Friday, September 18, 2015

[Lumajang Part I] This is that I want the most !!! Bukit 2900 mdpl

Hi Guys..

Tau kan bahagia itu gimana ?
Ketika lo mimpi mau nginjakkin kaki di suatu tempat yang sepertinya mustahil lo datengin, terus akhirnya mimpi lo dikabulin plus bonus-bonus yang makin memperindah mimpi lo jadi satu cerita yang ga mungkin lo lupain. Bener ? Iya, karena gue ngalamin sendiri gimana rasanya sempurna ketika mimpi lo itu sedang lo saksikan pake mata lo sendiri, bukan dengan memejamkan mata terus berharap mimpi itu hadir dalam tidur lo malem ini. Hehe. Lebay ? Iya kali. Tapi emang itu yang gue rasain ketika akhirnya gue berangkat juga ke Lumajang 4-6 September 2015 kemaren. Share cost, yang berangkat 17 orang. Kita ngumpulnya di stasiun Malang. Yeeeaaaaay.. My life is so perfect !!!


Lumajang tu dimana si ?


Lumajang itu nama suatu desa di daerah Malang. Kalo naek kendaraan pribadi atau sewa angkot/mobil kira-kira 3 jam perjalanan dari stasiun Malang.


Gimana caranya ke Lumajang ?


Tanggal 4 September kemaren gue naek kereta Matarmaja dari Pasar Senen ke Malang. Perjalanan memakan waktu selama 17 jam. What 17 jam ? Iya. Karena gue milih naek kereta ekonomi. Kenapa ? Karena gue hanyalah seorang cewek yang suka nge-trip tapi ga punya modal banyak, yang cuma bisa sewa bantal 5 ribuan di kereta biar ngerasa naek kereta eksekutif. Hahaha.

Emang ga ada jalan laen ? Tenang, teman. Ada banyak cara mencapai Malang. Lo bisa naek kereta eksekutif kisaran 500 ribu, kereta bisnis 200 ribu - 300 ribu, pesawat langsung ke Malang 800 ribu atau naek pesawat ke Surabaya (Juanda) dulu - dari stasiun Sidoarjo naik kereta ke Malang (perjalanan 2-3 jam), atau bisa juga naek bis dari Terminal bis Bungurasih, atau naik taxi ke Malang (sekitar 400 ribuan) atau kalo ramean sewa mobil sekelas avanza sekitar 500 ribuan.

Nah, dari Malang ke Lumajangnya naek apa ? Hehe. Kita kemarin sewa angkot Malang-Tumpang 350 ribu, terus nyewa jeep per-harinya 1 juta. Jadi, dari Tumpang kita naek Jeep cuss ke Lumajang.

Sebenernya untuk menghemat budget, kita bisa sewa motor tapi kebayang lah gimana rasanya patah pinggang. Huee.. Soalnya tujuan kita itu deket dengan Semeru. Dari Ranu Pane kira-kira 2,5 jam kalo cepet. Kalo lagi ga cepet yaa lebih dari itu. Huehuehue..

Kemana aja si kita ?

Bukit 2900 Meter Diatas Permukaan Laut (mdpl)


Atau yang kita kenal dengan B29 masih merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Tingginya melebihi tinggi gunung Bromo (2900 mdpl), makanya rasanya lebih dingin dari pada Bromo . Brrrr.. Tapi, kalo yang aku rasain.. Kalo dibandingin sama Gunung Prau yang mempunyai tinggi 2565 mdpl, dinginnya Gunung Prau terasa lebih menusuk. Padahal kata penduduk, 3 hari terakhir ini suhu lagi minus. Hmm..berdasarkan pengalaman aku, kita ga bisa membandingkan mana yang lebih dingin kalo ga lagi di waktu yang sama. Kenapa ? Karena temen aku pun ada yang ngerasa lebih dingin Prau dari pada B29, tetapi ada juga yang ngerasa lebih dingin B29 dari pada Prau. Who's the correct one ? Hmm.. lebih baik rasain sendiri deh :p

Nah, karena kemarin ada beberapa orang yang datengnya telat, perjalanan kita jadi molor 2 jam. Yang harusnya jam 9 pagi udah jalan, jadinya jalan jam 11. Fyuuh.. ga bisa makan siang di Pura Senduro deh. Hiks.. Gapapa.. perjalanan ini masih panjang. Hehe.

Pura Senduro. sumber : google

Sebagai ganti ga jadi ke Pura Senduro, kita mampir buat poto-poto di Pertigaan Jemplang. Dimana si Pertigaan Jemplang ? Itu loh.. Pertigaan Bromo - Semeru. Kalo gue ga salah, Kalo ke kiri ke Bromo, Kalo ke kanan ke Semeru. Pas kemaren, ga tau kenapa arah ke Bromonya di tutup.

Hmmm.. Poto-poto disini bagus loh.. Kalo ga percaya, cek deh poto dibawah ini. Hihihi.

