Saturday, September 20, 2014

Simpati, Empati, dan Wasting Time

Ceritanya temen gue tiba-tiba curhat  by phone. Rasanya gue udah lama ga curhat-curhatan di telpon kaya gini. Biasanya judulnya curhat tapi kenyataannya malah asal cekakak cekikik buat ngetawain diri masing-masing. Ga pake sedih-sedihan yang bener-bener bikin gue terdiem dan ga bisa komen apa-apa kaya gini. Ya gue tau gue bukan temen yang baik kalo saat temen gue butuh, gue cuma bisa diem. Gue ga ngerti juga ama diri gue sendiri. Gue ngerasa hidup gue makin lama makin sering diisi buat maenin gadget. Janji gue buat ngabisin buku pun cuma jadi cerita. Gue ngerasa empati gue ilang. Gue bisa sok-sokan prihatin cuma dengan ngucapin ikut bersedih di sosial media. Gue bisa sok-sok inget ultah sahabat gue cuma dari nofication di facebook. Gue bisa pura-pura paket data gue abis ketika gue males kontakan ama orang lain. Gue bisa menyembunyikan warna gue dengan lebih baik dengan topeng dari sosial media.

Apa ini bener ? Simpati yang gue rasain kadang malah jadi kepura-puraan semata. Rasa peduli pada sesama makin lama makin berkurang. Gue lebih sering mengekspresikan perasaan gue lewat emoticon, bukan dengan senyum atau tatapan mata. Duh.. ga beres, Ka.. Emang si gue masih punya temen baik. Kebetulan karena pada jauh jadinya kontakan pun selalu lewat sosial media. Nah, namun becandaan ataupun obrolan kita di grup makin lama makin sepi. Bahkan pernah dalam satu hari ga ada yang mulai chat. Mungkin makin lama obrolan kita makin garing ya ? Dipikir-pikir kayanya tinggal nunggu waktu aja grup ini bakalan di remove.

Liat aja di perjalanan mau ke kantor,  tangan-tangan mereka semua pasti sibuk pada handphone atau gadget lainnya. Ga peduli kiri kanan lagi. Belajar ga perlu mati-matian lagi karena ada google. Dulu kalo nyontek masih usaha nulis, kalo sekarang cuma modal paket data doank. Gimana mau pinter ? Dulu walopun nyontek, tapi dengan nulis masih bisa belajar. Dulu kalo maen pasti manggilin temen di setiap rumah sepanjang lorong. Sekarang kalo maen tinggal online. Dulu kalo maen pasti kejer-kejeran ama semua temen. Sekarang di kamar, sibuk dengan gadget masing-masing. Dulu setiap detik berasa berharga. Sekarang koneksi paket data jauh lebih berharga walaupun ujung-ujungnya malah ngabisin waktu dan menghancurkan target hidupmu.

Okey.. sekarang gue harus bisa jauhin diri dari gadget. Belajar jadi anak baik lagi dan mencoba agar bisa empati pada orang lain.

"Rasanya gue yang sakit ketika seorang temen dateng ke gue dengan sejuta cerita yang ingin dibagikan.. tapi gue cuma bisa menganggukkan kepala dan ga bisa menanggapi semua cerita."

No comments:

Post a Comment