Wednesday, January 6, 2010

Degree Degree Degree

Degree Degree ? Segitu pentingnya kah?
Hah.. kau menyudutkanku lagi, degree. Sungguhkah hanya karena kau setiap manusia jadi bertambah tingkat derajatnya ?
Nilai tinggi, banyak uang, cantik, kaya. Apa cuma itu yang dilihat oleh manusia ?
Dasar manusia.. Menciptakan paradigma dengan seenaknya saja. Ga pernah bisa apa mengkondisiin dirinya sendiri di posisi orang lain ?

Ah.. kesel banget deh gw..
Begini ceritanya..

Kring.. Kring..
(Telepon di angkat oleh seseorang)
Ga lama..
"Tikaa, dipanggil pakde ke lantai 3."

Tok.. Tok..
(Gw membuka pintu dan masuk. Duduk dengan manis sekaligus dengan perasaan deg-deg ga jelas)
"Kamu itu lulusan dari mana?" (sambil memegang transkrip nilai yang gw punya)
"***, pak."
"Itu apaan ? Ga ada degree nya yaa ? terus kamu ni setingkat apa ? bukan juga akademi kan ? bukan D2 ?"
(Wew.. baru juga duduk, pak. Udah diserbu ma pertanyaan segitu banyaknya.)
"Iya, pak."
"Lalu pendidikan formal terakhir kamu apa ? Kalau ini kan ga bisa dibilang pendidikan formal. Ini kan sejenis kursus kan ya?"
Iya, pak" (gw sendiri ga tau musti jawab apa kecuali 'Iya, pak')
"Kamu selama disini gimana ? bisa ngikutin ga ? apa ada kesulitan ?"
"Saya bla.. bla.. bla.." (gw nahan nafas buat ngejawabnya.)
"Ydah. Kamu lengkapin dulu ijazah formal kamu. Berarti ijazah SMA kan ya? Baru nanti kamu kasih ke saya lagi."
"Iya, pak." (ah gw bingung musti jawab apa lagi.)

Sret.. gw tarik kesimpulan; gw dinilai ga mampu kerja cuma karena gw ga punya degree. Hello.. What's Up ?
Ngeselin ga si ?
Oke cuma gw doank yang ga punya degree di kantor itu.
Tapi gw juga study jauh-jauh dari Palembang ke Bandung buat nyari ilmu.
Oke gw ga ngerti semua yang dipelajari di informatika. Tapi apa salah gw kalo tempat gw study di tutup ?
Ah pada ga mikir deh yang punya tempat gw study. Gw ga bisa bayangin betapa banyak nya duit yang dihabiskan. Ga bisa ngerti gimana pikiran mereka semua. Kenapa mereka ga ngasih sedikit bantuan buat kita-kita yang bernasib sama ?

Paradigma ya paradigma. Untung aja bos gw baek banget. Masih ngasih kesempatan buat gw dan support gw biar ga give up.

Catatan ni buat yang mau kuliah..
Jangan masuk kuliah cuma karena nama besar deh.
Jangan sia-siakan waktu kuliah. Kembangin ilmu yang didapet, jangan mau dipandang enteng ma orang-orang sekitar.

Cukup dah cukup. Mereka mau bilang apa silakan. Gw kesel dinilai gitu mulu. Sebenernya gw juga minder kalo ditanya kayak gitu. Yaa yaa.. lecutan yang sangat terasa. Mungkin peringatan buat gw karena akhir-akhir ini gw ga pernah serius kerja.
Makasi, pakde.. I Promise to serious ^^

Jakarta, 6 Januari 2010

Tikaa

No comments:

Post a Comment