Saturday, December 28, 2013

Duit dan Kebahagiaan

Yaa.. gue suka banget baca tulisan Alit yang ini. Sesuatu yang juga gue pelajarin akhir-akhir ini.. Duit.. 
Memang, semua orang butuh duit. Namun, antara bahagia karena duit dengan bahagia karena memang bahagia itu beda banget. Kata Alit, duit itu cuma mampu menciptakan kesenangan, bukan kebahagiaan.
Dan akhirnya gue copas lagi tulisan Alit buat ngingetin gue saat gue mulai takabur dan lupa dengan apa yang sebenernya gue butuhin.

Loh? Apa bedanya KESENANGAN dan KEBAHAGIAAN Litt??
IMHO, Kesenangan itu.. Hal yang bisa bikin elo ketawa.. lalu akan sirna setelah hal itu udah gak ada.. Sedangkan kebahagiaan itu, sebuah perasaan yang bisa bikin elo tersenyum.. Tapi akan membuat elo tersenyum kembali, kelak saat elo membayangkannya lagi.. Ntah itu 1 tahun lagi, 10 tahun lagi, atau sampe kapanpun selama elo bisa mengingatnya..
Contohnya kayak apa Litt?
Kesenangan itu tercipta saat elo bisa mendapatkan sesuatu yang elo pengen. Contohnya elo punya duit.. terus elo bisa beli gadget kesukaan elo.. Elo bakal ngerasa senang kan pastinya.. Dan seiring berjalannya waktu, elo bakal bosen sama gadget itu.. Lalu kadar kesenangan elo pun bakal semakin berkurang dan berkurang..
Sedangkan kebahagiaan itu tercipta dari hal-hal di luar lingkup finansial. Contohnya elo punya sahabat yang solid, kenal elo dari hal paling jelek sekalipun, selalu ada buat elo, sering jalan bareng ke mana aja.. Seperti kata pepatah,
"Seorang sahabat nggak akan ngebiarin elo bertindak bodoh... sendirian".
Nah, dari semua hal yang pernah lo lakuin bareng sahabat elo itu, sebodoh apapun itu, sememalukan apapun itu, pasti kelak, 1 taun, 10 taun atau kapanpun kalo elo mengingatnya lagi, elo pasti bakal bisa tersenyum.. Itulah makna kebahagiaan buat gue.. Sebuah perasaan yang akan selalu membekas secara manis di hati, dan selalu bisa dirasakan lagi hanya dengan mengingat moment-moment itu kembali. Dan itu tidak terpatok di dunia persahabatan doang, bisa dalam hal gaya hidup, keluarga, dan lain-lain.. Tadi cuma contoh simpel aja..
Yang gue pelajarin selama gue hidup di Jakarta, gue mendapat terlalu banyak kesenangan, dan hampir tanpa kebahagiaan. Mungkin sebagian dari kalian bakal ngerasa bingung, apa maksud dari kata-kata gue tadi.
Kenapa Alitt gak bahagia? Kan dia di Jakarta punya banyak duit?
Kenapa Alitt gak bahagia? Kan dia di Jakarta bisa beli ini itu?
Kenapa Alitt gak bahagia? Kan di Jakarta dia udah dianggep kembaran Vicky Nitinegoro? (ngarep)
Yap.. Di Jakarta, Alhamdulillah, secara finansial gue mulai berkembang. Yang dulunya dompet cuma berisi jimat pelet gocengan dan poto kopi KTP, sekarang jadi ada isinya.. Dari yang dulunya kalo jalan pake kaos kucel jarang di setrika, sekarang jadi pake kaos yang disetrika.. But again.. Gue cuma ngerasa seneng di situ.
Kenapa? Karena gue kesepian.
Mungkin yang udah pernah baca #SKRIPSHIT, pasti tau quote ini,
"Nggak ada orang yang paling malang di dunia ini, selain orang yang bersahabat dengan kesepian".
Yes.. I am.
Gue hampir nggak bisa nemuin temen-temen yang loyal kayak di Jogja. Temen yang ngeliat gue sebagai seorang Alitt. Temen yang nggak minta buat ngetweet-pic kalo lagi jalan bareng. Temen yang nggak menuntut buat dihibur kalo dia lagi sedih, seolah-olah gue ini badut ulang tahun. Temen yang nggak maksa mentionnya dibales lewat BBM. Gue rindu sahabat-sahabat gue yang nyata.

