Wednesday, February 12, 2014

Pertanyaan-pertanyaan harian/mingguan untuk direnungkan


Jujurlah pada diri sendiri (lebih banyak merenung)

  • Apakah minggu/hari ini benar-benar menyenangkan dan sesuai dengan yang aku inginkan ? Apa yang dapat membuat esok hari.minggu depan benar-benar bisa sesuai dengan hatiku ? 
  • Sudahkah minggu ini aku tampil sebagai sosok pribadi yang aku inginkan ? Sosok seperti apa yang akan aku tampilkan esok hari/minggu depan ? 
  • Sudahkah aku mengikuti kata hatiku sekarang ? Apa sebenarnya yang dimaksud dengan mengikuti  kata hatiku ?
  • Bagaimana aku dapat mempraktekkan rahasia ini secara lebih intensif minggu depan ?

 

Jangan ada penyesalan (Mengambil resiko lebih banyak) 

  • Apakah aku bertindak karena rasa takut hari ini/minggu ini ? Bagaimana agar aku lebih berani ? 
  • Sudahkah aku bertindak dengan penuh keyakinan dalam minggu ini ? Bagaimana agar aku bersemakin yakin pada semua tindakanku ?
  • Langkah apa yang aku ambil sekarang kalau aku harus bertindak atas dasar keberanian dan bukan ketakutan ?
  • Perubahan apa yang akan kuambil sekarang jika aku merenenungkan hidupku dari kacamata orang tua yang duduk termenung di beranda dan mengenang masa lalunya ? Apa aku menyesal ?
  • Bagaimana aku akan merespo kegagalan-kegagalan sekarang ? Ini kemajuan atau kemunduran ?
  • Bagaimana caranya aku menjalankan rahasia ini lebih efektif ?

Jadilah cinta (Meningkatkan cinta kasih)

  • Sudahkah aku bersikap baik dan penuh kasih terhadap orang-orang terdekatku ? Bagaimana caranya agar aku bisa lebih menyanyangi mereka esok hari ?  
  • Sudahkah aku menebarkan cinta dan kebaikan kepada semua ? Sudahkah aku berusaha menciptakan perbedaan bagi orang-orang asing yang kutemui ? 
  • Apakah aku menghabiskan waktu bersama orang-orang yang dapat memacu semangatku ? 
  • Sudahkah aku menunjukkan cinta kasih kepada diriku sendiri hari ini ? Apakah aku menghipnotis diriku sendiri dengan pikiran-pikiran negative ? Bunga atau rumput liarkah yang ku tanamkan ke dalam pikiran sadarku ? 
  • Bagaimana caranya aku menjalankan rahasia ini lebih efektif ?


Jalani hidup dengan sepenuh hati

  • Ignore what they are talking about !!! (Nikmati hidup)
  • Sudahkah ku jalankan semua tugasku dengans epenuh hati ? Apakah aku benar-benar hidup hari ini/hanya menjalaninya tanpa arti ?
  • Sudahkah aku meresapi sepenuh hati semua yang kudapatkan hari ini ? Apakah aku melangkahkan kaki dengan penuh kesadaran/hanya berlari membabi buta ?
  • Apa saja yang aku syukuri hari ini ? “Masihkah aku berkata aku pasti bahagia seandainya … “ ? Sudahkah aku memilih untuk menjalani hidup dengan sepenuh hati ?
  • Sudahkah aku menjalani hidupku dengan total/justru aku membiarkan masa laluku atau hari esok mencuri kebahagiaanku hari ini ?
  • Sudahkah aku bangun dengan mengucapkan syukur atas karunia yang aku dapatkan hari ini ? 
  • Bagaimana agar aku bangun dengan mengucapkankan syukur atas karunia yang kudapatkan hari ini ?
  • Bagaimana agar aku bisa menjalani hidup dengan sepenuh hati ?


Lebih banyak memberi

  • Sudahkah aku mengubah dunia menjadi tempat yang lebih baik walaupun hanya dengan melakukan hal terkecil hari ini ?
  • Sudahkah aku inatkan diriku sendiri bahwa aku telah menciptakan perubahan meskipun aku tak menyadarinya ?
  • Sudahkah aku banyak bersikap dermawan dan pemurah hari ini ?
  • Bagaimana agar aku lebih banyak memberi ?
  • Bagaimana agar aku bisa meningkatkan kemurahan hatiku besok/minggu depan ?

Untuk minggu depan aku akan lebih…
Apapun kesalah yang aku lakukan..
Berapapun kesalahan dan penyesalan yang menghantuiku..
Tanamkanlah satu pohon baru hari ini juga..

Sumber : Catatan 2009

No comments:

Post a Comment