Monday, April 8, 2013

Still want to Bromo.. for Next Trip.. Next Trip.. and Next Trip - Bromo Part I


Huwwwwaaaa.. betapa sangat kunantikan hari itu (6-7 April 2013)
Bromo.. Bromo..
Udah 2 taon aku pengen kesana..
Udah dari taon kemarin aku berencana kesana..
Akhirnya 5 April datang juga..


Pagi-pagi udah lari-lari ngurusin laporan PKL. Mulai dari ambil jilid-an, minta tanda tangan dosen dan kemudian packing yang ga berkesudahan. Persiapan yang menurutku terlalu ga siap juga bikin aku was-was banget. Aku punya sinusitis dan sangat nekad bagiku untuk maen ke gunung dengan tantangan aku harus siap-siap sesak nafas. Belum lagi staminaku yang aku akui sedang ga bagus. Kakiku yang ga lagi seperti dulu merupakan tantangan buatku untuk jalan nanjak serta naik tangga ke kawah Bromo. Yaa.. setelah kecelakaan setahun yang lalu, kakiku sering mengeluh ga kuat kalo jalan terlalu lama dan kadang-kadang suka ngilu sendiri. Hiks.. ini bukan kabar baik buatku, tapi impian tetaplah impian.. Sudah ditangan, cukup aku perjuangkan walau aku takut jadi menyusahkan teman-teman yang lain :D

"Kamu emang suka hiking ?"
Tanya temanku yang kelihatan kaget mendengar aku siap menginjakkan kaki ke Bromo.
"Sebenernya si, baru pertama kali. Hehe.. "
Aku cuma nyengir kuda mendengar jawaban yang keluar dari bibirku.
"Kenapa ga nyoba yang ringan-ringan dulu ?"
"Aku udah dari taon kemarin pengen banget kesana. Ga jadi. Jadi taon ini harus jadi."
Hahaha.. bisa ya aku jawab kaya gitu ? Padahal aku sendiri ragu dengan kondisi aku :D

Oke.. lanjut ke cerita berikutnya.
Jam 12.30 akhirnya aku sampe Stasiun Senen. Aku bersama 3 temanku (Syukri, Dita, Sandi) berangkat naek kereta ekonomi Matarmaja. 1 temenku (Arief) berangkat dari Bandung. 1 lagi dari Jember (Imad), dan ada 1 lagi yang berangkat dari Surabaya (Resti, adiknya Arief). Lalalalala.. deg-degan banget. Pengen cepet sampe..

Jam 07.00 nyampe Stasiun Malang. Mandi, makan, ngerumpi, ketawa-ketiwi, poto-poto sama rombongan lain. Pokoknya sepagian ini bahagia banget.. Senyum-senyum sendiri aja sampe ditanyain temen aku kenapa si ? Hehehe.



Well.. kita satu rombongan ketemu, naek Jeep ke Coban Pelangi. Coban artinya air terjun. Kenapa disebut Coban Pelangi ? Kalo kata bapak yang nyopir Jeep (maaf, lupa namanya, Pak. hehe) karena kalau lagi panas, di sisi air terjunnya ada pelangi yang bagus banget. Tapi sayang siang itu hujan, suasana kesanapun ga terang jadi ga bisa liat pelangi-nya. Huhuhu. Gapapa, cukup menyenangkan juga. Air terjunnya gede banget, aku sampe basah banget padahal cuma berada di pinggiran air terjun. Batu-batuan yang ada disana cukup licin. Niat berpegangan malah kepeleset. Eh ada bapak-bapak yang mau bantuin temenku naek batu biar posisinya agak tinggi tapi yang ada dia nya malah jatuh karena licinnya batu. Hehe.. nyebelin ga bisa jalan dengan enak. Pegang sana, pegang sini serba licin aja. Aku dapet oleh-oleh kotor di celana kaki kanan dan siku di tangan kiri. Kenapa yaa jatuhnya ke kanan tapi siku masih kotor juga ? Hehehe.


Perjalanan ke Coban Pelangi sempet bikin bete juga, tiba-tiba jeep nya mogok, dibawah ke bengkel bentar. Aaah.. lama lagi ni ah.. untung aja ada bapak-bapak jualan gorengan ma susu kedelai datang ngajakin ngobrol anak-anak. Akhirnya kita jajan dan makan. Yeeeay.. ga lama kemudian jeep kita selesai dan jalaan.. :D


Kenapa si musti ke Coban Pelangi dulu ? Kenapa ga langsung ke Bromo aja ? Hahaha. sebenernya waktu itu si agen belum tau kalau hari H merupakan hari PILKADES. Jadi kalo kita masuk rame-rame, yang ada malah nanti ganggu mereka juga. Jadi, sekitar jam 2-an setelah dari Coban Pelangi kita langsung cus ke homestay di Desa Ngadas. 2,5 jam dari Bromo. Oh yaa.. penduduk asli Desa Ngadas adalah pemeluk Hindu loh. Sempet bingung juga gimana mau sholat, tapi ternyata ada masjid juga disini.

