Saturday, December 28, 2013

Telinga Berdengung Terus-menerus Tanpa Henti (Tinnitus) Bisa Jadi Karena Kelelahan

Waktu itu aku emang lagi agak sibuk, banyak pikiran, dan ga bisa tidur relax. Setiap bangun pagi, badan masih terasa capek banget. Hari-hari terasa seperti masalah yang ga pernah bisa diselesaikan. Pusing dan ga bebas untuk bersenang-senang. Dikit-dikit migrain. Kepala terasa enteng hanya ketika rebahan dengan bantal. Lalu tiba-tiba telinga mengeluarkan suara berdengung yang mengganggu. Awalnya aku kira ini dampak dari kebiasaanku yang sering mendengarkan lagu dengan earphone, dengan volume yang sangat kencang.

Pelan-pelan ku tinggalkan earphone. Tidak ada yang berubah, telingaku masih berdengung. Dan ketika sedang berada diruangan hening atau saat malam hari ketika ga ada suara bising, dengungan itu mulai mengganggu dan membuatku ga bisa tidur. Penasaran dengan apa yang sedang terjadi dengan diriku, keesokan harinya aku berniat untuk ke dokter THT.
Tapi, sudah menjadi kebiasaanku untuk browsing sana-sini sebelum ke dokter. Aku sering melakukan ini karena menurutku menyamakan persepsi dengan dokter itu penting dan ketika ada solusi yang bisa dapatkan tanpa dokter, kenapa harus ke dokter ? Atau ya, aku juga takut di tipu dokter. Hanya karena aku bukan dokter, bukan berarti aku ga bisa memperbaiki kondisi tubuhku kan ?
Setelah browsing sana-sini, akhirnya kutemukan kemungkinan bahwa aku menderita tinnitus, yaitu penyakit kuping berdengung dalam waktu yang lama.

Penyebab penyakit ini adalah :
  1. Genderang telinga terkena lendir alias ingus saat pilek.
  2. Genderang telinga ditempeli kotoran telinga karena sering di bersihkan dengan cottonbud, maka kotoran telinga yang harusnya dikeluarkan malah terdorong kedalam dan mengakibatkan tinnitus.
  3. Kerusakan syaraf pada telinga.
  4. Karena ada gangguan pada otak, dan mengakibatkan otak mengeluarkan suara berdengung.
  5. Iritasi pada telinga
Parahnya, untuk penyembuhannya sangat susah dan bahkan ga bisa karena kesulitan untuk mengetahui sumber penyebabnya. Ada banyak orang yang hidup bertahun-tahun dengan tinnitus, bahkan ada situs yang menawarkan alat seperti mp3 player yang dapat mengubah bunyi berdengung menjadi suara gemercik air sehingga dapat membantu orang yang menderita tinnitus untuk tidur.

Waw.. Sangat mengejutkan ketika mendapatkan kenyataan bahwa mungkin nanti aku harus menggunakan alat bantu dengar atau mp3 player seperti itu. My life is gonna end ? Ga ada lagi tidur nyenyak ? Waw.. sekali lagi aku cuma bisa bilang Waw untuk diriku yang ga bisa menjaga diri sendiri.
Namun ternyata ada solusi lain yang aku temukan, ada yang menyarankan untuk olah raga secara teratur, istirahat yang cukup, kurangi aktifitas dan makan makanan bergizi, kemudian jangan terlalu hiraukan tinnitus agar ga membuat stress.

Alhamdulillah, mungkin karena kondisi tubuh yang memang butuh istirahat akhirnya aku ikutin solusi diatas. Udah pasrah juga seandainya aku memang ga bisa disembuhkan lagi. Berharap teguran ini akan membuatku menjadi berhati-hati terhadap kondisi tubuhku. Aku istiharat 2 hari, tidur yang cukup dan melupakan aktifitas ketika waktu istirahat tiba. Dampaknya, aku menjadi lebih relax dan ga terlalu stress lagi. Ajaibnya, malam-malam berikutnya, suara dengungan itu ga terdengar lagi dan aku mendapatkan tidur yang berkualitas. Alhamdulillah Tuhan..

Tetapi, suatu ketika aku mulai sibuk memikirkan kerjaan lagi, stress mulai menghampiri dan lagi-lagi suara berdengung itu mengganggu kenyamananku. Dan benar kata blog ini, telinga berdengung berhari-hari tanpa henti dikarenakan karena otak kelelahan memikirkan masalah, stress, dan karena tubuh butuh istirahat namun dipaksakan untuk tetap beraktifitas.

