Sunday, October 4, 2015

Nonton The Martian 4DX in 3D

Hey.. today is the day gue nyobain 4DX in 3D. Hihihi..

Kok bisa gue yang ga punya duit ini malah ikut-ikutan nonton 4DX si ?


Nah, gue kan punya temen nun jauh disana yang sama-sama suka nonton dan emang sering banget nonton masing-masing dengan jam dan film yang sama tapi beda kota. Dia di Bandung (Hi.. Oma :p). Gue di Jakarta. Hahaha.. konyol ? Emang si, tapi rasanya itu we time banget. Kalo ngajak-ngajak orang laen malah ngerasa risih. Lucunya, kalo satu ga jadi, otomatis nontonnya batal. Kalo jam nya bedanya jauh banget, jadinya batal. Terus telpon-telponan dari mulai mau berangkat sampai nyampe studio, beli tiket musti di barisan yang sama dan kalo bisa musti dibikin duduk sebelahan (padahal ya sama-sama nonton sendirian tapi kok ribet amat aturannya. Hahaha..), abis itu tiketnya kita poto, edit, di jadiin satu dan taaaraaaa.. pamerin ke temen-temen yang lain. Alhasil.. Kita malah diketawain dan dibilang konyol. Hahaha.. *abaikan


Eh terus kenapa bisa 4DX, Ka ?


Nah, gue juga punya temen lain yang sempet ngeracuni 4DX. Berhubung gue suka banget ama astronomi dan sampe sekarang masih bercita-cita jadi astronot, akhirnya gue jadi ngeracunin temen gue nun jauh disana. Harapan gue, gue bakal ngerasain sensasi yang kurang lebih sama kayak gue nonton Gravity di IMAX, tapi... Hmmm.. Rasanya gue cuma bisa bilang, setiap studio punya sensasi masing-masing. Hehehe..

Apa si 4DX ?


4DX sebenernya udah 3D loh. Tapi masih ada 4DX in 3D. Studio 4DX dilengkapi dengan semua sensasi yang bakal ada di film. Misalnya, kalo lagi ada adegan balap-balapan.. kursinya bakal goyang-goyang kayak lo lagi ikutan balapan, plus di bagian senderan kursi ada tonjolan kecil yang bikin kita ngerasa grudug-grudug kalo lagi ada adegan getar-getar (hayyaah.. apa coba?). Contoh.. adegan pas roket mau meluncur.. kan ga cuma getar-getar karena roketnya goyang-goyang mau meluncur, tapi ada efek grudug-grudugnya. Hm.. kok gue malah ngerasa kayak lagi duduk di kursi pijat 5000-6000an yang suka ada di emol-emol kecil ya ? *Eh.. Hahaha..

Sensasi 4DX

Terus.. Kalo misal ada adegan lagi nge-flush toilet, bakal ada bau-bauan (ini gue ngerasain pas nonton The Martian, fyyyuuhhh..). Kalo lagi ada adegan di air, lo bakal ngerasain percikan air (ga basah banget si, cuma percikan. Tapi gue paling suka sensasi pas kena air, karena gue ngerasa bener-bener lagi di dalam adegan. Hehehe..). Kalo misal lagi ada adegan di alam bebas, lo bakal ngerasain angin berhembus (ini bikin suasana dalam studio makin dingin). Dan.. kalo misalnya lagi ada adegan cahaya atau yang bikin silau mata, lo bakal kena lampu-lampu yang disorotin ke lo. Gue paling ga nyaman kalo ada lampu-lampu disorotin ke gue. Lampunya kayak lighting gitu. Ada di kanan ama kiri studio. Tapi, pas lampunya nyala-nyala.. gue ngerasa konsentrasi nonton gue jadi keganggu karena gue jadi bisa ngeliat kepala orang di depan gue dan bangku-bangku ama dekorasi studio. Hahaha.. Dari sensasi yang seharusnya pura-pura lagi menatap matahari yang menyilaukan mata di planet Mars.. Eh.. yang gue rasain malah kayak di senterin orang pas lagi nonton layar tancap. Hahaaha..

Nah, kalo mau yang lebih berasa lagi.. Cobain deh 4DX in 3D. Efek 3D nya Blitz dapet banget. Kacamata 3D nya oke juga tu kalo misalnya buat gaya-gayaan. Hehehe..

