Tuesday, December 31, 2013

Apa lo bahagia ? Apa si yang lo cari ?

New Year !!!
Udah 2014 aja.. Ga kerasa waktu berjalan dengan cepat. Sedikit yang gue rasa setelah baca copas dari SINI membuat gue pengen bagi tulisan ini.


"Apa lo bahagia dengan hidup lo ?"
Pertanyaan itu mengalir dari seorang teman deket, yang sekarang jadi "agak jauh"

Dipikir-pikir, dirasa-rasa, kayaknya perasaan bahagia itu jauh banget. Gue cuma bisa diem. Ga bisa jawab. Ga ngerti bahagia yang gue cari itu bahagia yang gimana. Ngobrol dengan teman lama sambil cela mencela di telepon kayak gini yang sebenernya bikin gue bahagia, kekosongan yang selalu gue coba isi dengan kesibukan langsung penuh seketika. Akhirnya gue menggeleng seakan baru bangun dari hidup gue dan menjawab "Ga. Gue ga bahagia."

Percakapan itu membuat gue inget dengan omongan seorang teman lagi.
"Apa si yang lo cari ?"
Gue diem lagi. Lagi-lagi ga bisa jawab.

Gue mengatas-namakan kebahagian untuk orang-orang terdekat gue, beralasan dengan menyibukkan diri maka kesepian yang gue rasa bisa hilang. Tapi, sebenernya bukan itu yang gue inginkan.

Gue kerja. Makin lama, kesibukan gue dengan dunia kerja mengambil waktu buat gue sendiri, buat keluarga gue, buat temen-temen gue, dan buat orang-orang terdekat gue. Duit yang gue terima makin lama makin bertambah. Namun, justru kebahagian itu makin terasa berkurang. Gue.. bahkan lupa gimana harusnya bersikap di depan temen-temen gue. Pola hidup gue berubah. Gaya hidup gue pelan-pelan ikut berubah walaupun gue udah nyoba untuk nahan diri biar ga ikut-ikutan dengan gaya hidup orang sini. Gue mulai mencari kesenangan dengan ikut-ikutan nonton konser, beli gadget mahal, travelling, makan di tempat mahal dan banyak lagi. Gue ngerasa omongan gue mulai sombong dan ngerasa udah hebat aja. Apa itu juga yang ngebuat gue pelan-pelan jauh dari teman-teman dekat gue ? Gue rasa iya. Terus apa gue puas dengan apa yang gue lakuin ? Apa itu semua bisa membuat gue bahagia ? Ga. Makin lama hidup gue makin ga jelas.


Gue terjebak dengan kesibukan yang gue ciptain sendiri. Lagi-lagi itu karena gue ga bisa bagi waktu juga. Ketika gue pulang ke kosan, pengen nyoba nelpon salah satu keluarga atau temen.. yang ada mereka udah terlelap. Ketika mereka yang pengen ngubungin gue, yang ada gue nya masih kerja. Dan gue sering banget di nasehati agar ga memporsir diri dengan kerjaan. Terus salah gue, kalo dengan kerjaan gue jadi lupa dengan kekosongan yang gue rasa ? Ya. Gue salah.

Ketika gue coba dial no telpon nyokap gue, ngobrol ama kakak gue, adek gue, sepupu gue, sahabat-sahabat gue bahkan orang baru yang gue kenal.. Gue mulai ngerti bahagia yang gue cari itu kayak apa. Memang, ga selamanya yang gue obrolin sama mereka itu sesuatu yang bikin gue seneng. Adakalanya gue nangis-nangis di depan mereka atau mereka ngebuat gue diem karena ga bisa bantu nyeleseiin masalah mereka. Tapi.. itu lah yang memberi warna dalam hati gue. Membuat gue ngerasa gue memang benar-benar hidup dan masih punya rasa.

Seseorang pernah bilang ama gue, "Lo harus bahagia dulu sebelum lo bisa bahagiain orang lain. Walaupun pada kenyataannya lo lebih milih kebahagian orang lain dari pada diri lo sendiri. Ada banyak cara kan ? Tugas lo nemuin caranya." (di edit dikit ye biar kalimatnya manis. Hehe.)


~Seneng bisa datang ketika semua yang lo inginkan terjadi. Namun apa yang lo inginkan itu bisa jadi nanti ga lo inginkan lagi, ga ngebekas di hati. Seneng bisa jadi ketika lo berhasil nyelesaiin kerjaan lo dan ngasih penghargaan atas jerih payah lo dengan ngasih diri lo barang yang lo mau, atau jalan-jalan sendiri. Namun, seketika hilang sensasinya ketika lo berhasil mendapatkan penghargaan yang lebih dari itu.

~Bahagia bisa datang dari hal-hal kecil namun membekas lama di hati, Membuat kita tertawa dan tersenyum ketika mengenangnya, memberikan ruang tersendiri di dalam hati. Ketika bahagia udah lo pegang erat, apa lagi yang lo cari ?

Well, sekali lagi ketika temen gue nanya "Apa lo bahagia ?" Gue pengen banget jawab. "Ya. Gue bahagia". Bukan bahagia dengan pikiran-pikiran positif yang gue coba tanamkan pada diri gue, tapi bahagia yang memang benar-benar datang dari hati gue.

No comments:

Post a Comment