Solusi untuk menyembuhkan tinnitus adalah :
  1. Berusaha menenangkan diri, walau kuping terus berdenging
  2. Berusaha tidak memikirkan masalah apapun
  3. Relax 
  4. Makan makanan bergizi
  5. Jangan tidur larut malam alias begadang
  6. Hindari sementara suara yang keras
  7. Jika penyebabnya tinnitus adalah karena iritasi pada telinga, maka gunakan obat tetes telinga yang mengandung Chloramphenicol 
Yang paling tau batas kemampuan, tubuh kita adalah diri kita sendiri. Ketika kita menyadari bahwa tubuh mulau lelah, ga ada salahnya memberikan jedah untuk istirahat. Ingat kawan, hal kecil bisa menjadi besar. Kelelahan ataupun stress bisa menjadi awal penyakit yang lebih serius. Sayangi tubuh dari sekarang. Belajarlah memahami diri sendiri karena hidup bukan untuk bekerja dan menghabiskan jerih payah kita untuk berobat. Tubuh dan pikiran yang sehat adalah harta yang paling berharga yang ga boleh kita anggap remeh. Syukuri nikmat Tuhan dengan menjaganya sebaik mungkin, bukan dengan meng-ekploitasinya habis-habisan lalu memperbaikinya di akhir kemudian.

12 comments:

  1. Jangan anggap remeh jika telinga anda berdenging, karena bisa berdampak pada tuli. Dari referensi yang gw baca ada baiknya, dari sekarang, hindari stress yang berkelanjutan dan jangan biasakan mendengarkan lagu menggunakan handphone dengan headset berlama-lama, karena rangsangan suara yang berkelanjutan dapat menimbulkan kelelahan saraf pendengaran sehingga menyebabkan tinitus dan gangguan pendengaran.
    Sumber:udoctor.co.id

    ReplyDelete
  2. halo mba, apakah telinga nya masih berdengung.

    ReplyDelete
  3. Hi Mas Danton,
    Sudah ga lagi, mas..
    Kayanya waktu itu emang karena stress dan kurang istirahat

    ReplyDelete
  4. terimaksih mba, ditunggu info berikutnya.

    ReplyDelete
  5. hi mba. saya mahu tanya , adakah telinga sudah baik? kerana saya sekarang sedang mengalami telinga berdesing di sebelah kiri. saya memang kuat stress. bagaimana mba menangani nya?

    ReplyDelete
  6. Saya kalo lagi stress atau kecapean biasanya telinganya masih suka berdengung
    Istirahat yang cukup aja, waktu tidurnya coba dibenerin
    Mendingan tidur cepet, bangun pagi terus baru ngapa-ngapain pagi harinya dari pada begadang tapi bangun siang biar lebih enak badannya :D

    Coba mulai olahraga kaya sepedaan atau lari, bisa ngurangin sakit kepala ama stress juga loh
    Makanannya juga dibenerin dikit-dikit

    Ohyaa satu lagi, jangan dibawa pusing.. istirahat yaa istirahat aja
    Nikmati Me Time :D

    ReplyDelete
  7. Apa nama obat tetes telinganya ? Dan tetes berapa kali sehari ? Terima kasih.

    ReplyDelete
  8. sudah hampir 8 bulan saya kena, Dokter THT nyaranin makan buah dan olah raga. Sampai sekarang masih bunyi eee.....(e = entok) di telinga kanan, kadang di kepala bagian belakang. kalo bisa tidur nyenyak, bunyi bisa berkurang, seperti suara jangkrik. Sekarang makan buah sudah, cuma olahraga belom. Jika lagi emosi misalnya gaduh sama orang , bunyinya makin kenceng. tolong saran atau share TIPsnya biar saya cepat sembuh.

    ReplyDelete
  9. kurangin begadang, mas..
    istirahat yang bener
    jangan banyak pikiran

    saya kalo kecapean dan kurang tidur biasanya masih suka kambuh-kambuhan

    ReplyDelete
  10. Sdh 3 minggu telinga sy mendenging kadang pelan kadng kuat ,di periksa ama dkr THT ama SYARAF di ponis vrrtigo apakh bs sembuh ya mb tinnitus st

    ReplyDelete
  11. Mudah-mudahan bisa sembuh, mas
    Saya juga ada vertigo. Kayanya emang berhubungan juga, mas
    Biasanya saya kalo kecapean atau kurang tidur atau banyak ngemil, kepala suka muter-muter lagi sampe mual. Kadang telinga yang berdenging.

    Kata dokter saya vertigo ga bisa sembuh total tapi kalo kita bisa menjaga, vertigo nya ga akan kambuh

    Coba aja jam tidurnya dibenerin, pola makan dijaga, jangan banyak ngemil, kurangin jajan jajanan ama gula, makan buah ama sayur, sama rajin olahraga; kaya lari misalnya. Kalo saya lakuin itu, biasanya berkurang dan ga lama hilang dengingannya.

    ReplyDelete
  12. beneran ya gabisa sembuh? oiya apakah tinitus ini bisa menurun ? soalny ayah saya juga bilang kalau di telinganya ada suara mendenging seperti jangkrik gitu. terus saya juga kayak gitu udah lama rasanya udah 1 tahun :'(

    ReplyDelete