Dulu sempet ada beberapa temen yang mau deket sama gue, pas awal-awal gue hidup di Jakarta. Tapi lambat laun, mereka terkesan menjauh. Temen-temen di Jogja pun mungkin juga udah mulai menjauh.

Loh? Kenapa?

Gue mencoba buat introspeksi diri.. Dan yeah.. Akhirnya gue menemukan kesalahan gue.. Gue udah hampir lupa dari mana gue bermula. Gue mulai menggunakan uang gue untuk hal-hal yang kurang berguna. Tanpa menyadari betapa susahnya beberapa tahun lalu buat gue ngumpulin duit sejuta.

Selain itu, gue juga nyadar kalo gue mulai suka riya'. Mulai suka ngomongin duit ke mereka. Mulai suka nyeritain prestasi-prestasi yang gue dapetin, tanpa memikirkan gimana kalo gue jadi mereka. Betapa angkuhnya gue dengan segala kesombongan gue. Gue hampir lupa kalo itu semua cuma titipan. Dan sekarang gue baru sadar. Nggak ada lagi yang bisa gue pamerkan, karena udah nggak ada lagi yang mau deket sama gue tanpa menutup telinga. Mungkin mereka sudah risih dengan tingkah gue. Guys, money might change its' currency.. But don't let it changes you..
Endingnya, No matter how much money I've got, semua berasa hambar. Kenapa? Karena gue nggak bisa menikmati duit itu. Kenapa? Karena gue ngerasa sendirian. Semua duit itu di mata gue sekarang cuma terlihat seperti sekedar tumpukan angka. Gue nggak ngerti mau buat apa. Maaf.. sekali lagi maaf, gak ada maksud riya'. Tapi itulah isi perasaan gue..
You know.. Recently.. I feel like I'm cursed by easy-money..
Perbandingannya kayak gini:
Dulu di Jogja, setiap kali gue pengen beli novel, gue kudu nabung seminggu atau 2 minggu buat beli tuh novel.. Setelah tuh novel kebeli, gue bakal ngebacanya dengan perlahan.. menikmati setiap halaman.. karena gue tau sebanyak apa gue kudu berkorban.. Buat beli novel itu..
Tapi setelah di Jakarta, gue mau beli novel, sekali beli 3 biji. Nggak mikir berapa harganya, pokoknya dibeli.. Sampe akhirnya, novel-novel itu numpuk di kamar sekarang, tak terjamah.. Karena gue gak terlalu banyak berkorban buat beli novel-novel itu.. Yap.. This is the curse of easy-money..
Dari contoh di atas, quote yang pernah gue bilang, "Kesederhanaan itu adalah kemewahan sejati di mata Tuhan", masih benar adanya.. Semakin sedikit yang kita punya, semakin bisa juga kita menghargainya..
Nah, dari apa yang udah gue alamin.. Gue pun akhirnya bisa nyimpulin.. Duit itu ternyata kayak kupu-kupu. Semakin agresif gue mengejarnya, semakin jauh juga dia terbang untuk menghindar dari gue.. Tapi di saat gue menikmati aktivitas yang gue suka, tanpa melihat apa yang bakal gue dapetin setelahnya, tau-tau "kupu-kupu" itu hinggap sendiri.. Bahkan, saat gue cuekin "kupu-kupu" itu, dan tetap melakukan aktivitas yang gue suka, malah bertambah banyak "kupu-kupu" yang hinggap..
Yang logikanya adalah, makin getol kita ngejar duit, dan kalo apapun yang kita lakukan didasari dengan tujuan biar berduit, biasanya Tuhan malah bakal menjauhkan rezeki itu dari kita. Tapi saat kita melakukan hal yang kita suka, tanpa banyak memikirkan urusan finansial di belakangnya, tapi lebih fokus buat ngasih manfaat buat sesama, Tuhan malah udah menyediakan upah yang di luar dugaan kita.. Intinya sih, gimana kita bisa "memantaskan diri" di depan Tuhan. Sudah pantaskah gue dititipin rezeki? Sudah pantaskah gue dititipin popularitas? Tergantung pada usaha kita sendiri, karena Tuhan juga nanti yang menilai. Yah, Itu sih dari apa yang udah gue alamin yah..