Pertigaan Jemplang

Nah, karena sama-sama ga tau, baik sopir Jeep nya ataupun kita ataupun guide lokalnya, maka.. Jeng.. Jeng.. ada cerita lucu disini :p. Sebenernya ceritanya bukan dari Jeep gue, tapi dari Jeep mba Teri. Kayanya yaa kalo ga gue ceritain sayang aja dilupain. Hihihi.

Numpang ngexist di Jemplang. Hihihi..

Jadi, kayanya kita kelamaan di Pertigaan Jemplang. Terus yang rencananya mau sunset-an di B29, yang ada malah kemaleman di jalan. Hehe. *cengar-cengir.

Perbedaan waktu Lumajang dengan Jakarta bukan diliat dari jam, tapi dari posisi matahari. Lumajang setengah jam lebih dulu dari pada Jakarta. Kita jalan jam 4an dari Pertigaan Jemplang ke B29. Gue kira deket yaa.. Ternyata 2,5 jam itu jauh loh. 2,5 jam itu baru nyampe ke Desa B29, belom sampe ke atas bukitnya.

Selama perjalanan, bapak yang bawa jeep gue orangnya emang berani banget. Posisi jeep kita paling depan. Kalo keliatannya si doi yang jadi leader jeep. Nah, yang bawa jeep nya mba Teri dkk ini ternyata adik iparnya, yang juga punya kepribadian yang terbalik 180 derajat dengan doi. Oke.. Cerita di mulai..

Jalanan sempit yang ngepas bange ama body jeep

Sekitar jam 5 sore, keadaan mulai berkabut. Kanan kiri hutan semua. Sepi. Jarang banget kita nemuin kendaraan lain lewat selain truk-truk sayuran atau perkebunan. Jarum jam bergeser sedikit. Jeep terus melaju naik. Si bapak jeep bilang, kalo siang dari sini keliatan awan. Wow.. Dan gerimis mulai turun membasuh kabut di jalanan. Tapi.. Di jeep sebelah..

View oke tapi serem juga

Pak Jeep sebelah      : "Aduh, Saya ga bisa liat, Pak. Gerimisnya mulai deras, Pak"
                                     (ngomong ke semua orang di dalem jeep)
Mba Teri dkk            : "Ya udah, sini tak sampoin biar kacanya lebih bersih"
                                     (gosok-gosok sampoh ke kaca depan mobil)
Pak Jeep sebelah      : "Ini lap-nya"
                                     (nyodorin kain yang nyatanya bekas oli)
Mba Teri dkk            : "Wah.. Pak.. Piyeh iki ? Makin kotor kacanya. Coba pake odol ya"
                                     (pelotot-pelototin odol ke kaca mobil depan)
Orang-orang se-jeep : "Horrraaaay... Bersih.. Coba, Pak.. Nyalain wiper nya"

~ Dan kemudian hening. Wipernya mati

Orang-orang se-jeep : "Jangan panik, Pak. Ada karet ga ? atau apa gitu ?"
Pak Jeep sebelah       : "Ga ada, Pak" (makin panik)
Orang-orang se-jeep : "Kita coba minta ke warga aja, Pak"
                                      (terus di kasih karet ama tali rafia ama warga)

~ Dan karet diiketin ke wiper terus disambung pake tali rafia

Si Bapak yang orang nya panikan jadi bingung sendiri, tiap jalan berkabut tebal.. Si bapak kelabakan nyari klakson.
Orang-orang se-jeep : "Sini... sini... Aku yang tarik wiper. Kamu yang pencet klakson. Bapak fokus                                         nyetir aja"

~ Dan akhirnya kegaduhanlah yang terjadi di sepanjang perjalanan

Orang-orang se-jeep : "Wiper... Wiper... Wiper...."
                                    krek.. krek.. krek... krek..
                                    (sambil narik rafia yang di iket ke wiper)
Orang-orang se-jeep : "Klakson... Klakson.. Klakson..."
                                     tititititititititit..... titititititititit..... titititititititititit.....
                                     (sambil mencet-mencetin klakson)
Orang-orang se-jeep : "Awas... Awas... Pak..."
                                     (teriak-teriak sambil megangin Pak Jeep)

Hahaha.. bisa dibayangin kan gimana gaduhnya jeep sebelah ? Tapi tepok tangan deh buat kekreatifan mereka. Plok-plok-plok..

Jurang dipingir jalan

Nah, sekitar jam setengah 8 malam, kita sampai di Desa B29. Desa B29 sama-sama berasal dari suku Tengger, suku yang sama dengan Bromo. Tetapi, warga di Bromo masih menganut Hindu, sedangkan warga desa B29 udah percampuran dan udah banyak juga yang menganut Islam. Yang gue heran, rumah-rumah warganya ga ada yang punya horden. Keliatannya cuma rumah-rumah besar aja yang masang horden. Tadinya gue pengen nanya, tapi kok yaa lupa yaa. Huhuhu.