Oh yaa.. Movie 4DX di Indonesia cuma ada di BLITZ. Sebenernya ada banyak lokasi Blitz di Jakarta, tapi yang nyediain 4DX cuma di Grand Indonesia dan Central Park. Karena gue males jalan jauh dan panas-panasan ke Grand Indonesia, akhirnya gue milih yang di Central Park. Hmm.. kayanya yang nonton di GI juga rame si. Hehehe..

Jeng.. Jeng.. Kalo dari video yang gue comot dari youtube diatas, hm.. gue rasa agak beda ya sensasinya. Tapi, mungkin juga karena genre film yang gue tonton lebih banyak ke "ngomong"-nya. Jadi, kalo lo pengen nonton 4DX, lo musti bijak. Cari film yang banyak adegan deg-degannya, atau adegan di alamnya. Film ber-genre action atau fantasy adventure gue rasa paling cocok untuk di tonton dengan sensasi 4DX in 3D (* dan gue ga tau kalo ternyata The Martian lebih banyak "ngomong"-nya daripada adegan-adegan serunya :(

Tiket gue

Untuk harga ? Maaaahaaaal. Huahahaha.. Biasanya yang regular, Senin-Kamis 40 ribu, Jumat 45 ribu, Weekend 60 ribu. Kalo 4DX in 2D, Senin-Kamis 120 ribu, Jumat 140 ribu, Weekend 150 ribu. Untuk 4DX in 3D ? Huahaha.. makin mahal, cing.. Senin-Kamis 130 ribu, Jumat 150 ribu, Weekend 160 ribu (tergantung lokasi). Tapi.. worth it kok kalo lo pengen nyobain sensasi baru pas nonton :P

 Suasana dibangku

Pertama gue masuk Blitz, gue ngerasa ada kesan di istimewakan ketika beli tiket 4DX. Loketnya dibedain dengan tiket reguler. Loket 4DX disamain dengan Velvet. Ketika liat posisi screen pas beli tiketnya, gue ngerasa luas studionya sama aja dengan 21. Tapi, ketika gue masuk studionya, gue ngerasa.. kok studionya kecil ya ? Hm.. kok biasa ya, kecuali space bangku dengan bangku didepannya yang agak luas, pijakan di kaki dan tombol water on-off di sisi kanan bangkunya. Di belakang bangku depan juga ada tempat semprotan kecil buat semprotin air dan bau-bauan. Hmm.. Tapi bau-bauannya kadang ga pas si. Pas Mark nya lagi di gurun Mars, harusnya bau tanah, tapi malah jadi bau kayak pewangi pakaian gitu. Hahaha.. Ga terlalu masalah si gue karena pas Mark lagi nge-flush toilet, gue udah dapet bonus bau toilet. Hahaha. Oh yaa.. Kalo untuk angin, gue ngerasa anginnya dari arah kanan. Kena pipi jadi makin dingin. Huhuhu.. Terus untuk efek cahaya.. Gue ngerasa annoyed karena lampunya di setting di kanan-kiri studio dan itu bener-bener kayak efek layar tancap (Eh.. diulang lagi. Hahaha)

Tombol water on-off

Hm.. Untuk posisi duduk pasti beda-beda di setiap studio. Kayak gue hari ini, kalo di GI kursi A itu di atas. Di CP kursi A itu di paling bawah deket screen. Gue salah posisi karena posisi yang gue incer udah diambil orang. Hiks.. Jadi konsepnya, 4 kursi - 4 kursi. Kayanya si dipisahin per 4 kursi biar pas goyang-goyangnya berasa. Kalo langsung berderet kaya reguler.. Goyang-goyangnya malah kayak naik wahana di Dufan. Hehehe.. (padahal berderet 4 kursi juga rasanya ga jauh beda dengan naik wahana di Dufan :P)

Kursinya ga empuk-empuk amat tapi better dari pada yang reguler. Lumayan bisa bikin gue ngantuk pas lagi adegan goyang-goyang. Hehehe..

Penampakan di dalam studio yang udah gelap


Ohyaaa.. posisi aman ada di baris ke 3-4-5 dari atas. Kalo lo ambil yang atas.. Wiihhh.. ketinggiaan.. agak ga nyaman aja rasanya. Yaaa kayak gue hari ini aja.. Hahaha.. It's okay.. I enjoyed the shows. Jadi pelajaran aja kalo mau nonton lagi. Hahaha..