Disini, kita dijamu makan besar di rumah Pak Kades lama. Awal memasuki desa, aku ngerasa aneh banget deh. Penduduk sekitar punya budaya menggunakan sarung, yang cowok memakai sarung seperti jubah (liat gambar dibawah-foto naek kuda di kaki kawah bromo :D), yang cewek memakai sarung menyamping ke kanan. Waaah.. budaya yang unik banget. Aku sempat mengagumi budaya ini. Hehehe.

Hm.. bukan Tikaa namanya kalo ga ngomentari makanan. Pas dijamu aku keheranan pas liat ada nasi kuning-kuning rapuh. Apa si ini ? Oh.. nasi jagung. Aku belum pernah makan ini sama sekali. Kata kenalan disana (Idam, Adim, Edim - Entah siapa namanya - lupa), nasi jagung ini ga gampang juga buatnya. Jadi, jagung direndem sama air, dijemur sampe kering terus ditumbuk. Nasinya di masak seperti biasa terus dicampur dengan jagung yang sudah ditumbuk tadi, diaduk-aduk baru siap disajikan. Ribet yak ? musti di jemur ama di tumbuk dulu :D (sumber gambar-Google)


Ada juga yang namanya kentang goreng. Pertama liat aku ngerasa aneh, masa kentang nya dikupas, di kasih garam terus di goreng bulet-bulet. Duh.. ga ada fotonya. Hehe. Aku kurang suka si, rasanya kentang aja. Kayaknya lebih enak kalo pas baru diangkat dari penggorengan langsung dikasih keju yang meleleh. Hahaha.. itu mah bukan makanan khas namanya. Itu namanya Baked Pottatoes.

Oh yaa.. sebelum ke homestay, kami dijamu dengan kesenian Desa Ngadas, Jaran Joget. Apa si Jaran Joget ? Kata Ibu homestay, Jaran Joget itu kebudayaan warga Desa Ngadas ketika ada khinatan. Jadi, anak kecil yang di khinat naek di atas kuda yang didandani kayak gambar dibawah, terus nanti ada rombongan yang bawa alat musik dan ada bapak-bapak yang nyanyi-nyanyi sambil joget. Unik banget si, anak yang di khinat dibawah keliling kampung (di arak rame-rame), kudanya juga pinter banget joget, bapak-bapak yang mimpin nyanyi juga bagus bagus ngarahin kudanya joget. Pokoknya nonton ini seru, tapi sayang karena penampilan kesenian ini mendadak, jadi agak kurang feel-nya. Hm.. sebenernya aku ada videonya, tapi ga bisa di-upload, kayanya karena size-nya kegedean deh :D


Karena sore itu hujan, setibanya di homestay kami ga bisa explore liat sunset. Sedih banget tapi ya mau gimana lagi. Hujan di sore itu menutupi sunset dengan awan atau entah kabut. Tapi cukup seneng juga ketemu teman-teman baru di homestay, teman yang sama-sama suka travelling. Woww.. mereka jalan-jalannya bermodal banget deh.. sering jalan dan sering naek pesawat. Seandainya yaa saya bisa begitu.. Tapi backpacker aja lah. Saya kan masih newbie. Hehehe.

Malam pun datang, acara berikutnya adalah baksos dan layap tancep.. Waaah.. sangat menantikan layar tancep. Udah lama banget ga nonton layar tancep. Dalam bayanganku, layar tancep nya masih diputer, terus ada yang jual kacang rebus. Tapi nyatanya dunia sudah modern, kawan. layar tancepnya pake proyektor dan ga ada yang jualan kacang rebus. Huhuhu. Film yang disajikanpun Laskar Pelangi. Kenapa ga 5cm aja ya ? Kan nuansa gunungnya udah dapet tu :P

Malam makin larut, jam 1 udah harus prepare buat naik ke Bromo. Penduduk Desa Ngadas baik-baik banget loh. Bapak dan Ibu homestay menyediakan bara arang untuk menghangatkan tubuh serta makanan yang banyak. Setelah ngobrol banyak dengan Ibu homestay, sekarang saatnya tidur, kawan.. Kita lanjut di posting berikutnya :D


No comments:

Post a Comment