So, sesuai bab terakhir di buku "SKRIPSHIT", gue pernah bilang kalo gue bakal kembali ke dunia perkuliahan setelah tabungan gue cukup, maka gue udah mutusin.. Bulan depan (1 Juni 2012) gue bakal balik ke Jogja, dan melanjutkan perjuangan gue melawan musuh besar gue, Skripsi. I have to finish what I've started.
Tapi Litt, di Jakarta kan kesempatan lo lagi bagus-bagusnya, gak mau nunda lagi? Jadinya tabungan lo ntar bakal lebih banyak kan?? Hayooo..
Hmm.. Kalo ngikutin nafsu sih gak bakal ada habisnya.. Selalu dan selalu kurang.. Tapi buat gue, Insyaallah tabungan yang sekarang udah cukup kok.. Lagian akhir-akhir ini gue udah ngerasa ada perubahan dalam diri gue.. Gue mulai sombong, riya', dan gak kayak dulu lagi.. Dan gue mulai ngerasa nggak nyaman dengan perubahan ini. Gue sadar, sekarang gue lagi dikasih "ujian kemudahan" sama Tuhan. Dan sekarang gue cuma mau berusaha biar nggak takabur aja.. Gue udah pernah janji, sudah selayaknya gue tepati.. Gue udah janji bakal balik ke kampus kalo tabungan gue udah "CUKUP" buat kuliah tanpa kerja sampingan kayak dulu-dulu, bukan janji bakal balik ke kampus kalo tabungan gue udah "BANYAK". Soal gimana ke depannya kelak, gue selalu percaya, Tuhan akan selalu bertanggung jawab atas segala keadaan hamba-NYA.
So, sekarang gue udah ngerasa cukup. Kadang tanpa kita sadari, dikasih cobaan kesusahan sama cobaan kemudahan itu ternyata lebih berat kalo dikasih cobaan kemudahan. Saat Tuhan ngasih lo cobaan kesusahan (misal dikasih masalah, dikasih sakit) elo bakal mendekatkan diri kepada-NYA dan memohon ampun. Tapi, saat elo dikasih cobaan kemudahan, (misal duit banyak), biasanya elo bakal makin khilaf dan takabur.. Terhanyut dalam kemudahan-kemudahan itu, sehingga elo lupa, itu semua dari siapa. Itu yang lagi gue coba buat hindarin. :)
Dan dari itu semua, yang lebih gue rindukan adalah moment-moment kayak maen PS sama temen-temen gue, anak-anak penjaga parkir pasar yang suka maen ke kost gue. Nongkrong di kantin, bareng adek-adek kelas gue. Begadang dan gitaran rame-rame, bareng temen-temen sekost gue, atau sekedar ngobrol-ngobrol di trotoar kali Code sambil menikmati kopi di sana. Jujur, pas nulis paragraf ini gue tersenyum. Karena kebahagiaan-kebahagiaan yang pernah gue alamin, terlukis di paragraf ini.
Yap.. Itu aja sih yang mau gue share ke kalian, guys.. Bukan.. Gue bukannya gak suka tinggal di Jakarta.. It feels like, I don't belong here.. Kota ini sangat berkesan.. Memberi banyak pelajaran.. Menunjukan apa itu kehidupan.. Sayangnya, gue ngerasa nggak nyaman.. Jadi, keputusan gue udah bulat.. Per 1 Juni 2012, gue bakal pindahan ke Jogjakarta, dan kembali menjalani kehidupan gue dulu yang lebih berwarna. Terima kasih buat kalian yang udah mau nyisihin waktu buat baca curhatan gue ini. Semoga, tulisan gue kali ini, ada sedikit manfaatnya buat kalian juga. :)
"Kadang, uang nggak bisa membeli kebahagiaan-kebahagiaan yang tercipta dengan cara sederhana" 

"Dan gak ada orang yang lebih miskin di dunia, selain orang yang menilai segalanya dengan angka"

Thanks to all of my friends in Jakarta who have taught me how to be a better man. You guys made me realise that I still have so many things to learn about this life. I'm gonna' miss you guys! :)

No comments:

Post a Comment