So far, gue suka pas roketnya meluncur. Itu bikin gue ngerasa naik roket. Tapi, kalo dibandingin ama IMAX, gue lebih prefer IMAX. Kenapa ? Karena gue ga suka screen Blitz yang kotak aja. Kalo IMAX kan melengkung, jadi mau dimanapun posisi lo, lo bakal dapet view yang oke. Cobaa yaaa.. untuk 4DX ini pake screen kayak IMAX, mungkin bakalan jadi perfect studio dan best choice buat nonton. Hihihi..

Gue ketagihan ga nonton 4DX ?


Hm.. kayanya kalo nanti ada film action atau adventure yang rame.. Gue mungkin bakal kesini lagi. Hahaha.. Bukan berarti Ther Martian ga bagus ya. Ratingnya 8,6 loh di IMDB. Hehehe..

Kapan-kapan gue pengen nyobain Velvet nya Blitz ah. Hehe..


Karena ada kesalah pahaman antara temen gue ama mbak-mba penjaga loket, temen gue nontonnya Velvet di PJV. Katanya si 4D juga, Di tiketnya 4DX in 2D. Tapi sensasinya cuma angin ama goyang-goyang doang.

Penampakan studio Velvet dari Google


Tau velvet kan ? Itu loh yang nonton pake bed. Per bed-nya 200 ribu. Jadi mau lo sendiri atau berdua yaa bayar 200 ribu (tergantung lokasi studio). Ooops.. satu bed nya buat 2 orang ya, tapi ada juga yang 4 orang. Naaah, kalo mau hanimun murah bisa nyobain velvet. Hahaha..

Review The Martian ?


Gue ga akan nge-review panjang kali lebar ah. Intinya ini film scienties banget. Tentang seorang astronot yang ditinggal secara ga sengaja di Mars oleh teman-temannya dan gimana caranya biar dia bisa bertahan hidup seorang diri disana. Temen-temen astronotnya yang lain dan NASA sempet ngira kalo Mark udah meninggal, tapi ternyata dia masih hidup dan sempet menanam kentang di Mars. Akhirnya.. dia dijemput oleh teman-temannya juga. Selamat. Pulang ke Bumi. Dan akhirnya sebagai astronot senior, dia jadi pengajar untuk kelas pengenalan astronot. Done.

Mark The Martian

Kesan gue.. Huwwaah.. gue inget cita-cita gue waktu masih kecil. Gue pengen jadi astronot. Masih pengen banget jadi astronot sampe sekarang. Ga menutup kemungkinan kalo gue beneran jadi astronot, gue bisa aja ngalamin apa yang dialamin sama Mark. Dan.. pas nonton film ini, gue malah berkhayal gue yang jadi Mark. Terus.. kalo gue yang jadi Mark, gue bisa sekuat dan sekreatif dia ga ya ? *abaikan

Kesan beneran ?


Mark ama Rich pinter banget. Gue paling suka ama peran Rich. Pinter, agak songong, tapi emang karena dia jago si. Ck.. ck.. sampe bosnya bilang "Kamu masih ingat kan kalo aku ini atasan kamu ?" Huahaha.. kalo inget ini gue pengen ketawa.. Yaaa... ampun Rich.. karakter Rich agak mirip gue yang sibuk ama dunia sendiri dan lupa kalo lagi ada orang lain. Hahaha..

Kalo Mark ? Greeeaaaattt man.. !!!
Jago banget nemuin ide-ide buat dia bertahan hidup. Briliant man !!!
Gue salut ama Mark. Gue tau dia ngerasa pesimis, sedih, takut, kecewa, sepi, marah, kangen, dan semua perasaan itu bercampur aduk menjadi satu. Tapi... dia selalu nguatin dirinya sendiri, kreatif buat cari cara. Wooooww... Dia menanam kentang buat bahan makanannya, membuat air, nyari kamera satelit yang cuma nangkep gambar biar bisa berkomunikasi dengan NASA, tapi karena hanya bisa komunikasi satu arah.. dia nyari cara dengan kode hexadecimal biar dia bisa dapet respon dari NASA, dan masiiiiih banyak lagi... :D

Hmm.. tapi.. mungkin karena udah dari sononya gue ga suka drama yaa.. Gue ngerasa film ini kurang karena terlalu banyak "ngomong"-nya. Rating dari gue 6/10. Hehehe..

So, guys..
Kapan ni kita nonton 4DX bareng ? :D

1 comment: