.. Bersih.. Bersih.. Terus cari makan malem..
Hm.. kalo mau cari makan jangan di deket-deket hotel yaa. Selain rada mahal, makanannya banyak makanan bule. Yang aku heran dari Lombok, ga di Senggigi, ga di Gili Trawangan.. makanannya malah banyakan makanan bule. Rada susah nyari makanan khas. Musti ke Mataram dulu kalo mau cari makanan khas.

Nah, kalo di Gili Trawangan.. Dari pelabuhan jalan aja terus ke kanan nanti ada tempat khusus makanan Indonesia gitu. Bukan makanan khas Lombok juga si. Palingan ada Soto, Nasi Goreng, Gorengan, lauk-lauk ayam, ikan tapi minumnya Wine. Hahahaha.. Ada air mineral juga kok. Ngeliat bule nyampurin coca cola ama Wine rasanya pengen nyicip juga tapi ga boleh ya.. Huhuhu..

Tapi.. Hm.. kita ga motoin tempatnya.. Jadi langsung aja ke pengeluaran hari ini yaa..
Mobil dari Senggigi ke Bangsal
Rp.     50.000
Andong Bangsal Rp. 15.000/3
Rp.       5.000
Snorkling 
Rp.   100.000
Makan Siang Nasi Bungkus Cumi
Rp.     10.000
Air Rp. 7.000/2
Rp.       3.500
Sepeda
Rp.     35.000
Dinner Rp. 25.000 + Minum Air mineral Rp. 5.000
Rp.     30.000
Total D7
Rp.     233.500

No comments:

Post a Comment