Friday, December 23, 2016

Naik gunung share cost? Yakin kamu jalan sama orang yang tepat?


Cielah.. Judul yang gue pake udah kaya biasa naik gunung aja ya? Padahal jalan kaki dikit langsung minta gendong. Hahaha..

Guys,
Gue yakin dalam setiap perjalanan hidup, selalu ada sisi lucu yang bisa kita tertawakan bahkan dalam kondisi yang paling menyedihkan sekalipun. So, gue nulis ini cuma buat berbagi. Siapa tau diantara kita-kita ada yang ngebet naik gunung, terus pas nemu ajakan share cost atau open trip murah.. Eh langsung deh tergoda syalala tanpa pertimbangan ini itu :(

Duuh.. Kalo misalnya ragu, mending jangan yaa. Kadang mureh-mureh, eh elu nya ditelantarkan.. Kan lucu aja lu bertualang di gunung yang lu ga ngerti gimana-gimananya terus nyasar, kenapa-napa dan.. Ah sudahlah..

Mending kalo cuma kesasar, lah.. kalo lu ga bisa nemuin jalan pulang? *apa bedanya ya? Hahaha..

Ehem.. Jadi ini sebenernya pengalaman gue juga. Gue korban sodara-sodara!!! Eh.. Temen gue yang jadi korban dink. Gue si penikmat rasa sengsara aja :P

Awalnya gue iseng aje si, tapi ada exception yang gue abaiin dan marilah kita simak bagaimana rasanya ditinggalkan rombongan ketika mendaki gunung. Enaaaaak, kawan.. Hahaha..

Kaki cakep

Nah, sebenernya gue ikutan share cost sama orang yang emang gue raguin track record-nya. Udah pernah jalan bareng soalnya. Terus udah tau gitu, ngapain juga lu masih ngikut, Khay? *jitak pake sendok makan. Hahaha.. You know-lah, kadang hidup gue hampa tanpa menghirup hijaunya dedaunan di bumi. Pas ada temen yang maksa-maksa ikutan yaa gue ga tega donk yaa ngebiarin hijaunya dedaunan di bumi cuma dinikmati sama dia. Padahal gue juga udah bilang gimana kondisi nantinya kalo kita ikut tu orang. Dia itu ga bisa menjanjikan kebahagiaan pokoknya. Dia itu ga baik. Lebih baik kita cari lelaki lain saja. Hahaha.. *apa si? *maaf agak sinting. Hahaha.. Yasudahlah.. Coba-coba boleh lah, siapa tauu jodoh... *eh.. Hahaha..
Awan-awan

Pertualangan kita dimulai di pagi ini. Di 2 September 2016. Ketika cuaca sepertinya kurang bersahabat juga. Ketika hujan mulai menjatuhi bumi dengan rintikan manja yang bikin track-nya jadi.. *ayo lupakan track-nya :D

Ohyaa.. Gue nyicipin Gunung Slamet bersama 8 wanita dan 1 orang suami leader-nya. Yes, Gunung tertinggi di Jawa Tengah itu. Yang tingginya 3428 mdpl. Bersama 1 lelaki? Hmm.. Kok gue ragu ye laki kok begitu. Hahaha.. *maapin

Dari awal juga gue ga terlalu musingin mau jalan sama siapa, kemana, dan gimananya. Nikmati aja ceritanya. But.. Dari pas nyampe base camp kok gue mulai ngerasa ga nyaman ya? Briefing? Hmm.. cuma ala kadarnya. Pembagian tim? Boro-boro ada. Kita kan ditinggalin, padahal secara ga langsung doi kan di anggap leader team ya.. Okee, jadi kebagi 3 tim ni yaa.. Eh.. 4.. Karena ada yang misah.

Doi nya langsung cau duluan, yang kedua entah udah dimana, yang ketiga memisahkan diri dan gabung sama temen yang dia kenal di perjalanan. Dan gue? Gue sama temen gue yang kondisinya lagi ga oke. Tadinya kita sama porter juga tapi karena kitanya ngerasa jalan kitanya lama, kita suruh porter-nya duluan deh. Hmm.. Ngerasa ga enak si, ngerasa ngerepotin orang dan ngerasa gimana-gimana gitu deh. Padahal harusnya yang gue tau.. Ga boleh ninggalin kaya gitu juga ya. Porter juga ga boleh ninggalin. Hahaha. *minta dijitak. Tapi bener kan? Namanya orang, kalo kondisinya lagi ga fit atau nge-drop, atau berasa ngerepotin orang.. pastinya pengennya ga ngeribetin orang lain kan? Hm.. Gue ga permasalahin juga si. Cuma lucu aja kok mereka malah marah-marah karena katanya kita ngilang. OMG!!!

Okay, Dia bilang kita bakal camp di pos 7 dengan perhitungan waktu yaaaaaaangg.. Ah.. gue ga ngerti. Terus besok paginya summit.

Gue juga punya pertimbangan kali, sekiranya emang ga bisa nyampe. Yaaa.. Kalo ada cara lain, gue stay dulu dimana gitu. Hmm.. Gunungnya kan terkenal serem juga *serem-serem tapi kita malah poto di pos 4 yang terkenal wow itu :P

Ohyaaa.. Ada cerita pas mau ke pos 4. Pokoknya kita tu mau ngebarengin siapa aja biar ga berdua-dua amat di pos 4. Serem booo.. Banyak cerita syalalanya disini. Dan kayanya kita mulai senyum-sapa-salam disini. Hehehe.

Pas nyampe sini hujan. Dan.. ada banyak orang lagi poto-poto. Hmm.. Katanya ga boleh berhenti disini, tapi kita malah poto-poto. Hahaha. Alhamdulillah ga nemuin kejadian apa-apa disini, malah ketemu temen baru :D

Fase senyum-sapa-salam sama Ardy di Pos 4

Dan.. Jam 5 kita masih di pos 5. Jalan kita lama? Begitu deh. Hahaha. Perhitungan kita untuk sampe di pos 7 tu malem. Oh lalala.. baby.. Misal ada apa-apa di jalan begimana? Eh.. tim 3 yang terdiri dari 1 orang bersama kenalan dia di bis ngajakin tidur di pos 5 aja. Yasudah.. Kita ikutan nginep di pos 5 tapi barengan sama "temen-temen" kita.

Hmm.. mau tau ga kenapa gue kasih tanda petik pada kata temen-temen? *kedip-kedip mata *centil amat dah gue :P

Hahaha.. Karena mereka yang jagain kita selama di pendakian. Padahal tadinya kita ga kenal sama sekali. Cuma asal senyum, sapa, salam aja. Hahaha.. *make rumus dari tipi. Hmm.. Ooo yaaa? Iyaaa.. Hahaha..

Walaupun.. Sumpah yaa.. Ini tu udah kaya naik gunung berdua aja. Mending kalo bisa sama-sama ngandalin. Lah ini? Hahaha.. track-nya nanjak banget, mana jauh, hujan, nahan emosi. Huahaha.. Untung yaa ada warung sampe pos 7 :D

Tapi gilaaaa.. Jalan lama sambil gendong keril tu jadinya cape banget yaa? Huhuhu. Untungnya "mereka" kaya ngejagain kita. Kalo jalan pasti deh kitanya sepenglihatan mata mereka. Jadi yaaa.. entah sejak dimana, kitanya ga lagi ngerasa cuma berdua doank donk *makasi banget yaa.. Hihihi.

Yes.. Ga ada logistik. Ga ada makanan. Minum udah pas-pasan. Di keril juga cuma ada matras, sama sleeping bag. Yaaa.. ada cemilan si. Tapi apalah artinya sebuah cemilan kalo lagi laper. Huhuhu.. Semua dibawa porter dan kondisi kita sama-sama nge-drop karena hujan yang turun membasahi bumi :(

Dan gue inget "mereka" bilang mau camp di pos 5. Pas mereka lewat *Ardy sama Irfan, kita panggil deh. Hahaha.. Asli gue pengen ketawa. Jarak kita ga terlalu jauh sebenernya, tapi karena banyak orang, jadinya pas kita teriak manggil-manggil "mas" ke mereka *akibat ga tau nama.. Yang ada semua orang yang bisa dipanggil "mas" jadi noleh ke arah kita. Keki booo.. Huahaha..

Nyerah deh gue nyerah. Udah nunjuk-nunjuk tapi merekanya ga ngeh. Malu ni.. Hahaha. Akhirnya semua orang neriakin "mas" juga biar mereka tau kalo kita tu manggil. Hahaha.. Dari pada ngobrol sambil teriak-teriak, kita samperin aja deh merekanya *dari tadi kek :P

Eh.. pas kita cerita bagaimana kisah kita sore itu, kita malah diajakin ikut tenda mereka *agak maksa lagi mereka ngajakinnya *perasaan doank kali ya? *mereka bawa dua tenda si. Hehehe.

Kita dikasih makanan, dikasih obat, dikasih minuman, dan dimasakin makanan dengan cita rasa pedas. Plus.. Diajakin ketawa bareng. Hm.. Tolong pelihara kita dengan baik yaa mas-mas. Hahaha.. Dan malam ini kita ga jadi tidur bareng tim 3. Have fun? Pasti lah.. Lelah? Sudah lupa tu. Hahaha..

Dan temen

Besok paginya jadi deh kita ngelanjutin pendakian berenam. Hmm.. Seru? Iyaa. Hahaha.. Terus rombongan gue apa kabar? Waaah.. Gue lupa kalo dateng bareng rombongan. Hahaha..

Guys,
Di masa sulit memang pasti ada aja bantuan. Cuma pesan gue, belum tentu juga hidup kita selalu beruntung kan? Selalu siapin plan B. Kita ga selalu ketemu sama orang baik. Ga selalu. Jadi, jangan berharap dengan keajaiban. Gue sama temen gue cuma lagi beruntung waktu itu. Jadi, jangan pernah berharap dengan kebaikan hati orang lain ya!!! Jadilah tangguh!!! Jangan bergantung dengan orang lain. Ga ada salahnya lu mundur ketika hati lu ga yakin buat naik gunung. Resikonya terlalu besar, kawan!!!

Misal kaya gue, berdua doank. Kalo ada apa-apa masa iya lu ninggalin temen lu? Secara lu juga ga ngerasa sekuat Hercules buat menembus hutan untuk cari bantuan kalo kenapa-napa. Terus, kalo misal lu jagain temen lu disitu dan cuma nungguin orang lewat? Belum tentu juga lu beruntung ketemu orang. Apalagi kaya Gunung Slamet, sorean dikit aja.. semua orang udah pada turun. Belum lagi sama "sesuatu"-nya yang bisa bikin lu berhalusinasi. Think smart, Bae!!! Atau lu kemaleman? Terus ga ketemu sama penjual di warung yang bisa lu barengin kaya gue kemarin? Wassalam.

Memang nasib orang siapa yang tau. Tapi, jangan juga menganggap semuanya sepele, Bae!!! Lu tau ga gimana pikiran gue pas temen gue nge-drop dan kondisinya udah jam 5 sore tapi kita masih di pos 2? Huahaha.. Fantastis!!! Pos 2 ke pos 1 itu jauuuuh. Huhuhu. Atau pas lu jalan berdua doank sama temen lu lalu perlahan-lahan lu sadar kalo dibelakang lu udah ga ada orang lagi? Terus lu ngelewatin pos yang terkenal serem itu berdua doank, gerimis makin bikin suasana menjadi manis semanis... *hiiiiyyy. Hutan semakin gelap, senter lu mulai ga bersahabat, lu jalan paling belakang, lu makin cape karena jalan temen lu lama, lu ngerasa mau nge-drop tapi di kuat-kuatin, berasa ada yang ngikutin dari belakang, nahan buat noleh kebelakang karena.. Huhuhu atau ngerasa jalan lu dibarengin sama sesuatu yang.. Aaaah lupain, dan monyet-monyet yang bergelantungan di pohon bikin.. Duhduhduhduh.. Hahahaha... *nikmat sekali rasanya

