Saturday, September 19, 2015

Persiapan ke Gunung.. Yeeeaaay...

Yaa.. gue emang bukan pecinta gunung yang udah mendaki banyak gunung. Gue cuma anggota Pencinta Alam sewaktu kuliah, tapi malah ga pernah ikutan naik gunung. Hahaha.. Ironis ya ? Padahal gue dulu bendaharanya dan gue udah ikutan pencinta alam dari SMA. Ck.. ck.. ck..

Tapi, walopun gitu.. Gue udah nginjakkin kaki gue ke gunung yang gue impi-impikan. Gunung apa ? Gunung Sahari ? Gunung Agung ? Hahaha.. Gue pengen banget ke Gunung Prau, sobat. Dan gue berhasil kesana. Yeeeaaay !!! Yup.. Gue ketagihan pengen mendaki lagi dan gue cinta banget ama Prau. Bagus banget !!! Ceritanya bisa lo baca disini Hehehe..

Nah, dari pengalaman gue ke Prau kemaren, gue pengen sharing apa dibutuhkan ketika lo mau naik gunung. Mungkin masih banyak yang kurang, tapi tolong dimaklumi yaa.. Saya masih newbie naik gunung. Hihihi..

Persiapan yang perlu dibawa


  • Tenda, makin rame orang di dalam tenda makin hangat..
  • Sleeping bagLo harus pake serapet-rapetnya biar anget. Kalo bisa muka juga dimasukkin. Hehehe. Ada beberapa bahan yang gue tau, tapi yang biasa dijual dan dipake orang-orang adalah; polar, dracon, polar + dracon. Bahan polar enak, panasnya lebih cepet. Bahan dracon katanya lebih hangat tapi butuh waktu sekitar 15-20 menit biar panasnya merata. Selain itu, bahan dracon biasanya lebih tebal, lebih berat dibawah dan kalo basah lebih lama keringnya. Bahan polar + dracon biasanya lebih mahal. Harga rata-rata sleeping bag  150 ribuan, tapi ada harga ada kualitas. Ga salah kalo lo beli yang lebih mahal kalo lebih hangat. Tapi, sekali lagi.. tergantung kebutuhan. Kalo untuk gunung tropis kayak di Indonesia, kayanya yang 150 ribuan juga cukup. Karena ada aja gunung yang ga sedingin gunung Prau, malah bikin keringetan kalo pake sleeping bag yang hangat. Ohyaa.. ada lagi, bentuk sleeping bag ini ada 2; mumi dan tikar. Bentuk mumi ini emang lebih rapat kalo dibandingin dengan tikar. Tapi.. harganya lebih mahal dan lebih tebal juga. Gue pernah nemu yang harganya 900 ribuan. Wow.. woww.. Gue si lebih milih 900 ribu buat beli keril atau sepatu gunung ketimbang buat beli sleeping bag. Hehehe..
  • Matras, ada 2 tipe; yang biasa sama yg aluminium. Yang biasa juga ada yang ringan dan ada yang tebel, tergantung kebutuhan aja. Terus pilih yang biasa atau yang aluminium ? Hmm.. kalo aluminium bisa dilipat dan  masukkin ke dalam keril, lebih hangat tapi.. lipatannya kalo udah lama suka mengelupas. Yang biasa lebih tahan lama, ringan juga si tapi ukurannya gede karena cuma bisa digulung.
  • Kupluk, coba cari kupluk woll yang dalemnya bahan polar
  • Kaos kaki woll, wajib biar anget
  • Sarung tangan woll, kalo waktu gue di Prau kemarin, diatas jam 7 malem dinginnya mulai menusuk. Kalo lo ga pake kupluk dan menghangatkan diri pake kaos kaki dan sarung tangan, gue rasa lo bakal ngerasain kaya gue.. Kepala gue rasanya sakit kayak di iris-iris karena anginnya.
  • Jaket bahan polar atau sejenisnya, tapi jangan bawa yang bulu angsa. Ribet tau.. udah jaketnya tebel, makan space tas, udah gitu kalo kotor nyucinya susah.. musti di laundry. Kalo ga, nanti bulunya rusak (gue ngeri aja si kalo bulunya rusak. Hehehe). Jaket ini ada juga yang wind proof ama water proof. Water proof udah pasti wind proof , tapi wind proof  belom tentu water proof.
  • Masker, di Prau jalanannya debunya parah, berpasir. Ga separah Semeru si, tapi kalo jalan musti ada jarak ama orang di depan ama belakang lo. Jalan pelan-pelan kakinya di angkat, jangan di seret. Kasian orang di belakang lo kena debunya. Susah nafas ama perih mata kena debunya.