Dari pintu awal masuk desa, udah banyak ojeg yang ngikutin kita. Ternyata dari desa ke bukit lumayan juga, bukan soal jauhnya aja tapi keadaan jalannya yang bikin spot jantung. Sebelumnya aku pernah baca ada yang naik ke B29 pake jeep. Tapi kemarin kita di peringatin kalo agak susah kalo naek pake jeep. Jalannya sempit, kanan-kiri jurang yang tinggi, belokan-belokan yang ekstrim (pas siangnya aku baru nyadar ada belokan yang 90 derajat. Gilaaa.. keren banget yang bawah jeep), udah malem, jalan berpasir debu banget yang bikin susah jalan, dan yaaa harus berani nekad. Wowww.. tepok tangan lagi.
Belokan jalan yang kalo kepeleset langsung ke jurang

Dan sodara-sodara.. Sebenernya jeep kita tu ga dikasih ijin buat naek. Yaa.. gue ngerti si serem kalo nekad bawah jeep. Tapi karena kita orangnya banyakan dan udah malem, rasanya kalo ngojeg dari bawah agak kurang gimana gitu. Akhirnya setelah nego panjang kita disuruh bayar 30 ribu/orang (dengan berbagai cara akhirnya ojeg nya mau. Yeeeaaay..). Tarif normal ojeg sekarang sekitar 60 ribu - 150 ribu (kata bapak yang bawa jeep). Ohyaa.. untuk tiket masuk gue lupa berapa, kalo ga salah 5 ribu - 10 ribu deh.

Belokan parah hampir 90 derajat

Jeepnya tetep ga bisa naik sampe tempat kita nge-camp. Jalan dikit barulah kita sampe di camp (motor bisa naek, tapi tetep serem juga). Pas awal dateng, jalannya berasa banget nanjak dan capenya, tapi pas turun ga kok. Ada beberapa temen cewek yang akhirnya malah naek ojeg keatas. Gue si jalan kaki ikutan geng cowo-cowo. Jadi berasa juga capenya. Huhuhu. 

Disini ada warung loh. Toilet juga ada di deket warung, Huwaaa.. padahal udah sembunyi di semak-semak. Hiks..Hiks.

Tapi, yang ga gue suka disini.. Baik dari awal gue masuk desanya atau pas nego atau di warung, kerasa banget komersilnya. Yaa si.. ini pariwisata baru, belom banyak yang tau.. Tapi, kok yaa jadinya kayak ga welcome.

Tadaaaa..
Akhirnya tenda udah kepasang.. makan malem juga udah.. Waktunya liat bintang-bintang, nyari milky way. Hmm.. kesan pertama.. Udah di wanti-wanti ama warga kalo 3 hari kemarin suhu sampe minus, tapi ak ga ngerasa kedinginan sedingin Prau. Bintang-bintangnya juga ga sejelas Prau, mungkin karena kalo ngeliat kebawah.. lampu-lampu rumah warga juga keliatan. Dan yaa.. bedakan yang namanya bukit dengan gunung yaa. Hehehe..

menjelang sun rise

lautan awan

semeru dikelilingi awan

Awan yang bertebaran dimana-mana

Temen-temen yang lain bilang dingin sampe ga bisa gerakin tangan. Hmm.. mungkin juga karena pengaruh lagi capek kali yaa jadi ngerasa lebih dingin. 

wow.. putih-putih..

Yang camp lumayan banyak, tapi ga banyak-banyak banget. Tenda kita pas di posisi sun rise. Yeeeaaaay.. So far, Gue lebih cinta Prau. Tapi, B29 juga bagus banget kok. Sensasinya wiiiih.. spot adrenalin. Belom ada yang nandingin. Hihihi. Ada background gunung Semeru yang sekitar jam setengah 6 mengeluarkan asap. Kalo jalan dikit, keliatan savana bromo (yaaa.. yang sejenis itu lah, aku lupa apa namanya. Hehehe). Sekali lagi, Prau ama B29 ga bisa dibandingin yaa.. Gunung ama bukit beda :D

Mataharinya masih malu-malu ih..

It's amazing sun..

Sun rise nya bagus banget yaa.. wow.. wow.. Rasanya untuk sementara pengen banget waktu berhenti disini. Hihihi..

Hmm.. kalo seandainya kalian milih naek motor kesini.. siap-siap yaaa..
Selain harus siapin mental liat jurang yang tinggi, kalian juga harus siap jadi putih ? Putih ? Mau donk ? Hahaha.. maksud gue, lo siap-siap aja nyiapin keril lo, jaket, sepatu, dan kawan-kawan menjadi putih ama debu. Pas kemaren gue kesana ada juga yang pake motor, gue cuma geli aja liat mereka yang dari ujung kaki sampe ujung rambut berubah jadi putih kayak fossil berjalan. Plus sayang banget kalo peralatan tempur jadi hancur karena debu. Hehehe..

Nah, kawan.. Next Air Terjun Tumpak Sewu


No comments:

Post a Comment