Aaah.. lupain aja ah rasanya kaya apa. Lupa.. Lupa.. Gue udah lupa. Huhuhu..

Terus kelanjutannya gimana? Nah, pas mau summit gue ketemu sama tu leader dan kita diomelin donk. Hahaha.. Gue si ketawa aja. Ngapain dipusingin? Perjalananmu adalah perjalananmu. Perjalananku adalah perjalananku, iya kan?

Ceritanya mau summit

Janjinya si jam 11 kita mau turun bareng. Iya si ditungguin sama doi dan suaminya. Tapi yang laen udah kabur duluan. Hahaha.. Alesannya? Katanya si karena takut ketinggalan kereta karena kita jalannya pasti lama. Hmm.. Iyaa si terserah.. Oke kita juga yang salah kenapa mau ikutan *maapin. Cumaa.. gue ga suka caranya aja. Bukan soal kita yang udah ikutan share cost-nya terus mau minta ganti rugi. Ohhh.. Come on.. Bukan urusan minta balikin duit karena ga kebagian makanan sama ga tidur di tenda yang disewa bareng. Tapi attitude-nya itu loh yang malesin. Kok yaa diantara temen yang lain, banyak cerita yang ga enak tentang kita? Kesannya dia ga ada kepentingan dengan kita gitu. Hello.. Itu responsibility-nya siapa ya? Hufff..

Seolah-olah doi mau ngomong ke kita kaya gini tapi pake bahasa isyarat;
"Ydah kita misah di pos 7, semuanya udah pada pulang duluan. Gue bakalan di base camp ni sampe besok. Sampe ketemu di base camp yaa kalo lu bisa sampe base camp. Kalo ga bisa, yaudah. Hahahaha.. Dadah.."
*dialog diatas hanyalah perasaan sesaat penulis saja
*salam damai, jauh-jauh kau wahai emosi
*mengurangi kecantikanku saja. Hahaha..

Whatever!!! Yang penting gue have fun dan punya cerita. Done!!!

*Ohh.. Inikah gerangan rasa ketika mereka merasakan terjebak dalam perjalanan cinta eh perjalanan.. Ah.. tau aaah.. perjalanan apa seharusnya gue nyebutnya. Hahaha.. Duh.. Maaf jadi kaya nyari pembelaan diri :(

Alhamdulillah banget kita udah ditolongin sama orang-orang disekitar kita. Gue ga usah cerita yang ga enaknya lagi yaa. Namanya juga bumbu biar ceritanya jadi ajib. Kalo ga gitu kan gue ga bisa ketawa pas ketemu sama pahlawan-pahlawan kita. Hahaha.. *gapapalah nyebut mereka pahlawan, asal orangnya ga baca :P

Dan.. Sensasi rasanya itu loh.. Hahaha.. Makasii banget yaaa.. Hahaha..

Hati-hati turun.. Mendekati jam 9 angin sudah kencang

Sekali lagi, gue nulis beginian cuma sebagai pengingat diri aja. Gue udah sering denger cerita sejenis ini dari temen-temen gue. Bahkan banyak yang katanya share cost tapi ngasih harga open trip dengan alasan udah cape nyusun itinerary dan ngatur ini itunya. Gue ga ada maksud buat nyalahin siapa-siapa. Semua yang terjadi ga akan mengusik emosi elu kalo elu ga ngijinin emosi lu rusak. Inget, masa elu udah susah payah bisa liburan tapi gegara hal kaya gini, liburan lu kacau? Nikmatin aja, geng!!! Selalu ada hal manis yang bisa lu ciptain. Teh aja yang tadinya pait bisa jadi teh manis. Iya kan? Hahaha..