  • Tumbler atau tempat minum yang tutupnya rapet. Kalo sleeping bag  lo ga anget-anget banget, lo bisa akalin dengan masukin air panas ke dalam tempat minum lo, terus masukkin ke dalem sleeping bag pas lo mau tidur. Air panas ini bakal bantu mengalirkan panas ke sleeping bag sehingga tubuh lo ga kedinginan.
  • Coklat atau kurma sebagai nutrisi pembangkit energi. Kurma lebih cepat meningkatkan energi, apalagi kurma yang manisnya asli.
  • Senter + batere cadangan, dingin lebih cepet menghabiskan daya batre loh. Akan lebih enak kalo lo pake senter kepala yang punya cahaya LED dan kuning. Senter kepala atau head lamp kan dipasang di kepala, jadi tangan lo bisa bebas buat pegangan atau apa lah. Hehehe. Ohyaa.. Kalo lo ga punya head lamp dan kalo gunung yang lo daki sering berkabut, lebih baek pake senter kuning. Kenapa ? Karena cahaya LED ga bisa menembus kabut.
  • Tisu basah + kering buat bersih-bersih dan setor-setor. Hahaha..
  • Obat-obatan pribadi kaya minyak angin, tolak angin
  • Sun block biar kulit ga terbakar dan perih
  • Sepatu gunung, tergantung area track. Tapi akan lebih nyaman pake sepatu gunung dari pada sendal gunung karena selain lebih melindungi kaki dari kerikil dan debu, bisa lebih menghangatkan kaki
  • Kantong plastik, buat tempat sampah atau baju kotor. Kalo misal suhu gunung lagi dingin, bisa juga buat bungkus barang-barang biar ga basah karena dingin.
  • Tetes mata, karena udara yang kering bisa bikin mata lo kering dan iritasi ringan
  • Lip care, udara kering bisa bikin bibir lo pecah-pecah
  • Topi, biar ga kepanasan. Hehehe..
  • Long john, kalo lo ngerasa butuh. Long john ini ada baju ama celana. Cukup anget. Tapi, karena long john ini menyimpan panas tubuh di dalamnya. Jadi, kalo lo ga ganti dalam 1-2 hari, badan lo bisa gatel-gatel karena keringet yang nempel di Long john nya, dan kalo musti bawa banyak Long John ? kayanya menuh-menuhin tas deh.
  • Persediaan minum yang cukup, teknik minum waktu muncak adalah dengan minum seteguk demi seteguk. Jangan glek.. glek.. glek.. kayak kita minum biasanya.. Selain karena menghindari haus terus, minum yang dijaga juga bikin kita ga gampang pengen pipis dan juga menghindari berat karena harus bawa air banyak-banyak. Yoi kan ? :D
Nah, sebenernya masih ada lagi kayak tempat makan, kompor, nesting, makanan, dkk.. Tapi silakan didiskusikan sama tim lo aja, gue cuma paparin kebutuhan pribadi. Hehehe..

Persiapan Fisik


Olahraga minimal 1 bulan sebelum muncak, woii.. Hahaha.. Olahraga itu penting biar lo ga gampang cape dan enteng waktu bawah tubuh lo ke atas. Karena.. berat badan orang itu mempengaruhi juga loh. Orang endud lebih susah bawah badannya ketimbang yang kurus. Yeeeaaay.. artinya gue harus kurus donk ? Hahaha..

Tapi.. inget yaa.. semua tergantung track. Kalo lo mau ke Rinjani yang track nya susah, saran gue lo harus rajin olahraga minimal 3 bulan sebelumnya. Olahraganya bisa sepeda, jalan kaki, lari atau joging. Sesuai yang lo nyaman aja. Hehehe.

Jangan lupa untuk jaga lisan ama sikap waktu di gunung. Bukannya apa-apa, namanya bertamu ke tempat orang.. ya harus ngerti sopan santun kan ? 

Ijin ke orang tua yang nomor satu, karena kita ga tau gimana nanti disana. Kalo ada apa-apa yaa biar orang tua tau. Dan jangan lupa Bismillah dan doa !!!

Selamat hiking, kawan !!!
Sampah jangan lupa dibawah turun yaa.. !!!

No comments:

Post a Comment