Ohhh yaaa.. Makasi banget yaaa Ardy, Irfan, Budy, Iwan *bener ga si namanya?
Tanpa kalian, mungkin gue sama temen gue udah ga jelas gimana keadaannya.

Ardy

Makasi Ardy yang udah nungguin, jagain, dan motoin kita. Gue nyadar kali ditungguin. Hahaha.. Terus potonya kita gimana ngambilnya ya :(

Irfan yang kemejaan

Makasi Irfan yang udah care banget, yang udah ngajakin gue ngobrol di sela-sela perjalanan *sok akrab banget si lo. Hahaha. Yang udah masakin makanan dengan cita rasa cabe. Gue suka banget sama makanan pedes tapi kepala gue lagi sakit banget waktu itu, jadi kayanya makanan lu lagi ga pas aja di gue. Hehehe *padahal enak si *nagih ni :P

Sama Budi

Makasi Budi yang selalu nyoba ngajakin kita becanda pas di tenda dan paginya selalu berada di belakang gue *duh.. kalo kepala gue lagi ga sakit, gue bisa becanda juga kan yaa *tuu.. nyesel kan nyesel gue.. Kenapa ga bisa becanda malem itu. Hiks.. Hiks..

Iwan keliatan belakangnya aje. Hahaha

Makasi Iwan yang namanya gue lupa beneran Iwan apa bukan. Hahaha.. Padahal ni anak kerjaannya becandaaaaa mulu.. Pake nebak kalo kita ini SPG Beras segala. Hadeuh.. Kreatif sekali kamu, nak. Bikin makan malam kita semakin rame dan seru aja. Huhuhu..

Aaaah.. Gue kangen banget sama kalian berempat deh..

Kenapa juga kita ga sempet tukeran nomor handphone ya? Keburu kalian menghilang duluan karena turun lewat jalur Guci. Huhuhu. Sedih :(

Hmm.. Padahal bisa kali yaa, kita makan bareng gitu sambil becanda buat gantiin candaan di tenda *karena gue nya lagi susah dibecandain si waktu itu. Huhuhu..

Ohyaa.. Kita naik-turun lewat jalur Bambangan. Kata bapak yang jaga warung di pos 1, jalur Bambangan mau ditutup karena udah ga layak untuk didaki. Sekarang jalur barunya lagi proses mau dibuat. Realisasinya? Kita tunggu aja ya :D

~Pasti ada alasan disetiap pertemuan..
~Dan kalian.. Ehem.. Sebagai pemanis cerita pas gue lagi kebagian cerita yang kurang manis kali ya? :P
~Poto kalian di gue cuma ini ni. Hiks.
~Pengen banget gue nyebarin poto kalian dengan label WANTED. Hahaha..
~Makasi yaa kalian berempat :3
~Makasi yang ngajakin share cost :D

So, Nyesel ga si ikutan share cost kali ini? Ga. Gue ga nyesel. Gue cuma nyesel karena ga sempet tukeran nomor handphone sama dia. Iyaa.. Diaa.. Diaa.. Diaa.. Cinta yang ku tunggu-tunggu.. *eh malah nyanyi hahaha.. *abaikan lirik terakhir :P

3 comments:

  1. Trip yg sangat berkesan loh ke Gn. Slamet kemarin itu..bisa dibilang derita membawa berkah..jd kangen sama mereka hahahaaa (^,^)

    ReplyDelete
  2. Awas jangan berpindah ke lain hati ye hahaha

    ReplyDelete
  3. Wah mbak tika sering naik gunung ya? Aja dong

    ReplyDelete